RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 2 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD : 1.1 – 2.1 – 3.2 – 4.2 – 3.6 -4.6– 3.10
-14.10.
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Menjaga
kebersihan tubuh
-
Memberi
dan membalas salam
-
Perbedaan
tubuh anak(anak kecil & orang dewasa)
-
Ciri-ciri
tubuh
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak dari ukuran kecil-besar
- Kertas, pensil, krayon
Karakter : Menghargai Prestasi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang
digunakan bermain
7.
Berjalan dengan satu kaki
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar anak laki-laki/perempuan secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apakah
bentuk gambar tersebut ?
Gambar
siapa yang lebih tinggi ?
Gambar
siapa yang lebih pendek ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai anak laki-laki dan perempuan.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
· Siapa
yang lebih tinggi antara A atau B ?
· Gambar
siapa yang paling tinggi ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat membedakan ukuran tubuh anak dengan temannya
- Anak dapat mengurutkan
gambar anak dari ukuran kecil-besar
- Anak
dapat menggambar bentuk orang
- Menirukan
2-3 urutan kata
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Menyebutkan
ciri-ciri tubuhnya
|
|
|
|
|
Membedakan
ciri-ciri tubuh dengan temannya
|
|
|
|
|
|
Menggambar
bentuk orang dengan lengkap
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mengurutkan gambar anak dari ukuran kecil-besar
|
|
|
|
|
Dapat
berjalan dengan satu kaki
|
|
|
|
|
|
Menirukan
2-3 urutan kata dengan benar
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment