RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 4 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Keluarga
KD : 1. 2 – 2. 3 – 2 .11 – 3 .1–4.1 – 3 .6 – 4. 6
– 3 . 9 – 4 . 9. – 3 .15 – 4 . 15.
Materi : -
Kelestarian lingkungan
-
Menyesuaikan
diri dengan lingkungan
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Menyanyi
lagu tentang adik
-
Pengenalan
konsep bilangan
-
Pengenalan
alat – alat dalam keluarga
-
Menari
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar dot adik
- Gunting , krayon
-
Pensil
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang tata tertib dalam keluarga
3.
Berdiskusi tentang tugas ibu ( menyusui
adik )
4. Menari
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar adik laki/perempuan secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
siapa ini ?
Yang
sebelah kanan gambar siapa ?
Yang
sebelah kiri gambar siapa ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai adik laki-laki dan perempuan.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang perbedaan adik laki-laki dan perempuan.
· Apa
ciri-ciri gambar adik laki-laki?
· Apa
ciri-ciri gambar adik perempuan ?
· Apa
yang diminum adik ?
· Adik
minum susu menggunakan apa?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menggunting gambar dot susu
- Anak dapat memberi
angka pada gambar dot susu
- Anak
dapat membuat bentuk dot susu
- Anak
dapat bercerita tentang punyai adik baru
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menghargai
kasih sayang orang tua
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan tugas ibu
|
|
|
|
|
Dapat
menari sesuai irama musik
|
|
|
|
|
|
Dapat
mewarnai gambar dengan rapi
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
bercerita tentang punya adik baru
|
|
|
|
|
Dapat
menggunting dengan rapi
|
|
|
|
|
|
Dapat
memberi angka yang tepat
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment