Tuesday, December 24, 2019

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) SAINTIFIK KEL A MINGGU 3.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
 

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 3 / 5
Hari /tgl                           :
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Diriku / Panca Indra (kulit)
KD                                  :  1. 1 – 2. 1 – 2 .5. – 3 . 1 – 4. 1 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 .3 – 4 .3 –  3 .12 – 4 .12 – 3 .14 –.4. 14        
Materi                              :   -    Kulit  Ciptaan Tuhan
-          Menjaga kebersihan diri
-          Berani tampil di depan umum
-          Menyanyi lagu panca indra
-          Perabaan
-          Menggerakkan jari – jari tangan
-          Hobyku

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar anak
                                           -  Benda – benda
                                           -  Buku , pensil
                                           -  Sapu tangan
Karakter                          : Tanggung jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Berdiskusi tentang cara menjaga kebersihan diri
6. Meraba benda - benda
7. Permainan fisik
8. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar kulit secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kamu lihat ?
Apa fungsi dari kulit ?
Ada warna apa saja pada kulit ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai kulit.
- Guru memberikan pertanyaan tentang perbedaan kulit laki-laki dan perempuan.
·  Apa ciri-ciri kulit anak laki-laki?
· Apa ciri kulit anak perempuan?
· Fungsi kulit untuk merasakan apa saja?
· Benda apa yang permukaannya kasar?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menyebutkan kembali fungsi kulit
- Anak dapat membedakan benda berdasarkan kasar-halus
- Anak dapat mengelompokkan benda-benda berdasarkan kasar-halus
- Anak dapat melipat sapu tangan




C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.        Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
3.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
4.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
5.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
6.    Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan guna tangan / kulit




Dapat membedakan kasar – halus




Dapat mengelompokkan benda




Keterampilan
Dapat menceritakan gambar yang dibuatnya




Dapat melipat sapu tangan






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive