RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VII (Ganjil)
Alokasi Waktu : 2x 2 x 40 menit (2 x pertemuan )
Standar Kompetensi
2. Mempraktikan jenis latihan kebugaran dalam
bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar
2.1 Mempraktikan
jenis latihan kekuatan dan daya tahan anggota badan bagian atas dengan sistem
sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung jawab
2.2 Mempraktikan
latihan kekuatan daya tahan anggota badan bagian bawah dengan sistem sirkuit
serta nilai disiplin dan tanggungjawab
Indikator
·
Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan anggota badan bagian atas
dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung
jawab
·
Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan anggota badan bagian bawah
dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung
jawab
·
Melakukan lomba latihan kekuatan dan daya tahan anggota
badan bagian atas dan bawah dengan peraturan yang dimodifikasi untuk
menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai disiplin dan tanggungjawab
A. Tujuan
Pembelajaran
a.
Siswa dapat
melakukan latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit dengan baik
b. Siswa dapat melakukan
latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki dengan
sistem sirkuit dengan baik
c.
Siswa dapat melakukan lomba latihan kekuatan dan daya tahan otot lengan,
dada dan bahu serta kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki dengan sistem
sirkuit menggunaskan peraturan yang dimodifikasi dengan baik
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi
Pembelajaran
Pengenbangan/Kebugaran
jasmani
·
Latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki, paha, lengan, bahu dan dada
·
Melakukan lomba latihan kekuatan dan daya tahan otot lengan, dada dan
bahu serta kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki dengan sistem sirkuit
menggunaskan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode
Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (Game)
5. Saling menilai sesama teman
(Resiprocal)
D. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a. Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan
motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan
pemanasan yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2. Kegiatan Inti
a. Latihan untuk kekuatan
dan daya tahan lengan, bahu dan dada dengan sistem sirkuit untuk menanamkan nilai tanggung
jawab dan disiplin, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
- Melakukan latihan untuk
kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada saling dorong dengan menempelkan
kedua telapak tangan (berpasangan)
- Melakukan latihan untuk
kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dan dada
dengan saling dorong pada bagian pundak (berpasangan)
- Melakukan latihan untuk
kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dengan bertumpu pada kedua lutut dan
telapak tangan ( berpasangan/
berkelompok)
- Melakukan latihan untuk
kekuatan dan daya tahan lengan, bahu dengan bertumpu pada kedua ujung telapak
kaki dan telapak tangan ( berpasangan /
berkelompok )
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
b) memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g) melakukan lomba sirkuit raining dengan menggunakan
komponen kebugaran serta dengan
peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, disiplin, sportif,
kejujuran, dan menghormati lawan.
Kegiatan Konfirmasi
a. Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b. Memberi
tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d. Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a. Apersepsi
- Berbaris mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan motivasi
kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan
pemanasan yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2. Kegiatan Inti
a. Latihan kekuatan dan daya
tahan otot kaki dan paha dengan sistem sirkuit untuk menanamkan nilai tanggung
jawab dan disiplin, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
- Melakukan latihan untuk
kekuatan dan daya tahan otot kaki dan paha dengan merendahkan dan meluruskan
kedua lutut (perorangan/berpasangan)
- Melakukan latihan untuk
kekuatan dan daya tahan otot kaki dan paha dengan naik turun box sambil
mengangkat bola (perorangan/berpasangan)
- Melakukan latihan untuk
kekuatan dan daya tahan otot kaki dan paha dengan naik turun bangku senam
satu-persatu dilanjutkan dengan dua kaki (perorangan/ berpasangan/ berkelompok)
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
b) memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g) melakukan perlombaan sirkuit training dengan komponen
kebugaran serta dengan peraturan yang
dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, disiplin, sportif, kejujuran, dan
menghormati lawan.
Kegiatan Konfirmasi
a. Mengoreksi
kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b. Memberi
tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d. Meluruskan
pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a. bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b. melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
c. memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman (Bangsal senam)
-
Buku teks
-
Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta : Erlangga
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan latihan kekuatan dan daya tahan, unsur-unsur yang dinilai adalah
kesempurnan gerak (penilaian Proses) dn kecepatan dan ketepatan melakukan
gerakan (penilaian produk/prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Awal
|
Gerakan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Kriteria Penilaian Produk/prestasi kekuatan dan
daya tahan
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... < 2.00 menit
|
... < 3.00 menit
|
100%
|
Sangat Baik
|
2.01 – 2.30 menit
|
3.01 – 3.30 menit
|
90%
|
Baik
|
2.31 – 3.00 menit
|
3.31 – 4.00 menit
|
80%
|
Cukup
|
3.01 – 3.30 menit
|
4.01 – 4.30 menit
|
70%
|
Kurang
|
... > 3.30 menit
|
... > 4.30 menit
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Dilakukan
selama siswa mengikuti pembelajaran Penjaskes. Unsur-unsur yang dinilai :
disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggung jawab, sportivitas, dan mematuhi
aturan.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Jujur
|
Kerjasama
|
T. Jwab
|
Sportif
|
Aturan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
-
Tes Pengetahuan (kognitif):
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No. 5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian
Kognitif= -------------------------------------
X 100 %
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Sebutkan bentuk latihan untuk meningkatkan dan kekuatan bagian atas ?
|
2
|
Sebutkan bentuk latihan untuk meningkatkan dan kekuatan bagian bawah ?
|
3
|
Jelaskan cara melakukan latihan
kekuatan !
|
4
|
Jelaskan cara melakukan latihan daya tahan !
|
5
|
Jelaskan cara melakukan latihan kekuatan dan daya tahan menggunakan
sirkuit !
|
2. Rekapitulasi Nilai
:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)
= ----------------------------------------------
Tiga
Aspek Penilian
Keterangan :
a. Sangat Baik = 91 – 100 %
b. Baik = 80 – 90 %
c.
Cukup = 70 – 79 %
d. Kurang = 60 – 69 %
e.
Kurang Sekali = Kurang dari 60%
No comments:
Post a Comment