RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke /Hari Ke : I / 1 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Diriku /Identitas Diri (Jenis Kelamin)
KD : 1.1 – 1.2 – 2.1 – 2.8 – 3.1 – 4.1 – 3.10
-4.310– 3.12- 4.12
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
diri sendiri
-
Menjaga
kebersihan diri
-
Mengurus
diri sendiri
-
Menyanyi
lagu Aku
-
Identitas
diri dengan lengkap
-
Menggerakkan
jari-jari tangan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak laki-laki dan anak perempuan
- Kertas,kartu kata,pensil
- Kertas gambar,krayon,
Plastisin
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.
Penerapan
SOP pembukaan
2.
Guru
memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan
beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau
di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.
Anak
mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.
Anak
diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5.
Guru
dan anak menyepakati fokus dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat
kegiatan inti
6.
Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar anak laki-laki/perempuan secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apa
perbedaan laki-laki dan perempuan ?
Ada
berapa anak laki-laki ?
Ada
berapa anak perempuan ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai anak laki-laki dan perempuan.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
· Apa
ciri-ciri anak laki-laki?
· Apa
ciri anak perempuan?
· Ada
berapa anak laki-laki di kelas ini?
· Ada
berapa anak perempuan di kelas ini?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyebutkan kembali ciri-ciri anak laki & perempuan
- Anak dapat membuat
bentuk orang dengan plastisin
- Anak
dapat meniru huruf awal dari nama anak
-
|
C. RECALLING:
1.
Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2.
Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila
ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
6.
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
|
||||
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
||||
Pengetahuan
|
Menunjukkan
diri anak
|
||||
Menyebutkan
identitas diri dengan lengkap
|
|||||
Dapat
membedakan anak laki-laki dan perempuan
|
|||||
Keterampilan
|
Dapat
membentuk dengan plastisin
|
||||
Dapat
menebali suku kata awal sama dari nama temannya
|
|||||
Dapat
mengelompokkan gambar sesuai jenis kelamin
|
|||||
Dapat
meniru menulis nama temannya
|
No comments:
Post a Comment