RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 3 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Diriku / Panca Indra (lidah)
KD : 1. 1 – 1. 2 – 2 .5. – 3 . 1 – 4. 1 – 3 . 2 –
4 . 2 – 3 .3 – 4 .3 – 3 .12 – 4 .12
– 3 .14 –.4. 14
Materi : -
Lidahku Ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
diri sendiri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Menyanyi
lagu “Jagalah”
-
Memberi
dan membalas salam
-
Macam-macam
rasa
-
Menggerakkan
jari – jari tangan
-
Hobyku
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak
- Gula, garam, cabe, kunyit, asam,
dll
- Gambar cabe
- Alat
cocok
Karakter : Rasa ingin tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Berdiskusi
tentang cara menyayangi diri
6. Menyanyi lagu
Jagalah tanganmu
7. Merasakan
macam –macam makanan (asin ,pedas, pahit ,manis dll)
8. Memberi salam
yang baik
9. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar lidah secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Gambar
apakah yang kamu lihat ?
Apa
kegunaan lidah bagi kita ?
Dengan
lidah kita dapat merasakan rasa apa saja ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai fungsi dan kegunaan lidah.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang lidah dan kegunaannya.
· Apa
saja yang dapat dirasakan oleh lidah?
· Apa
rasa dari cabe?
· Rasa
apa saja yang kamu sukai?
· Makanan
apa saja yang kamu sukai, kenapa?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat memilih makanan yang berasa manis
- Anak dapat mencocok
gambar cabe
- Anak
dapat membilang gambar makanan kesukaan
- Anak
dapat memilih makanan yang disukai
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu
untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan guna lidah
|
|
|
|
|
Dapat
membedakan macam-macam rasa
|
|
|
|
|
|
Dapat
memilih makanan yang disukai
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membilang gambar makanan kesukaan
|
|
|
|
|
Dapat
mencocok gambar cabe dengan rapi
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment