Kata media berasal dari kata medium yang secara
harfiah artinya perantara atau pengantar. Banyak pakar tentang media
pembelajaran yang memberikan batasan tentang pengertian media. Media adalah segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima
sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa
sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”.
a. Jenis-jenis Media pembelajaran
Banyak
sekali jenis media yang sudah dikenal dan digunakan dalam penyampaian informasi
dan pesan-pesan pembelajaran. Setiap jenis atau bagian dapat pula dikelompokkan
sesuai dengan karakteristik dan sifat-sifat media tersebut. Sampai saat ini
belum ada kesepakatan yang baku dalam mengelompokkan media. Jadi banyak tenaga
ahli mengelompokkan atau membuat klasifikasi media akan tergantung dari sudut
mana mereka memandang dan menilai media tersebut. Penggolongan media
pembelajaran menurut yaitu :
1.
Gambar diam, baik dalam bentuk teks, bulletin, papan display, slide, film
strip, atau overhead proyektor.
2.
Gambar gerak, baik hitam putih, berwarna, baik yang bersuara maupun yang tidak
bersuara.
3.
Rekaman bersuara baik dalam kaset maupun piringan hitam.
4.
Televisi
5.
Benda-benda hidup, simulasi maupun model.
6.
Instruksional berprograma ataupun CAI (Computer Assisten Instruction).
b. Manfaat media pembelajaran
Media
pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar dan pembelajaran adalah
suatu kenyataan yang tidak bisa kita pungkiri keberadaannya. Karena memang gurulah
yang menghendaki untuk memudahkan tugasnya dalam menyampaikan pesan – pesan
atau materi pembelajaran kepada siswanya. Guru sadar bahwa tanpa bantuan media,
maka materi pembelajaran sukar untuk dicerna dan dipahami oleh siswa, terutama
materi pembelajaran yang rumit dan komplek. Setiap materi pembelajaran
mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi. Pada satu sisi ada bahan
pembelajaran yang tidak memerlukan media pembelajaran, tetapi dilain sisi ada
bahan pembelajaran yang memerlukan media pembelajaran. Materi pembelajaran yang
mempunyai tingkat kesukaran tinggi tentu sukar dipahami oleh siswa, apalagi
oleh siswa yang kurang menyukai materi pembelajaran yang disampaikan. Secara umum
manfaat media pembelajaran
adalah:
1) Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis ( tahu
kata-katanya, tetapi tidak tahu maksudnya)
2)
Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
3) Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi
dapat diatasi sikap pasif siswa.
4)
Dapat menimbulkan persepsi yang sama terhadap suatu masalah.
c. Prinsip-prinsip memilih media pembelajaran Setiap media pembelajaran
memiliki keunggulan masing–masing, maka dari itulah guru diharapkan dapat
memilih media yang sesuai dengan kebutuhan atau tujuan pembelajaran. Dengan
harapan bahwa penggunaan media akan mempercepat dan mempermudah pencapaian
tujuan pembelajaran.
Ada
beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran,
yaitu :
1) Harus adanya kejelasan tentang maksud dan tujuan pemilihan media
pembelajaran. Apakah pemilihan media itu untuk pembelajaran, untuk informasi
yang bersifat umum, ataukah sekedar hiburan saja mengisi waktu kosong. Lebih
khusus lagi, apakah untuk pembelajaran kelompok atau individu, apakah
sasarannya siswa TK, SD, SLTP, SMU, atau siswa pada Sekolah Dasar Luar Biasa,
masyarakat pedesaan ataukah masyarakat perkotaan. Dapat pula tujuan tersebut
akan menyangkut perbedaan warna, gerak atau suara. Misalnya proses kimia
(farmasi), atau pembelajaran pembedahan (kedokteran).
2) Karakteristik Media Pembelajaran. Setiap media pembelajaran
mempunyai karakteristik tertentu, baik dilihat dari keunggulannya, cara
pembuatan maupun cara penggunaannya. Memahami karakteristik media pembelajaran
merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki guru dalam kaitannya pemilihan
media pembelajaran. Disamping itu memberikan kemungkinan pada guru untuk
menggunakan berbagai media pembelajaran secara bervariasi
3) Alternatif Pilihan, yaitu adanya sejumlah
media yang dapat dibandingkan atau dikompetisikan. Dengan demikian guru bisa
menentukan pilihan media pembelajaran mana yang akan dipilih, jika terdapat
beberapa media yang dapat dibandingkan.
No comments:
Post a Comment