RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 2 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Diriku/Tubuhku (ciri-ciri tubuh)
KD : 1.1 – 2.1 – 3.2 – 4.2 – 3.6 -4.6– 3.10
-14.10.
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Menjaga
kebersihan tubuh
-
Memberi
dan membalas salam
-
Perbedaan
tubuh anak(anak kecil & orang dewasa)
-
Ciri-ciri
tubuh
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak dari ukuran kecil-besar
- Kertas, pensil, krayon
Karakter : Menghargai Prestasi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang
digunakan bermain
7.
Berjalan dengan satu kaki
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar anak
laki-laki/perempuan secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah bentuk gambar tersebut ?
Gambar siapa yang lebih tinggi ?
Gambar siapa yang lebih pendek ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai anak laki-laki
dan perempuan.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.
· Siapa yang lebih tinggi
antara A atau B ?
· Gambar siapa yang paling
tinggi ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat membedakan ukuran
tubuh anak dengan temannya
- Anak dapat mengurutkan
gambar anak dari ukuran kecil-besar
- Anak dapat menggambar bentuk
orang
- Menirukan 2-3 urutan kata
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Menyebutkan
ciri-ciri tubuhnya
|
|
|
|
|
Membedakan
ciri-ciri tubuh dengan temannya
|
|
|
|
|
|
Menggambar
bentuk orang dengan lengkap
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mengurutkan gambar anak dari ukuran kecil-besar
|
|
|
|
|
Dapat
berjalan dengan satu kaki
|
|
|
|
|
|
Menirukan
2-3 urutan kata dengan benar
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment