Sunday, June 3, 2018

Rangkuman Materi Konsep Biologi

1)        Materi Konsep,

Ilmu Biologi
Biologi merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, biologi memiliki beberapa karakteristik layaknya syarat sebuah ilmu, diantara lain:
·      Harus memiliki objek kajian
     Contoh ilmu matematika memiliki objek kajian berupa angka-angka, ilmu kimia memiliki objek kajian berupa zat-zat beserta sifatnya. Bagaimana dengan objek kajian biologi? Biologi merupakan ilmu tentang makhluk hidup, sehingga objek kajiannya meruapakan segala sesuatu tentang makhluk hidup.
·      memiliki metode
·      bersifat sistematis
·      bersifat universal
·      bersifat objektif
·      bersifat analitis
·      bersifat verifikatif

Objek Kajian Biologi

Objek kajian biologi meliputi manusia, hewan, tumbuhan, serta mikroorganisme yang dapat dilihat dengan mata telanjang maupun dengan menggunakan bantuan alat, misalnya mikroskop. Biologi sebagai ilmu pengetahuan alam juga berkembang, sehingga objek
kajian ilmu biologi semakin banyak. Para ilmuwan tidak sanggup lagi mempelajari secara mendalam seluruh kajian biologi sebagai satu objek studi yang akan dipelajari. Berdasarkan hal itu, maka ilmu biologi memiliki cabang ilmu spesifik dan objek kajian yang semakin khusus untuk memudahkan cara pembelajarannya, mengingat pada umumnya seseorang hanya mampu mendalami salah satu cabang ilmu. Ibarat pohon, ilmu biologi memiliki cabang-cabang seperti berikut.
Anatomi
Ilmu tentang bagian-bagian struktur tubuh dalam makhluk hidup
Agronomi
Ilmu tentang tanaman budidaya
Andrologi
Ilmu tentang macam hormon dankelainan reproduksi pria
Algologi
Ilmu tentang alga/ganggang
Botani
Ilmu tentang tumbuhan
Bakteriologi
Ilmu tentang bakteri
Biologi molekuler
Ilmu tentang kajian biologi pada tingkatmolekul
Bioteknologi
Ilmu tentang penggunaan penerapanproses biologi secara terpadu yang meliputi prosesbiokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia untuk bahanpangan dan peningkatan kesejahteraan manusia
Ekologi
Ilmu tentang hubungan timbal balikantara makhluk hidup dengan lingkungan
Embriologi
Ilmu tentang perkembangan embrio
Entomologi
Ilmu tentang serangga
Evolusi

Ilmu tentang perubahan struktur tubuhmakhluk hidup secara perlahan-lahan dalam waktu yanglama
Epidemiologi
Ilmu tentang penularan penyakit
Eugenetika
Ilmu tentang hukum pewarisan sifat
Endokrinologi
Ilmu tentang hormon
Enzimologi
lmu tentang enzim
Fisiologi
Ilmu tentang faal (fungsi kerja) organtubuh
Fisioterapi
Ilmu tentang pengobatan terhadappenderita yang mengalami kelumpuhan atau gangguanotot
Farmakologi
Ilmu tentang obat-obatan
Genetika
Ilmu tentang pewarisan sifat
Histologi
Ilmu tentang jaringan
Higiene
Ilmu tentang pemeliharaan kesehatanmakhluk hidup
Imunologi
Ilmu tentang sistem kekebalan (imun)tubuh
Ichtiologi
Ilmu tentang ikan
Karsinologi
Ilmu tentang crustacea
Limnologi
Ilmu tentang perairan mengalir
Mikrobiologi
Ilmu tentang mikroorganisme
Malakologi
Ilmu tentang moluska
Morfologi
Ilmu tentang bentuk atau ciri luarorganisme
Mikologi
Ilmu tentang jamur
Organologi
Ilmu tentang organ
Onthogeni

Ilmu tentang perkembangan makhlukhidup dari zigot menjadi dewasa
Ornitologi
Ilmu tentang burung
Phylogeni
Ilmu tentang perkembangan makhluk hidup
Patologi
Ilmu tentang penyakit dan pengaruhnyabagi manusia
Palaentologi
Ilmu tentang fosil
Parasitologi
Ilmu tentang makhluk parasit


Objek dan Ragam Permasalahan Biologi
Ciri-ciri makhluk hidup
Makhluk hidup sebenarnya mudah dibedakan dengan benda mati karena makhluk hidp memiliki beberapa ciri hidup. Ciri makhluk hidp antara lain dapat melakukan respirasi, memerlukan makanan dan minuman (nutrisi), melakukan metabolisme, melakukan transportasi zat, mengeluarkan zat sisa metabolisme (ekskresi), peka terhadap rangsang (iritabilitas), bergerak, tumbuh dan berkembang, beradaptasi dengan lingkungan, dan berkembang biak (reproduksi).
Objek Biologi pada Tingkat Organisasi Kehidupan
Untuk memudahkan dalam mempelajarinya, tema objek kajian biologi dipilah-pilah menurut tingkat organisasi kehidupan. Tingkat organisasi kehidupan secara berurutan mulai dari yang paling kecil hingga yang paling besar yaitu:
a.     molekul
Ilmu biologi tidak dapat berdiri sendiri, seperti ditemukannya alat mikroskop, termometer, sinar X, dan lain-lain yang bekerja berdasarkan prinsip Fisika. Seiring dengan perkembangan teknologi ini mikroskop juga telah mengalami kemajuan. Dengan mikroskop elektron kita dapat melihat objek dengan perbesaran sampai 1.000.000 kali.
Pada umumnya, tubuh organisme mengandung molekul yang tersusun dari atom karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dan nitrogen (N).
Jenis molekul yang di dalam tubuh organisme antara lain karbohidrat, lipid (lemak), protein, dan asam nukleat.
b.     sel
molekul organik membentuk organel sel, selanjutnya organel sel dengan fungsinya masing-masing membentuk sebuah sel. Sel merupakan satuan hidup terkecil dari makhluk hidup. Sel memiliki organel dengan fungsi tertentu, misalnya inti sel (nukleus) untuk mengatur metabolisme sel, mitokondria untuk respirasi sel, dan ribosom untuk sintesis protein.
c.     jaringan
Jaringan merupakan kumpulan sel yang memiliki bentuk sama dan melakukan fungsi tertentu. Contohnya jaringan epidermis, parenkim, palisade pada tumbuhan, serta jaringan lemak, tulang, darah, limfe, otot, saraf pada hewan.
d.     organ
Organ merupakan kumpulan beberapa macam jaringan yang melakukan fungsi tertentu. Contoh organ pada tumbuhan adalah buah, batang, bunga, dan. Contoh organ pada hewan adalah jantung, paru-patu, hati, dll.
e.     sistem organ
Sistem organ adalah beberapa organ yang melakukan fungsi tertentu. Misal sistem peredaran darah, sistem pencernaa, sistem koordinasi, dll.
f.      organisme
Organisme adalah makhluk hidup tunggal. Contohnya sebatang pohon kelapa, seekor semut, seorang manusia.
g.     populasi
adalah kumpulan individu sejenis (dari satu species) yang berinteraksi dalam suatu wilayah dan waktu tertentu. Misalnya sekumpulan badak di Ujung Kulon pada tahun 1999.
h.     komunitas
adalah kumpulan populasi dari berbagai species yang saling berinteraksi dan hidup di areal tertentu. Misalnya populasi padi, ular, serangga, burung di sawah.
i.       ekosistem
adalah tingkatan organisasi kehidupan yang mencakup organisme beserta faktor biotik dan abiotiknya yang saling mempengaruhi.
j.      bioma
adalah ekosistem terestrial yang umunya dipengaruhi iklim regional dan diklasifikasikan berdasarkan vegetasi dominan yang dapat beradaptasi dengan lingkungan tertentu.
k.                 biosfer
            adalah lapisan bumi yang di dalamnya terdapat kehidupan.

2)        Materi Prinsip

·      Biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup.
·      Makhluk hidup memiliki ciri-ciri hidup, antara lain melakukan respirasi, memerlukan makanan dan minuman (nutrisi), melakukan metabolisme, melakukan transportasi zat, mengeluarkan zat sisa metabolisme (ekskresi), peka terhadap rangsang (iritabilitas), bergerak, tumbuh dan berkembang, beradaptasi dengan lingkungan, dan berkembang biak (reproduksi).
·      Objek biologi dipilah menurut tingkatan dalam organisasi kehidupan, dimulai dari molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.
·      Ilmu biologi memiliki banyak cabang, misalnya morfologi, fisiologi, sitologi, genetika, sanitasi, ekologi, dll.

3)         Prosedur

Pemecahan permasalahan yang terkait dengan bidang ilmu biologi melalui pengamatan permasalahan dilingkungan sekitar





No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive