Wednesday, December 4, 2019

RPPH SAINTIFIK (5M) KEL A Hari ke-2

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
 


Semester/Minggu ke /Hari Ke :   I / 1 / 2
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Diriku /Identitas Diri (Jenis Kelamin)
KD                                  :  1.1 – 1.2 – 2.1 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.10 -4.310– 3.12- 4.12
Materi                              :   -      Aku ciptaan Tuhan
-          Menyayangi diri sendiri
-          Menjaga kebersihan diri
-          Mengurus diri sendiri
-          Menyanyi lagu Aku
-          Identitas diri dengan lengkap
-          Menggerakkan jari-jari tangan
Kegiatan main                 :      Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
                                                   -   Kertas,kartu kata,pensil
                                                   -   Kertas gambar,krayon, Plastisin
Karakter                          : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.        Penerapan SOP pembukaan
2.        Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.        Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.        Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.        Guru dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6.        Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-       Anak mengamati gambar anak laki-laki/perempuan secara bergantian
Menanya
-    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-    Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apa perbedaan laki-laki dan perempuan ?
Ada berapa anak laki-laki ?
Ada berapa anak perempuan ?
Menalar / menggali informasi
-    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai anak laki-laki dan perempuan.
-    Guru memberikan pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
·    Apa ciri-ciri anak laki-laki?
·    Apa ciri anak perempuan?
·    Ada berapa anak laki-laki di kelas ini?
·    Ada berapa anak perempuan di kelas ini?
Menyimpulkan
-    Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-    Anak dapat menyebutkan kembali ciri-ciri anak laki & perempuan
-    Anak dapat membuat bentuk orang dengan plastisin
-    Anak dapat meniru huruf awal dari nama anak


C. RECALLING:
1.    Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.    Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.    Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.    Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.    Penguatan pengetahuan yang didapat anak
6.     
D. PENUTUP
1.    Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.    Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3.    Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4.    Menginformasikan kegiatan untuk besok
5.    Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
     
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Menunjukkan diri anak




Menyebutkan identitas diri dengan lengkap




Dapat membedakan anak laki-laki dan perempuan




Keterampilan
Dapat membentuk dengan plastisin




Dapat menebali suku kata awal sama dari nama temannya




Dapat mengelompokkan gambar sesuai jenis kelamin




Dapat meniru menulis nama temannya






No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive