Permainan kereta dorong atau bermain meniru kereta dorong
adalah permainan yang menurut kelompok kami adalah permainan yang inovasi dan
pernah kami laksanakan di TK kami mengajar.
Cara
pelaksanaan permainan:
1.
Tempat dan Waktu Bermain
- Tempat bermain: di halaman, lapangan berumput, atau ruang bermain.
- Waktu bermain: antara 10-20 menit.
2.
Jumlah Bermain
Bebas (sesuai dengan tempat bermain)
3.
Cara Bermain
- Permainan ini dimainkan secara berpasangan. Setiap pasang anak
menjadi satu karena dorong yang akan berlomba ke garis akhir.
- Buat garis start finish dengan jarak sektiar 6 meter.
- Suruh setiap pasangan anak membentuk kereta dorong dengan cara
sebagai berikut:
-
Masing-masing pasangan anak
berembuk untuk menentukan siapa yang akan menjadi kereta dorong lebih dahulu.
-
Anak yang terpilih mengambil
posisi merangkak (kedua tangan dan kaki bertumpu di tanah seperti hewan berkaki
empat).
-
Kemudian, pasangannya berdiri di
belakang temannya tersebut.
-
Dengan bantuan guru pasangannya
itu mengangkat kaki temannya yang sedang merangkak, seolah-olah pegangan kereta
dorong.
-
Bila semua pasangan anak telah
siap dengan kereta dorongnya masing-masing, guru memberi aba-aba.
-
Setelah mendengar aba-aba guru,
semua “kereta” dengan pendorongnya bergerak maju ke garis finish.
-
Setibanya di garis finish
masing-masing pasangan berganti peran, “kereta” menjadi pendorong, pendorong
menjadi “kereta”.
-
Yang lebih dahulu sampai di garis
start, tanpa melepaskan pegangan “kereta”nya adalah pemenangnya.
4.
Manfaat Permainan Kereta Dorong
Dapat mengembangkan aspek dan kemampuan:
- Moral dan nilai-nilai agama
-
Membedakan ciptaan Tuhan dan
manusia.
-
Menghargai teman dan tidak
memaksakan kehendak.
-
Membantu dan mendoakan teman.
- Sosial emosional
-
Mau bermain bersama
-
Menunjukkan ekspresi wajar saat
senang dan takut
-
Mengerti aturan main dalam bermain
bersama
-
Mengerti akibat jika melanggar
aturan
-
Dapat memecahkan masalah sederhana
-
Melatih kesabaran.
- Bahasa
-
Mengerti dan dapat melaksanakan
lebih dari 3 perintah
-
Memperkaya kosa kata
- Kognitif
-
Membedakan tinggi rendah,
besar-kecil
-
Mengukur panjang, dengan langkah
- Fisik
-
Berjalan maju dengan tangan,
sementara kedua kaki dipegang pada garis lurus.
No comments:
Post a Comment