Friday, December 6, 2019

RPPH SAINTIFIK (5M) KELOMPOK A MINGGU 2 HARI 2

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
 


Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 2 / 2
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD                                  :  1.1 – 2.1 – 3.2 – 4.2 – 3.6 -4.6– 3.10 -14.10.
Materi                              :   -      Tubuhku ciptaan Tuhan
-          Menjaga kebersihan tubuh
-          Memberi dan membalas salam
-          Perbedaan tubuh anak(anak kecil & orang dewasa)
-          Ciri-ciri tubuh

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar anak dari ukuran kecil-besar
                                            -  Kertas, pensil, krayon
Karakter                          :  Menghargai Prestasi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.  Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6.    Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
7. Berjalan dengan satu kaki


B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati gambar anak laki-laki/perempuan secara bergantian
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah bentuk gambar tersebut ?
Gambar siapa yang lebih tinggi ?
Gambar siapa yang lebih pendek ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai anak laki-laki dan perempuan.
-   Guru memberikan pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
·   Siapa yang lebih tinggi antara  A atau B ?
·   Gambar siapa yang paling tinggi ?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat membedakan ukuran tubuh anak dengan temannya
-   Anak dapat mengurutkan gambar anak dari ukuran kecil-besar
-   Anak dapat menggambar bentuk orang
-   Menirukan 2-3 urutan kata








C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besok
5.    Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Menyebutkan ciri-ciri tubuhnya




Membedakan ciri-ciri tubuh dengan temannya




Menggambar bentuk orang dengan lengkap




Keterampilan
Dapat mengurutkan gambar anak dari ukuran kecil-besar




Dapat berjalan dengan satu kaki




Menirukan 2-3 urutan kata dengan benar




                     


No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive