Friday, December 6, 2019

RPPH SAINTIFIK (5M) KELOMPOK A MINGGU 2 HARI 3

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
 


Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 2 / 3
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD                                  :  1.1 – 2.1 – 2.5 -2.12 -3.3 – 4.3 – 3.6 -4.6– 3.11 -14.11.
Materi                              :   -      Tubuhku ciptaan Tuhan
-          Menjaga kebersihan tubuh
-          Berani tampil di depan umum
-          Mau memberi dan memohon maaf
-          Kegunaan anggota tubuh
-          Pengenalan expresi wajah
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar anak dari ukuran kecil-besar
                                           -  Kertas, pensil, krayon
Karakter                          : Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.    Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.    Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.    Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6.    Bermain tepuk pola

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati gambar bagian anggota tubuh (tangan) secara bergantian
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apa yang kamu lihat ?
Apa gunanya gambar tersebut ?
Ada berapa jari yang ada di tangan ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai bagian anggota tubuh yaitu tangan
-   Guru memberikan pertanyaan tentang kegunaan tangan dan cara membersihkan tangan.
·   Apa kegunaan tangan?
·   Bagaimana cara membersihkan kuku pada tangan ?
·   Apa gunanya kalau kuku selalu dibersihkan ?
·   Kapan kuku dibersihkan ?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat menyebutkan kegunaan jari tangan
-   Anak dapat menghitung jumlah jari tangan
-   Anak dapat menjiplak jari-jari tangan

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besok
5.    Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan ciri-ciri tubuhnya




Dapat membedakan ciri-ciri tubuh dengan temannya




Dapat membedakan perilaku benar dan salah




Keterampilan
Dapat menjiplak jari-jari tangannya sendiri




Dapat membersihkan kukunya sendiri





                      

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive