RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 2 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Diriku/Tubuhku (kaki)
KD : 1.1 – 2.5 – 2.8. – 2 .12. – 3
.12 – 4.12 – 3.14 – 14
Materi : -
Tubuhku ciptaan Tuhan
-
Berani
tampil di depan umum
-
Mengurus
diri sendiri
-
Nama-nama
anggota tubuh
-
Memakai
sepatu sendiri
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Gunting
- Gambar sandal / sepatu
- Bola
Karakter : Kerja keras
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1.
Penerapan SOP pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Guru dan anak menyepakati fokus dan
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan anak saat kegiatan inti
6. Menendang bola masuk gawang
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati gambar kaki secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang
diamati.
Apakah
gambar tersebut ?
Ada
bagian apa saja pada kaki ?
Apa
yang terdapat pada kaki bagian bawah?
Kaki
biasanya menggunakan apa ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya
mengenai kaki.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang bagian anggota tubuh yaitu kaki.
· Apa
ciri-ciri kaki anak laki-laki?
· Apa
ciri kaki anak perempuan?
· Ada
berapa sandal pada gambar ?
· Ada
berapa sepatu di kelas ini ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat melakukan 2-3 perintah
- Anak
dapat menggunting gambar sandal/sepatu
- Anak dapat melengkapi
suku kata pada gambar sandal
- Anak
dapat menghitung dan memberi angka pada sandal/ sepatu
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan ciri-ciri tubuhnya
|
|
|
|
|
Dapat
memakai sepatu sendiri
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menggunting gambar sepatu
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung sandal/sepatu
|
|
|
|
|
|
Dapat
melengkapi suku kata dengan benar
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment