Tuesday, December 17, 2019

Definisi Lingkungan Kerja Perusahaan

Lingkungan kerja merupakan keadaan sekitar tempat kerja baik secara fisik maupun non fisik yang dapat memberikan kesan menyenangkan, mengamankan, menentramkan, dan kesan betah bekerja dan lain sebagainya ( Supardi 2003:37). Didukung dengan pengertian lingkungan kerja diatas (Sedarmayanti 2007:105 dalam Indra Gunawan Manaf dkk. 2015) menegaskan pula bahwa secara garis besar lingkungan kerja terbagi menjadi 2 yaitu : 1) lingkungan kerja fisik,dan 2) lingkungan kerja fisik.(Sari, n.d.)
Menurut (Aurelia Potu,2013:1210), menyatakan bahwa lingkungan kerja merupakan tempat dimana pegawai melakukan aktivitas bekerja setiap harinya. Sedangkan lingkungan kerja menurut (Supardi,2003:37) merupakan keadaan sekitar tempat kerja baik secara fisik maupun non fisik yang dapat memberikan kesan menyenangkan, mengamankan, menentramkan, dan kesan betah bekerja dan lain sebagainya. Semakin baik lingkungan kerja akan mengakibatkan pencapaian kinerja organisasi secara maksimal. Jadi lingkungan kerja erat kaitannya dengan kinerja pegawainya.(Sari, n.d.)
Menurut Siagian (2007) kualitas kehidupan kerja (quality of work life) merupakan upaya yang sistematik dalam kehidupan organisasional melalui cara dimana para karyawan diberi kesempatan untuk dapat berperan menentukan cara mereka bekerja dan sumbangan yang mereka berikan kepada organisasi dalam rangka pencapaian tujuan dan berbagai sasarannya.
Iklim Organisasi, menurut Taquiri dan Litwin (dalam Denison, 1996), iklim organisasi merupakan kualitas lingkungan kerja yang secara relatif terus menerus meningkat, yang dirasakan para anggotanya, serta dapat mempengaruhi perilaku mereka yang dapat digambarkan melalui seperangkat nilai karakteristik tertentu dari organisasi. Iklim organisasi dalam penelitian ini meliputi perilaku pemimpin, harus komunikasi, interaksi, pengambilan keputusan, motivasi dan independensi.(Churiyah, 2001)

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive