RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 4 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Keluarga
KD : 2. 1 – 2.4 – 2 .11 – 3 . 1 – 4 . 1 – 3 .5 – 4. 5 – 3 . 9 – 4 . 9
Materi : -
Kebersihan lingkungan
-
Penataan
lingkungan keluarga
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Menyanyi
lagu kucingku
-
Mencari
jejak
-
Pengenalan
alat – alat dalam keluarga
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Maze
- Plastisin
-
Pensil
-
Buku / kertas
Karakter : Cinta Damai
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang membantu membesihkan rumah
3.
Berdiskusi tentang binatang piaraan
4. Menyanyi lagu
kucingku
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar binatang peliharaan secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
hewan apa ini ?
Yang
sebelah kanan gambar apa ?
Yang
sebelah kiri gambar apa ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai hewan peliharaan.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang hewan peliharaan.
· Apa
ciri-ciri gambar kucing?
· Apa
ciri-ciri gambar kelinci ?
· Apa
yang dimakan kucing ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mencari jejak gambar binatang peliharaan
- Anak dapat mengurutkan
bilangan
- Anak
dapat membuat bentuk dari plastisin
- Anak
dapat menebali suku kata awal sama
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menghargai
kasih sayang orang tua
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan tentang kegiatan di rumah
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan tentang kegiatan binatang piaraan di rumah
|
|
|
|
|
|
Dapat
mencari jejak gambar binatang piaraan
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat bentuk dengan plastisin
|
|
|
|
|
Dapat
menebali suku kata awal sama
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment