Saturday, June 2, 2018

TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS



A.    TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Penelitian yang menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas umumnya diarahkan pada pencapaian sasaran sebagai berikut:
1.      Memperhatikan dan meningkatkan kualitas isi, masukan, proses dan hasil pembelajaran.
2.      Menumbuh-kembangkan budaya meneliti tenaga kependidikan (guru) agar lebih proaktif mencari solusi terhadap permasalahan pembelajaran.
3.      Menumbuhkan dan meningkatkan produktivitas meneliti para tenaga kependidikan, khususnya mencari solusi masalah-masalah pembelajaran.
4.      Meningkatkan kolaborasi antara pendidik dan tenaga kependidikan dalam memecahkan masalah pembelajaran.
Beberapa jeis perilaku sasaran serta arah tujuan penelitian tindakan itu antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut:
1.      Unjuk kerja seseorang/kelompok yang laman dan tidak efisien.
2.      Semangat kerja yang rendah karena unsur-unsur pribadi yang bersifat manusiawi tidak berfungsi secara memadai.
3.      Deskripsi tugas yang kurang jelas.
4.      Organisasi kerja yang tidak jelas/sudah tidak layak diterapkan karena telah terjadi perkembangan tertentu.
5.      Sentuhan pembaharuan.
6.      Perencanaan dan pengambilan keputusan.
7.      Pemecahan masalah.
8.      Penerapan prinsip dan teoritis dalam tata kerja yang sedang berlangsung.
Penelitian tindakan digunakan dalam rangka pendidikan pengajaran dengan tujuan-tujuan sebagai berikut:
1.      Untuk menanggulangi masalah/kesulitan dalam pendidikan dan pengajaran oleh guru.
2.      Untuk memberikan pedoman bagi guru/kepala sekolah untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu kinerja atau mengubah sistem kerjanya agar menjadi baik dan produktif.
3.      Untuk melaksanakan program pelatihan, terutama pelatihan dalam jabatan guru.
4.      Untuk memasukkan unsur-unsur pembaharuan dalam sistem pengajaran yang sedang berjalan dan sulit untuk ditembus oleh upaya pembaharuan pada umumnya.
5.      Untuk membangun dan meningkatkan mutu komunikasi dan interaksi antara praktisi (dalam hal ini guru) dengan para peneliti akademis.
6.      Untuk perbaikan suasana keseluruhan sistem.

B.     MANFAAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Manfaat PTK dapat dilihat dari 2 segi yaitu manfaat akademik dan manfaat praktis.
Ditinjau dari segi akademik, PTK bermanfaat untuk membantu guru menghasilkan pengetahuan yang sahih dan relevan bagi kelas mereka untuk memperbaiki pembelajaran dalam jangka pendek.
Kemanfaatan dari manfaat praktis yaitu komponen pembelajaran antara lain mencakup:
1.      Inovasi pembelajaran
2.      Pengembangan kurikulum di tingkat regional/nasional
3.      Peningkatan profesionalisme pendidikan.



No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive