RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 2 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD : 1.1 – 2.1 – 2.5 -2.12 -3.3 – 4.3 – 3.6 -4.6–
3.11 -14.11.
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Menjaga
kebersihan tubuh
-
Berani
tampil di depan umum
-
Mau
memberi dan memohon maaf
-
Kegunaan
anggota tubuh
-
Pengenalan
expresi wajah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak dari ukuran kecil-besar
- Kertas, pensil, krayon
Karakter : Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera)
alat, bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Bermain tepuk pola
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar bagian
anggota tubuh (tangan) secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apa yang kamu lihat ?
Apa gunanya gambar tersebut ?
Ada berapa jari yang ada di tangan ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai bagian anggota
tubuh yaitu tangan
- Guru memberikan pertanyaan
tentang kegunaan tangan dan cara membersihkan tangan.
· Apa kegunaan tangan?
· Bagaimana cara membersihkan
kuku pada tangan ?
· Apa gunanya kalau kuku selalu
dibersihkan ?
· Kapan kuku dibersihkan ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menyebutkan kegunaan
jari tangan
- Anak dapat menghitung
jumlah jari tangan
- Anak dapat menjiplak jari-jari
tangan
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan ciri-ciri tubuh dengan temannya
|
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan perilaku benar dan salah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menjiplak jari-jari tangannya sendiri
|
|
|
|
|
Dapat
membersihkan kukunya sendiri
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment