RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 2 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Diriku/Tubuhku (anggota tubuh)
KD : 1.1 – 1.2 – 3.1 – 4.1 – 3.3 -4.3– 3.12 -14.12.
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
anggota tubuh
-
Menyanyi
lagu
-
Anggota
tubuhku
-
Nama-nama
anggota tubuh
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Pensil, kertas
- Bola
- Kepingan geometri
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan
bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar bagian-bagian
anggota tubuh secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apa saja yang kamu lihat ?
Mana yang gambar tangan ?
Mana yang gambar kaki ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai bagian-bagian anggota
tubuh.
- Guru memberikan pertanyaan tentang bagian-bagian
anggota tubuh.
· Apa nama
gambar ini?
· Mana yang
gambar tangan?
· Ada berapa
gambar kaki?
· Ada berapa gambar
kepala?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyebutkan kembali bagian anggota tubuh
- Anak dapat menebali
huruf nama-nama anggota tubuh
- Anak
dapat mengurutkan bilangan dengan benda-benda
- Anak
dapat menyusun kepingan geometri menjadi orang
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Menyebutkan
anggota tubuhnya
|
|
|
|
|
Menuliskan
nama-nama anggota tubuh
|
|
|
|
|
|
Menggunakan
bilangan dengan benar
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Membuat
bentuk orang dengan kepingan geometri
|
|
|
|
|
Dapat
berjalan di atas papan titian
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment