RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 5 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Rumahku (Perkakas rumah )
KD : 1. 1 – 2. 3 – 2 .4 – 2 . 10 – 3 . 6 – 4 . 6 –
3 . 9 – 4 . 9.
Materi : -
Menjaga keamanan rumah rumah
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Penataan
ruang tamu
-
Mau
bermain dengan teman
-
Konsep
bilangan
-
Pengenalan
perkakas dalam rumah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar kursi
- Gunting
- Batang korek api
-
Pensil
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang keamanan dalam rumah
3. Bercerita
tentang penataan ruang tamu
4. Berdiskusi
tentang tempat untuk bermain dengan teman di rumah
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar perkakas rumah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar perkakas
rumah yang telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait yang diamati.
Perkakas
apa saja yang ada dalam rumah ?
Dimana
perkakas itu disimpan di dalam rumah ?
Ada
berapa perkakas rumah itu ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai
perkakas rumah.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang perkakas rumah
· Bagaimana
perkakas rumah yang diamati?
· Apa
saja perkakas rumah di rumahmu?
· Ada
berapa macam perkakas rumah?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menggunting gambar kursi
- Anak dapat menghitung
kursi
- Anak
dapat menyusun batang korek api pada gambar kursi
- Anak
dapat mengelompokkan gambar perkakas rumah
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan
yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menjaga
dan merawat rumah sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan perkakas rumah
|
|
|
|
|
Dapat
membuat bentuk kursi dari batang korek api
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengurutkan angka pada kursi
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mengelompokkan perkakas dalam rumah
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menjaga keamanan rumah
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment