Friday, May 18, 2018


 Gambar merupakan alat visual yang penting dan mudah didapat. Penting sebab memberi penggambaran visual yang konkrit tentang masalah yang digambarkannya. Gambar telah lama digunakan sebagai alat dan media pada proses belajar mengajar dan digunakan terus dengan efektif dan mudah. Amir Hamzah Sulaiman mengatakan bahwa : "gambar membuat orang dapat menangkap ide atau informasi yang terkandung di dalamnya dengan jelas, lebih jelas dari pada yang dapat diungkapkan oleh kata-kata, baik yang ditulis maupun yang diucapkan" (Sulaiman, 1985 :17). Oleh karena itu, gambar sebagai media pendidikan akan berhasil dengan efektif apabila disesuaikan dengan faktor kematangan anak, tujuan yang akan dicapai, dan teknik penggunaan dalam situasi belajar.
Seorang guru harus bisa menjelaskan serta mengarahkan terhadap setiap pertanyaan yang timbul dari dalam pikiran siswa yang sedang atau telah melihat/menyimak gambar. Sehingga siswa mendapatkan jawaban atau mengerti dengan jelas gambar yang disajikan seorang guru, berikut makna dari gambar tersebut. Selain itu, gambar harus dapat merangsang partisipasi siswa supaya ia senang berbicara mengenai gambar, sehingga dapat melahirkan sebuah cerita yang menarik.
Diantara media-media pendidikan, gambar adalah media yang paling umum dipakai. Seperti yang dikemukakan oleh Sadiman, bahwa : "gambar merupakan bahasa yang umum yang dapat dimengerti dan dinikmati di mana-mana" (Sadiman, 1986 :29). Oleh karena itu, ada pepatah Cina yang mengatakan bahwa "sebuah gambar berbicara lebih banyak" dari pada seribu kata.
Beberapa kelebihan media gambar dikemukakan oleh Arief S. Sadiman diantaranya :
a.    Sifatnya konkrit. Gambar lebih realitas menunjukkan pokok masalah dibanding dengan media verbal semata.
b.    Gambar dapat mengatasai batas ruang dan waktu.
c.    Murah harganya, gampang didapat, serta dapat digunakan (Sadiman, 1986 :29).
Sulaiman menambahkan kelebihan-kelebihan gambar sebagai berikut "penggunaan gambar merupakan hal yang wajar dalam proses belajar tanpa memberi kesan ‘show’ seperti sering dituduhkan kepada penggunaan slide atau film’ (Sadiman, 1986 :29).
Untuk melatih berpikir secara teratur, berikut ini akan penulis kemukakan pendapat-pendapat dari beberapa ahli. Menurut Crijns dan Resosiswojo, "Latihan yang baik sekali untuk membentuk pikiran dengan teratur ialah umpamanya kita suruh anak-anak itu bercerita dengan pertolongan tiga atau empat gambar di papan tulis, yang menggambarkan tingkat atau bagian yang penting dari suatu cerita sederhana" (Crijns dan Reksosiswojo, tanpa tahun :79).
Menurut pendapat lain, yang dikemukanan oleh H.G. Tarigan dan Djago Tarigan bahwa "gambar yang kelihatan diam yang sebenarnya banyak berkata bagi mereka (siswa) yang penuh imajinasi" (Tarigan dan Tarigan, 1987 : 209).
Gambar adalah salah satu dari sekian banyak media pendidikan yang ada dan dengan gambar, seorang siswa dapat menangkap ide atau informasi yang terkandung di dalamnya dengan lebih jelas daripada yang dapat diungkapkan oleh kata-kata, baik secara lisan maupun tulisan. Juga, gambar merupakan media yang praktis, mudah didapat, dan gampang dimengerti, serta murah harganya, tetapi gambar lebih realis menunjukkan pokok masalah dibanding dengan media lainnya.

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive