RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 3 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Diriku / Panca Indra (hidung)
KD : 1. 1 – 2. 1 – 2 .5 – 3 .1 – 4.1 – 3. 11 – 14. 11 – 3 .12 – 4 .12 – 3
.14 – 4 .14
Materi : -
Hidung Ciptaan Tuhan
-
Menjaga
kebersihan diri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Menyanyi
lagu panca indra
-
Pengenalan
expresi wajah
-
Menggerakkan
jari – jari tangan
-
Hobyku
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak
- Minyak wangi, minyak kayu
putih, bunga dll
- Gambar botol minyak wangi
- Alat cocok
Karakter : Rasa Ingin Tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Berdiskusi
tentang cara menjaga kebersihan hidung
6. Bermain tebak-tebakan (bau)
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar hidung secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar apakah
yang kamu lihat ?
Yang
sebelah kanan gambar apa?
Yang
sebelah kiri gambar apa ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai fungsi dan kegunaan hidung.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang macam-macam bau/wangi.
· Apa
kegunaan hidung?
· Bau
yang disukai oleh anak?
· Apa
kegunaan minyak wangi ?
· Ada
berapa macam minyak wangi ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat menyebutkan kembali fungsi dan kegunaan hidung
- Anak dapat membedakan
benda dari baunya
- Anak
dapat menghitung hasil penjumlahan dengan benda
- Anak
dapat mencocok gambar botol minyak wangi
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan
yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan guna hidung
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara membersihkan hidung
|
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan bau
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menghitung hasil penjumlahan dengan benda
|
|
|
|
|
Dapat
mencocok gambar botol minyak wangi dengan rapi
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment