Sunday, June 3, 2018

Rangkuman Materi PROTISTA MIRIP TUMBUHAN (Alga)


PROTISTA MIRIP TUMBUHAN (Alga)

Ilmu yang mempelajari alga disebut fikologi. Alga biasanya berupa fitoplankton yang hidup melayang didalam air, ada pula yang hidup di dasar perairan. Beberapa jenis alga dapat bersimbiosis dengan organisme lain. Misalnya, Chlorella sp. hidup bersama Paramecium, Hydra  atau Mollusca , alga Platymonas sp. hidup bersama cacing pipih Convoluta roscoffensis. Alga ada yang uniseluler, ada juga multiseluler yang membentuk koloni berupa filamen atau lembaran. Alga uniseluler ada yang dapat bergerak atas kekuatan sendiri (motil) dan ada yang tidak dapat bergerak (nonmotil).
1.       Reproduksi Alga
Alga bereproduksi secara aseksual dan seksual. Secara aseksual terjadi melalui pembelahan biner, fragmentasi, pembentukan zoospora. Reproduksi secara seksual terjadi melalui isogami, anisogami dan oogami
a.       Reproduksi aseksual

·                Pembelahan biner. Pembelahan biner terjadi pada alga uniseluler contoh  Chlorella sp. pada pembelahan biner, sel induk membelah menjadi dua bagian yang sama kemudian tumbuh menjadi alga baru.
·                Fragmentasi. Fragmentasi terjadi pada alga multiseluler berbentuk filamen dan talus. Fragmentasi adalah terpecah – pecahnya koloni menjadi beberapa bagian.
·                Pembentukan zoospora. Zoospora merupakan sel tunggal yang diselubungi oleh selaput dan dapat bergerak berenang bebas dengan flagel. Setiap zoospora merupakan calon individu baru.

b.       Reproduksi seksual


Reproduksi seksual terjadi peleburan dua gamet yang menghasilkan zigot  kemudian tumbuh menjadi individu baru. Terdapat dua tipe reproduksi seksual yaitu isogami dan oogami.Pada tipe isogami, gamet jantan dan gamet betina berukuran sama dan umumnya dapat bergerak. Jika zigot hasil peleburan mengalami dormansi, maka disebut zigospora. Pada tipe oogami, ukuran gamet jantan berbeda dengan gamet betina. Gamet betina berukuran besar dan tidak bergerak, sedang gamet jantan berukuran kecil dan bergerak. Jika zigot yang terbentuk tidak berkecambah tetapi mengalami dormansi, maka disebut oospora.


2.       Klasifikasi Alga
Pengelompokan Alga berdasarkan dominansi pigmennya dibedakan menjadi alga coklat, alga merah, alga keemasan, diatom dan alga hijau.
Manfaat alga bagi manusia :
·         Chlorella, sebagai sumber makanan suplemen bergizi tinggi
·         Ulva, Caulerpa dan Enteromorpha, sebagai sumber makanan berupa sayur.
·         Ganggang merah Eucheuma dan Gelidium, sebagai penghasil gelatin yang digunakan untuk pembuatan agar – agar dan untuk campuran pembuatan kue kering.
·         Diatom, digunakan sebagai bahan peledak, campuran semen, bahan penggosok, bahan isolasi, dan pembuatan saringan.
·         Alga coklat Laminaria lavaniea, sebagai pupuk pertanian dan makanan ternak di daerah pesisir karena mengandung kalium. Laminaria digitalis, sebagai penghasil yodium untuk obat penyakit gondok. Macrocystis dan Laminaria, sebagai penghasil asam alginat yang digunakan untuk bahan pengental pada industri makanan misalnya pembuatan es krim. 



No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive