RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 3 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Diriku / Panca Indra (mata)
KD : 1. 1 – 1. 2–2 .5–3 .1 – 4.1 – 3. 11 – 14. 11 – 3 .12 – 4 .12 – 3
.14 – 4 .14
Materi : -
Mata Ciptaan Tuhan
-
Menyayangi
diri sendiri
-
Berani
tampil di depan umum
-
Menyanyi
lagu panca indra
-
Pengenalan
expresi wajah
-
Menggerakkan
jari – jari tangan
-
Hobyku
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anak
- Pensil
- Karton , gunting
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menyanyi lagu
panca indra
6. Berdiskusi
tentang cara merawat mata
7. Bermain petak
umpet
8. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar mata
secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kamu lihat ?
Ada berapa gambar mata tersebut ?
Ada gambar apa lagi selain mata ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai mata
- Guru memberikan pertanyaan tentang cara
merawat mata.
· Apa kegunaan mata ?
· Apa yang terjadi apabila tidak memiliki
mata?
· Ada berapa mata setiap anak ?
· Bagaimana cara merawat mata?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menyebutkan kembali fungsi
dan kegunaan maat
- Anak dapat menebali gambar kaca
mata
- Anak dapat memasangkan gambar sesuai
pasangannya
- Anak dapat membuat topeng kaca mata dengan
karton
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mensyukuri
bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan guna mata
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara merawat mata
|
|
|
|
|
|
Dapat
melengkapi gambar kaca mata
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat topeng kaca mata dari karton
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung jumlah mata
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment