A.
TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Penelitian yang menggunakan rancangan penelitian tindakan
kelas umumnya diarahkan pada pencapaian sasaran sebagai berikut:
1.
Memperhatikan dan meningkatkan
kualitas isi, masukan, proses dan hasil pembelajaran.
2.
Menumbuh-kembangkan budaya
meneliti tenaga kependidikan (guru) agar lebih proaktif mencari solusi terhadap
permasalahan pembelajaran.
3.
Menumbuhkan dan meningkatkan
produktivitas meneliti para tenaga kependidikan, khususnya mencari solusi
masalah-masalah pembelajaran.
4.
Meningkatkan kolaborasi antara
pendidik dan tenaga kependidikan dalam memecahkan masalah pembelajaran.
Beberapa jeis perilaku sasaran serta arah tujuan penelitian
tindakan itu antara lain dapat dikemukakan sebagai berikut:
1.
Unjuk kerja seseorang/kelompok
yang laman dan tidak efisien.
2.
Semangat kerja yang rendah karena
unsur-unsur pribadi yang bersifat manusiawi tidak berfungsi secara memadai.
3.
Deskripsi tugas yang kurang jelas.
4.
Organisasi kerja yang tidak
jelas/sudah tidak layak diterapkan karena telah terjadi perkembangan tertentu.
5.
Sentuhan pembaharuan.
6.
Perencanaan dan pengambilan
keputusan.
7.
Pemecahan masalah.
8.
Penerapan prinsip dan teoritis
dalam tata kerja yang sedang berlangsung.
Penelitian tindakan digunakan dalam rangka pendidikan
pengajaran dengan tujuan-tujuan sebagai berikut:
1.
Untuk menanggulangi
masalah/kesulitan dalam pendidikan dan pengajaran oleh guru.
2.
Untuk memberikan pedoman bagi guru/kepala
sekolah untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu kinerja atau mengubah sistem
kerjanya agar menjadi baik dan produktif.
3.
Untuk melaksanakan program
pelatihan, terutama pelatihan dalam jabatan guru.
4.
Untuk memasukkan unsur-unsur
pembaharuan dalam sistem pengajaran yang sedang berjalan dan sulit untuk
ditembus oleh upaya pembaharuan pada umumnya.
5.
Untuk membangun dan meningkatkan
mutu komunikasi dan interaksi antara praktisi (dalam hal ini guru) dengan para
peneliti akademis.
6.
Untuk perbaikan suasana keseluruhan
sistem.
B.
MANFAAT PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Manfaat PTK dapat dilihat dari 2 segi yaitu manfaat
akademik dan manfaat praktis.
Ditinjau dari segi akademik, PTK bermanfaat untuk membantu
guru menghasilkan pengetahuan yang sahih dan relevan bagi kelas mereka untuk
memperbaiki pembelajaran dalam jangka pendek.
Kemanfaatan dari manfaat praktis yaitu komponen
pembelajaran antara lain mencakup:
1.
Inovasi pembelajaran
2.
Pengembangan kurikulum di tingkat
regional/nasional
3.
Peningkatan profesionalisme
pendidikan.
No comments:
Post a Comment