Monday, December 16, 2019

RPPH SAINTIFIK KELOMPOK B MINGGU 2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
 

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 2 / 1
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Diriku/Tubuhku (anggota tubuh)
KD                                  :  1.1 – 1.2 – 3.1 – 4.1 – 3.3 -4.3– 3.12 -14.12.
Materi                              :   -      Tubuhku ciptaan Tuhan
-          Menyayangi anggota tubuh
-          Menyanyi lagu
-          Anggota tubuhku
-          Nama-nama anggota tubuh

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Pensil, kertas
                                           -  Bola
                                           -  Kepingan geometri
Karakter                          :  Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.  Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6.  Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain


B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar bagian-bagian anggota tubuh secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apa saja yang kamu lihat ?
Mana yang gambar tangan ?
Mana yang gambar kaki ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai bagian-bagian anggota tubuh.
- Guru memberikan pertanyaan tentang bagian-bagian anggota tubuh.
·      Apa nama gambar ini?
·      Mana yang gambar tangan?
·      Ada berapa gambar kaki?
·      Ada berapa gambar kepala?
Menyimpulkan
-       Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-       Anak dapat menyebutkan kembali bagian anggota tubuh
-       Anak dapat menebali huruf nama-nama anggota tubuh
-       Anak dapat mengurutkan bilangan dengan benda-benda
-       Anak dapat menyusun kepingan geometri menjadi orang






C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
                     
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Menyebutkan anggota tubuhnya




Menuliskan nama-nama anggota tubuh




Menggunakan bilangan dengan benar




Keterampilan
Membuat bentuk orang dengan kepingan geometri




Dapat berjalan di atas papan titian







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive