RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 5 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Rumahku (Perkakas rumah )
KD : 1. 2 – 2. 3 – 2 .6 – 2 . 14 – 3 . 5 – 4 . 5 –
3 . 9 – 4 . 9 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : -
Kelestarian lingkungan rumah
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Berangkat
sekolah minta ijin orang tua
-
Mematuhi
nasehat orang tua
-
Mencari
jejak menuju rumah
-
Pengenalan
perkakas dalam rumah
- Gerak dan lagu
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar almari , guling / bantal
- Alat cocok
-
Lidi - lidi
- Pensil
Karakter : Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang jalan menuju rumah
3. Berdiskusi
tentang minta ijin bila hendak pergi
4. Gerak dan
lagu ( lagu anak budiman )
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar perkakas rumah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait yang diamati.
Perkakas
apa saja yang ada dalam rumah ?
Apa
fungsi almari di rumah ?
Dimana
ruangan yang ada tempat tidurnya ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai
perkakas rumah.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang perkakas rumah.
· Bagaimana
bentuk perkakas rumah yang diamati?
· Ada
berapa perkakas rumah tersebut ?
· Ada
berapa gambar almari?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat membuat coretan jalan menuju ke rumah
- Anak dapat mencocok
bentuk almari
- Anak
dapat memberi angka pada gambar bantal/guling
- Anak
dapat membuat bentuk tempat tidur dengan lidi
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menjaga
dan merawat rumah sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan perkakas rumah
|
|
|
|
|
Dapat
memberi angka pada gambar bantal
|
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan menuju rumahnya sendiri
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat bentuk tempat tidur dari lidi-lidi
|
|
|
|
|
Dapat
mencocok dengan rapi
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment