RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/ Hari ke : I / 1 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Diriku /Identitas Diri (Usia)
KD : 1.1 – 1.2 – 2.5 – 3.3 – 4.3 – 3.11 -4.11– 3.12
-14.12 -3.14 -4.14
Materi : -
Aku ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
diri sendiri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Fungsi
identitas diri
-
Pengenalan
expresi wajah
-
Hobyku
-
Menggerakkan
jari-jari tangan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Kue
ulang tahun kecil
- Pensil,buku tulis
- Benda-benda
Karakter : Toleransi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan,
mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media
untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan
sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera)
alat, bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang
digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar anak laki-laki/perempuan secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat
guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Angka berapa pada gambar itu ?
Anak laki-laki usia berapa ?
Anak perempuan usia berapa ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan
kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai usia anak
laki-laki dan perempuan.
- Guru memberikan
pertanyaan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
· Berapa usia anak
laki-laki itu?
· Berapa usia anak perempuan itu
?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menghiasi kue
ulang tahun
- Anak dapat bercerita
tentang kata ganti aku
- Anak dapat memasangkan
gambar sesuai dengan pasangannya
- Meniru menulis angka
sesuai usia anak
|
C. RECALLING:
1.
Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2.
Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3.
Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4.
Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa aku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Berani
tampil di depan temannya
|
|
|
|
|
Menyebutkan
usia anak
|
|
|
|
|
|
Dapat
memberi dan membalas salam
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
memasangkan gambar sesuai pasangannya
|
|
|
|
|
Dapat
menghiasi kue ulang tahun
|
|
|
|
|
|
Dapat
menulis angka sesuai usianya sendiri
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment