RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas/Semester : X/1
Mata
Pelajaran : Matematika
Peminatan : Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam
Materi
Pokok : Grafik Fungsi
Eksponensial dan Logaritma
Alokasi
Waktu : 18 x 45 menit (6 kali
pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar
Pertemuan
|
Kompetensi
Dasar
|
|
1
|
3.1 Mendeskripsikan
dan menganalisis berbagai konsep dan prinsip fungsi eksponensial dan
logaritma serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
|
|
2-5
|
3.2 Menganalisis data
sifat-sifat grafik
fungsi eksponensial
dan logaritma dari suatu
permasalahan dan
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
4.1 Menyajikan grafik fungsi eksponensial
dan logaritma
dalam memecahkan
masalah nyata terkait pertumbuhan dan
peluruhan.
4.2 Mengolah data
dan menganalisis menggunakan
variabel dan menemukan relasi
berupa fungsi
eksponensial dan logaritma dari
situasi masalah nyata serta menyelesaikannya.
|
6
|
Ulangan Harian
|
|
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menjelaskan pengertian fungsi eksponensial
2.
Menjelaskan pengertian fungsi logaritma
3.
Menggambar grafik fungsi eksponensial
4. Menggambar
grafik fungsi logaritma
5. Mengidentifikasi
sifat-sifat fungsi eksponensial dari sutau grafik
6. Mengidentifikasi
sifat-sifat fungsi logaritma dari suatu grafik
7. Menyelesaikan
masalah nyata dengan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponensial dan fungsi
logaritma
D. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan
I:
Melalui
proses pengamatan, bertanya, bernalar, dan diskusi peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian fungsi eksponensial
2.
Menjelaskan pengertian fungsi logaritma
3.
Menunjukkan ketelitian, mandiri, dan tanggung
jawab
4.
Menunjukkan kerjasama dan komunikasi dalam kerja
kelompok
Pertemuan II:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
5.
Menggambar grafik fungsi eksponensial
Pertemuan III:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan peserta didik dapat:
6. Menggambar
grafik fungsi logaritma
Pertemuan IV:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan peserta didik dapat:
7. Mengidentifikasi
sifat-sifat dari grafik fungsi eksponensial
8. Mengidentifikasi
sifat-sifat dari grafik fungsi logaritma
Pertemuan V:
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan
mengomunikasikan peserta didik dapat:
9. Menyelesaikan
masalah nyata dengan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponensial dan fungsi
logaritma
Pertemuan VI:
Ulangan
E. Materi Pembelajaran
Fakta
1.
Masalah
kontekstual yg berkaitan dengan eksponen dan logaritma (pertumbuhan dan
peluruhan) seperti soal-soal Ujian Nasional yang setiap tahun selalu keluar
atau soal-soal masuk Perguruan tinggi, dll
2.
Grafik Fungsi eksponensial
3.
Grafik Fungsi Logaritma
Konsep
1.
Sifat-sifat
fungsi eksponensial
2.
Sifat-sifat
fungsi logaritma
Prinsip
1. Fungsi y =a(bcx), Jika c> 0 maka kecenderungannya disebut pertumbuhan eksponensial
2.
Fungsi y
=a(bcx), Jika c< 0 maka kecenderungannya disebut peluruhan
eksponensial
Prosedur
1.
Langkah-langkah
menggambar grafik fungsi eksponensial dan logaritma
2.
Langkah-langkah
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan sifat-sifat fungsi eksponensial
dan fungsi logaritma
F. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran : inquiry
3.
Metode : Ceramah, diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan
G. Alat/Media/Bahan
1.
Alat/media : Model grafik fungsi
2.
Bahan ajar : Buku Matematika
pegangan guru, Buku Matematika pegangan siswa
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2. Siswa menerima
informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang
memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3. Siswa menerima informasi
tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran serta metode yang akan
dilaksanakan
4. Melaksanakan pre tes tentang eksponensial dan
logaritma
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Mengamati dan mencermati gambar
dalam kehidupan nyata seperti mainan pperosotan, atap rumah gadang, dll
secara berkelompok (yang disiapkan)
2. Siswa memperhatikan karakteristik gambar yang disajikan.
Menanya
Siswa mendiskusikan tentang karakteristik gambar
yang diamati.
Menalar
§
Siswa
mencari contoh lain permasalahan nyata yang berkaitan dengan fungsi
eksponensial dan fungsi logaritma
§
Siswa
membandingan karakteristik gambar dan permasalahan kehidupan nyata
Mencoba
1. Setiap kelompok
mendeskripsikan pengertian tentang fungsi eksponensial
2. Setiap kelompok
mendeskripsikan pengertian tentang fungsi logaritma
Mengasosiasi
1. Siswa menghubungkan
antara pengertian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma dari masing-masing
kelompok.
2. Siswa menyimpulkan
pengertian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma
3. Guru
membimbing/menilai kemampuan siswa dalam melakukan aktifitas dan merumuskan kesimpulan
Mengomunikasikan
1. Siswa menyampaikan kesimpulan
tentang pengertian fungsi ekponensial
2. Siswa menyampaikan kesimpulan
tentang pengertian fungsi logaritma
3. Guru memberi
penguatan terhadap kesimpulan yang disampaikan siswa
4. Guru menilai
kemampuan siswa berkomunikasi lisan
|
30 menit
15 menit
10 menit
10 menit
20 menit
15 menit
|
Penutup
|
1. Siswa menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
2. Siswa merefleksi
penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan
materi.
3. Siswa melakukan
evaluasi pembelajaran.
4. Siswa saling
memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5. Guru memberikan
tugas mandiri sebagai
pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan
dengan fungsi eksponen dan logaritma
6. Melaksanakan
postes
7. Siswa mendengarkan
arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
I.
Penilaian
1. Penilaian
proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Ketelitian
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
(terlampir)
|
Hasil penilaian nomor 1
dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PPKn
|
2.
|
Kejujuran
|
||||
3.
|
Kedisiplinan
|
||||
4.
|
Kemandirian
|
||||
5.
|
Rasa ingin tahu
|
||||
6.
|
Tanggung jawab
|
2. Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian fungsi eksponensial
|
Tes lisan
|
Penugasan
|
Berdasarkan pengertian fungsi eksponensial,
carilah satu permasalahan nyata yang dapat digambarkan sebagai fungsi
eksponensial
|
Siswa dapat menjelaskan
pengertian fungsi logararitma
|
Tes lisan
|
Penugasan
|
Berdasarkan pengertian fungsi eksponensial, carilah satu permasalahan
nyata yang dapat digambarkan sebagai fungsi logaritma
|
Pedoman Penskoran
1. Soal nomor 1
Tahapan
|
Skor
max
|
Permasalahan
yang ditunjukkan adalah permasalahan sehari-hari
Permasalahan
tersebut sesuai dengan pengertian fungsi eksponensial
|
1
3
|
SKOR
MAKSIMAL
|
4
|
2. Soal nomor 2
Tahapan
|
Skor
max
|
Permasalahan
yang ditunjukkan adalah permasalahan sehari-hari
Permasalahan
tersebut sesuai dengan pengertian fingsi logaritma
|
1
3
|
|
4
|
J.
Sumber
Belajar
1. Buku
Matematika pegangan siswa Kemendikbud Tahun
2013
2. Buku
Matematika pegangan guru Kemendikbud Tahun
2013
No comments:
Post a Comment