RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 2 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD : 1.1 – 2.1 – 2.5 -2.12 -3.3 – 4.3 – 3.6 -4.6–
3.11 -14.11.
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Menjaga
kebersihan tubuh
-
Berani
tampil di depan umum
-
Mau
memberi dan memohon maaf
-
Kegunaan
anggota tubuh
-
Pengenalan
expresi wajah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak dari ukuran kecil-besar
- Kertas, pensil, krayon
Karakter : Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera)
alat, bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Bermain tepuk pola
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar bagian anggota tubuh (tangan) secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
apa yang kamu lihat ?
Apa
gunanya gambar tersebut ?
Ada
berapa jari yang ada di tangan ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai bagian anggota tubuh yaitu tangan
- Guru
memberikan pertanyaan tentang kegunaan tangan dan cara membersihkan
tangan.
· Apa
kegunaan tangan?
· Bagaimana
cara membersihkan kuku pada tangan ?
· Apa
gunanya kalau kuku selalu dibersihkan ?
· Kapan
kuku dibersihkan ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyebutkan kegunaan jari tangan
- Anak dapat menghitung
jumlah jari tangan
- Anak
dapat menjiplak jari-jari tangan
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan ciri-ciri tubuh dengan temannya
|
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan perilaku benar dan salah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menjiplak jari-jari tangannya sendiri
|
|
|
|
|
Dapat
membersihkan kukunya sendiri
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment