RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 3 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Diriku / Panca Indra (kulit)
KD : 1. 1 – 2. 1 – 2 .5. – 3 . 1 – 4. 1 – 3 . 6 –
4 . 6 – 3 .3 – 4 .3 – 3 .12 – 4 .12 – 3
.14 –.4. 14
Materi : -
Kulit Ciptaan Tuhan
-
Menjaga
kebersihan diri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Menyanyi
lagu panca indra
-
Perabaan
-
Menggerakkan
jari – jari tangan
-
Hobyku
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak
- Benda – benda
-
Buku , pensil
- Sapu tangan
Karakter : Tanggung jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Berdiskusi
tentang cara menjaga kebersihan diri
6. Meraba benda
- benda
7. Permainan
fisik
8. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar kulit secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar apakah
yang kamu lihat ?
Apa
fungsi dari kulit ?
Ada
warna apa saja pada kulit ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai kulit.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang perbedaan kulit laki-laki dan perempuan.
· Apa
ciri-ciri kulit anak laki-laki?
· Apa
ciri kulit anak perempuan?
· Fungsi
kulit untuk merasakan apa saja?
· Benda
apa yang permukaannya kasar?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyebutkan kembali fungsi kulit
- Anak dapat membedakan
benda berdasarkan kasar-halus
- Anak
dapat mengelompokkan benda-benda berdasarkan kasar-halus
- Anak
dapat melipat sapu tangan
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
3.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
4.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
5.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
6. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan guna tangan / kulit
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan kasar – halus
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengelompokkan benda
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menceritakan gambar yang dibuatnya
|
|
|
|
|
Dapat
melipat sapu tangan
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment