Monday, December 16, 2019

RPPH SAINTIFIK KELOMPOK B MINGGU3.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
 

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 3 / 1
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Diriku / Panca Indra (mata)
KD                                  :  1. 1 – 1. 2–2 .5–3  .1 – 4.1 – 3. 11 – 14. 11 – 3 .12 – 4 .12 – 3 .14 – 4 .14
Materi                              :   -      Mata Ciptaan Tuhan
-          Menyayangi diri sendiri
-          Berani tampil di depan umum
-          Menyanyi lagu panca indra
-          Pengenalan expresi wajah
-          Menggerakkan jari – jari tangan
-          Hobyku

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar anak
                                           -  Pensil
                                           -  Karton , gunting
Karakter                          : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menyanyi lagu panca indra
6. Berdiskusi tentang cara merawat mata
7. Bermain petak umpet
8. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar mata secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kamu lihat  ?
Ada berapa gambar mata tersebut ?
Ada gambar apa lagi selain mata ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai mata
- Guru memberikan pertanyaan tentang cara merawat mata.
· Apa kegunaan mata ?
· Apa yang terjadi apabila tidak memiliki mata?
· Ada berapa mata setiap anak ?
· Bagaimana cara merawat mata?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menyebutkan kembali fungsi dan kegunaan maat
- Anak dapat menebali gambar kaca mata
- Anak dapat memasangkan gambar sesuai pasangannya
- Anak dapat membuat topeng kaca mata dengan karton







C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Mensyukuri bahwa tubuhku sebagai ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan guna mata




Dapat menceritakan cara merawat mata




Dapat melengkapi gambar kaca mata




Keterampilan
Dapat membuat topeng kaca mata dari karton




Dapat menghitung jumlah mata




                     


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive