RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 5 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : A
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Rumahku (bagian bagian rumah
)
KD : 1. 1 – 2. 1 – 2 .3 – 3 . 1 – 4 . 1 – 3 . 9 –
4 . 9
Materi : -
Menjaga keamanan rumah
-
Kebersihan
rumah
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Menyanyi
lagu rumahku
-
Pengenalan
bagian – bagian rumah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Balok - balok
- Buku gambar
- Kertas
-
Pensil , krayon
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang guna rumah
3. Bercerita
tentang menjaga kebersihan dan keamanan
rumah
4. Menyanyi lagu
rumahku
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak
mengamati rumah yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang rumah yang
telah diamati
- Dalam
keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait yang diamati.
Bagaimana
bentuk rumah tersebut ?
Apa
saja yang ada dalam rumah ?
Bagian-bagian
apa saja dari rumah ?
|
Menalar
/ menggali informasi
|
- Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai rumah.
- Guru
memberikan pertanyaan tentang rumah yang ada di sekitar sekolah dengan
rumah anak.
· Bagaimana
ciri rumah anak?
· Apa
saja ruangan yang ada dalam rumah?
· Bagian
apa yang menjadi tempat kesukaan anak dari rumah?
· Bahan
apa saja yang membentuk rumah?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak
dapat mengelompokkan kata sejenis tentang bagian-bagian rumah
- Anak dapat membuat
rumah dari balok-balok
- Anak
dapat menggambar bebas bentuk rumah
- Anak
dapat menghitung jumlah pintu
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Memahami
fungsi bagian-bagian rumah
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan guna rumah
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan bagian-bagian rumah
|
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menjaga rumah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat bentuk rumah dengan balok-balok
|
|
|
|
|
Dapat
menggambar bebas bentuk rumah
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment