Wednesday, December 4, 2019

RPPH SAINTIFIK (5M) KEL. B Hari ke-1

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
 


Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 1 / 1
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Diriku /Identitas Diri (Nama )
KD                                  :  1.1 – 1.2 – 2.5 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.3 -4.3 – 3.12- 4.12
Materi                              :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menyayangi diri sendiri
-          Berani tampil di depan umum
-          Mengurus diri sendiri
-          Menyanyi lagu Aku
-          Fungsi identitas diri
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                 :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
                                                   -   Kertas,kartu nama,pensil
                                                   -   Kertas gambar,krayon
Karakter                          :  Religius, Mandiri

Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.      SOP Pembukaan
2.      Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.      Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.      Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.      Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-       Anak mengamati gambar anak laki-laki/perempuan secara bergantian
Menanya
-       Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-       Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah bentuk gambar tersebut ?
Yang sebelah kanan gambar siapa ?
Yang sebelah kiri gambar siapa ?
Menalar / menggali informasi
-       Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai anak laki-laki dan perempuan.
-       Guru memberikan pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
·      Apa ciri-ciri anak laki-laki?
·      Apa ciri anak perempuan?
·      Ada berapa anak laki-laki di kelas ini?
·      Ada berapa anak perempuan di kelas ini?
Menyimpulkan
-       Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-       Anak dapat menyebutkan kembali ciri-ciri anak laki & perempuan
-       Anak dapat membuat gambar garis datar
-       Anak dapat menempel gambar anak sesuai dengan urutan lambang bilangan 1 sampai 5
-       Menyanyikan lagu “aku”

C. RECALLING:
1.      Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.      Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.      Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.      Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.      Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
    
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Menunjukkan diri anak




Menyebutkan identitas diri dengan lengkap




Dapat menyayangi dirinya sendiri




Dapat menghitung teman sesuai jenis kelamin




Keterampilan
Dapat mewarnai gambar dengan rapi




Dapat menggambar anak sesuai jenis kelamin




Dapat meniru menulis namanya sendiri




     




No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive