RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 2 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD : 1.1 – 2.1 – 2.5 -2.12 -3.3 – 4.3 – 3.6 -4.6–
3.11 -14.11.
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Berani
tampil di depan umum
-
Mengurus
diri sendiri
-
Anggota
tubuhku
-
Menyisir
rambut
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Sisir
- Kain perca, gambar pita
- Urutan pola
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera)
alat, bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang
digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar baju,
rambut secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah gambar tersebut ?
Pada bagian atas kepala ada apa ?
Apa yang harus dilakukan pada rambut ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai bagian kepala.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
· Apa ciri-ciri anak laki-laki?
· Apa ciri anak perempuan?
· Ada berapa anak laki-laki di
kelas ini?
· Ada berapa anak perempuan di
kelas ini?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat membuat kolase
gambar baju dengan kain perca
- Anak dapat menghubungkan
gambar dengan tulisan
- Anak dapat meneruskan pola
bentuk : pita, bando
- Anak
dapat menyisir sendiri rambut sendiri
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
|
|
|
|
|
Dapat
menyisir rambutnya sendiri
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat gambar dengan teknik kolase
|
|
|
|
|
Dapat
meneruskan pola sesuai gambar
|
|
|
|
|
|
Dapat
menghubungkan gambar dengan tulisan
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment