Thursday, May 31, 2018

MODEL PEMBELAJARAN DISIPLIN ILMU SEJARAH PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR



MASALAH :
A.    Bagaimana Hakekat Pembelajaran Sejarah ?
B.     Bagaimana Model Pembelajaran Sejarah ?

ISI :

A.    HAKEKAT PEMBELAJARAN SEJARAH


Manusia adalah makhluk sosial yang hidup dalam kelompok masyarakat yang saling berinteraksi satu sama lain. Semua peristiwa mewarnai perjalanan hidup umat manusia di dunia. Menurut para ahli tiga pengertian sejarah yakni :
a.      Sejarah sebagai peristiwa
b.      Sejarah sebagai cerita
c.      Sejarah sebagai Ilmu

      a. Sejarah sebagai peristiwa
          Sesuatu yang terjadi pada masyarakat di masa lampau.
      b. Sejarah sebagai cerita
          Hasil rekonstruksi sejarawan berdasarkan fakta-fakta sejarah 
         yang dimilikinya.
      c. Sejarah sebagai Ilmu
          merupakan kumpulan fakta, rekonstruksi terhadap peristiwa,
 sebab akibat dan berbagai masalah yang berhubungan
 dengan keilmuan.

B.     MODEL PEMBELAJARAN ILMU SEJARAH


Ada beberapa model pembelajaran diantaranya :
a.      MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL ( KLASIKAL LEARNING )
Model pembelajaran sehari-hari dimana dalam satu kelas dengan jumlah siswa antara 30 – 40 orang anak dengan kemampuan yang berbeda, dengan kondisi seperti ini guru sulit memperhatikan siswa satu per satu, sehingga ada kesan bahwa “semua kegiatan pembelajaran sepenuhnya di tangan guru”. Oleh sebab itu ada beberapa kelemahan antara lain :
-         Guru mengajar sangat cepat
-         Guru mengajar bertele-tele
-         Guru sulit melihat minat belajar siswa

b.      MODEL PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (INDIVIDUAL LEARNING)
Model pembelajaran ini memberikan kesempatan pada siswa untuk menentukan tempat, waktu dan kapan dirinya siap menempuh ujian (ulangan).
Model pembelajaran ini mempunyai ciri :
-         Siswa belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing
-         Siswa belajar secara tuntas
-         Setiap unit yang dipelajari memuat tujuan pembelajaran khusus
-         Keberhasilan siswa diukur berdasarkan sistim nilai mutlak


c.      MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK
( KOOPERATIF LEARNING )
-         Ruang kelas merupakan tempat yang sangat baik bagi siswa untuk menyelesaikan masalah bersama.
-         Dalam kelompok kecil para siswa diberi kesempatan untuk mendiskusikan masalah, menentukan strategi pemecahannya dan menghubungkan masalah satu dengan yang lain yang telah diselesaikan. Dengan demikian pembelajaran ini dapat melatih siswa untuk mendengarkan pendapat orang lain dan merangkum temuan dalam bentuk tulisan.

d.      MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA
Sumber belajar tidak harus guru, tetapi orang lain seperti teman dari kakak kelas dapat dijadikan sumber belajar.
Tutor sebaya dapat menghilangkan kecanggungan. Teman sebaya lebih dipahami, dengan teman sebaya tidak merasa enggan untuk bertanya, Dengan demikian model pembelajaran ini memberikan kesempatan untuk mendapatkan perannya yaitu bergaul dengan orang lain bahkan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman.

KESIMPULAN


Guru harus dapat memilih Model Pembelajaran yang tepat disesuaikan dengan situasi, kondisi serta kebutuhan siswa dalam pembelajaran.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive