Tuesday, December 24, 2019

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) SAINTIFIK KEL A MINGGU 3.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
 

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 3 / 4
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   A
Tema/sub tema                :   Diriku / Panca Indra (lidah)
KD                                  :  1. 1 – 1. 2 – 2 .5. – 3 . 1 – 4. 1 – 3 . 2 – 4 . 2 – 3 .3 – 4 .3 –  3 .12 – 4 .12
                                           – 3 .14 –.4. 14        
Materi                              :   -      Lidahku Ciptaan Tuhan
-          Menyayangi diri sendiri
-          Berani tampil di depan umum
-          Menyanyi lagu “Jagalah”
-          Memberi dan membalas salam
-          Macam-macam rasa
-          Menggerakkan jari – jari tangan
-          Hobyku

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar anak
                                            -  Gula, garam, cabe, kunyit, asam, dll
                                            -  Gambar cabe
                                            -  Alat cocok
Karakter                          : Rasa ingin tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Berdiskusi tentang cara menyayangi diri
6. Menyanyi lagu Jagalah tanganmu
7. Merasakan macam –macam makanan (asin ,pedas, pahit ,manis dll)
8. Memberi salam yang baik
9. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar lidah secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kamu lihat ?
Apa kegunaan lidah bagi kita ?
Dengan lidah kita dapat merasakan rasa apa saja ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai fungsi dan kegunaan lidah.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang lidah dan kegunaannya.
· Apa saja yang dapat dirasakan oleh lidah?
· Apa rasa dari cabe?
· Rasa apa saja yang kamu sukai?
· Makanan apa saja yang kamu sukai, kenapa?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat memilih makanan yang berasa manis
- Anak dapat mencocok gambar cabe
- Anak dapat membilang gambar makanan kesukaan
- Anak dapat memilih makanan yang disukai


C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan guna lidah




Dapat membedakan macam-macam rasa




Dapat memilih makanan yang disukai




Keterampilan
Dapat membilang gambar makanan kesukaan




Dapat mencocok gambar cabe dengan rapi






No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive