Salah satu isu yang menarik untuk dibahas adalah bagaimana
langkah-langkah praktis pelaksanaan penelitian tindakan kelas tersebut dapat
dijabarkan. Oleh sebab itu tulisan ini akan berfokus pada kegiatan-kegiatan
pokok, seperti:
1.
Perencanaan
2.
Pelaksanaan tindakan
3.
Pengamatan
4.
Refleksi
Kegiatan-kegiatan
ini disebut dengan satu siklus kegiatan pemecahan masalah. Bila satu siklus
belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan (peningkatan mutu). Kegiatan riset
dilanjutkan pada siklus kedua, dan seterusnya sampai peneliti merasa puas.
A.
PERENCANAAN TINDAKAN
1.
Identifikasi masalah
2.
Perumusan masalah, dan analisis
penyebab masalah, dan
3.
Pengembangan intervensi (action/solution)
B.
PELAKSANAAN TINDAKAN
Pelaksanaan tindakan (action/intervention)
tersebut kemudian dilaksanakan peneliti untuk mengatasi masalah. Langkah-langkah
praktis tindakan diuraikan. Apa yang pertama dilakukan? Bagaimana organisasi
kelas? Siapa yang perlu menjadi kolaborator? Siapa yang mengambil data? Pada
saat pelaksanaan ini (acting), guru harus mengambil peran dalam pemberdayaan
siswa sehingga mereka menjadi agen of change bagi diri dan kelas.
C.
OBSERVASI
Observing adalah kegiatan pengamatan (pengambilan data)
untuk memotret sejauh mana efek tindakan telah mencapai sasaran.
Untuk mendapatkan data yang baik perlu disusun suatu
instrumen yang baik (artinya instrumen yang valid dan reliabel). Reliabilitas
menyangkut akurasi dan konsistensi alat pengumpul data. Seorang guru ingin
melihat urut-urutan kegiatan belajar kelompok yang sedang dicobakan dalam kelas
untuk meningkatkan minat dan motivasi serta aktivitas belajar siswa. Sumber
data yang baik adalah data yang diambil dari sumber yang tepat dan akurat.
D.
REFLEKSI
Tahapan
sesudah pengumpulan data adalah analisis data.
Dalam
pelaksanaan penelitian tindakan kelas ada 2:
1.
Data Kuantitatif
2.
Data Kualitatif
Peneliti tindakan kelas pada umumnya melakukan proses
koding untuk mengorganisir data.
Tahapan
umum proses koding adalah sebagai berikut:
1.
Membuat matrik dari data yang
terkumpul.
2.
Memberi kode untuk masing-masing
sel.
3.
Membaca data menyeluruh.
4.
Kekompakan masing-masing
pernyataan tersebut.
5.
Kaitkan antara sel.
6.
Menyusun/membuat interpretasi.
7.
Deskripsikan secara jelas atas
dasar data dalam matrik.
No comments:
Post a Comment