A. Penilaian kegiatan di KB
dan TPA
1. Evaluasi atau penilaian adalah
proses yang dilakukan secara sistematik meliputi pengumpulan, penganlisisan,
penafsiran, pemberian keputusan tentang data atau informasi yang dikumpulkan.
2. Penilaian kegiatan di KB dan TPA
merupakan proses evaluasi yang dilakukan mulai dari merencankan, melaksanakan
dan menilai kegiatan (input, proses dan output).
3. Aspek yang dievaluasi mencakup aspek perkembangan anak dan kegiatan
belajar mengajar.
4. Penilaian dan evaluasi pada modul ini digunakan dengan maksud dan arti
yang sama.
5. Prinsip-prinsip penilaian terdiri dari
keterpaduan, komprehensif, berkesinambungan, objektivitas, relevansi,
keteraturan, vali, mendidik, berorientasi pada perkembangan anak, terbuka dan
bermakna.
6. Bentuk-bentuk penilaian bergantung
pada teknik penilaian yang digunakan.
7. Teknik penilaian terdiri dari dua,
yaitu teknik tes dan teknik nontes.
Teknik tes terdiri dari ters
tertulis, tes lisan dan tes perbuatan, sedangkan teknik nontes terdiri dari
teknik observasi, wawancara, angket, dokumentasi, portofolio dan sosiometri.
8. Penilaian yang digunakan di
kelompok bermain dan temapt penitipan anak lebih banyak bersifat naratif
(kualitatif) daripada perhitungan secara kuantitatif. Teknik yang lebih banyak
digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan portofolio.
Masing-masing teknik memiliki ciri-ciri dan langkah-langkah penggunaan.
B. Prosedur penilaian Circle Time berdasarkan BCCT dan berbasis sebtra di KB dan TPA
1. Langkah-langkah menyusun
penilaian secara detail adalah
a. Menyiapkan
pedoman atau instrumen penilaian
b. Menyiapkan
format penilaian,
c. Menyiapkan
alat perekam data seperti alat tulis, buku catatan, tape recorder, kamera, handycam,
d. Melakukan
pengamatan secara mendalam,
e. Mencatat
atau merekam semua kejadian,
f. Mengecek
data dari berbagai sumber,
g. Merekapitulasi
data,
h. Menganalisis
dan menafsirkan data,
i. Mengambil
keputusan,
j. Melaporkan
penilaian.
2. Langkah melakukan asesmen
atau penilaian perkembangan anak adalah
a. Langkah
umum terdiri dari review referral
information, memeriksa data yang berkaitan dengan anak; mendapat hasil yang
relevan tentang semua kondisi anak; menggali perilaku yang berhubungan dengan
masalah anak; melakukan observasi terhadap anak dalam berbagai setting;
mempersiapkan standar tes yang sesuai dengan usia anak; menginterprestasi hasil
tes,
b. Langkah
khusus terdiri dari merencanakan asesmen perkembangan dalam lesson plan, melakukan perekaman data
melalui berbagai teknik (proses sama dengan kegiatan belajar mengajar), merekap
semua data berdasarkan hasil perekaman data (proses sama dengan kegiatan
belajar mengajar) menganalisis, menafsirkan, dan menyimpulkan semua data
(proses sama dengan kegiatan belajar mengajar).
3. Bentuk
penilaian yang termasuk dalam teknik observasi adalah Daftar Nama (Class List Log), Jurnal Refleksi (Reflective Journal), Catatan Anekdot (Anecdotal Recording), Ceklist (Checklist), Perhitungan frekuensi (Frekuensi Count), Wawancara atau interview
(Conversations or Interviews),
Pencatatan waktu (Time Sample), Skala
Penilaian (Rating Scale), Hasil Karya
(Work Sample), Teknologi (Technology), Laporan kekerasan pada
anak-anak (Child abuse reporting),
Program Asesmen
4. Tujuan melakukan penilaian adalah
untuk membantu atau mengetahui perkembangan anak secara umum dalam pengasuhan,
berpikir, dan tingkat kepercayaannya. Perencanaan ini dapat berjalan sukses mencapai
tujuan apabila dilakukan atau didukung oleh pengukuran kemajuan, lingkungan
atau kurikulum untuk membantu perkembangan anak secara individual, dokumentasi
perkembangan anak dan berbagi dengan keluarga.
5. Penilaian kegiatan di KB dan TPA
mencakup penilaian atau asesmen perkembangan anak, yaitu aspek kognitif,
bahasa, sosioemosional, dan psikomotorik; dan kegiatan belajar mengajar
mencakup tujuan atau kemampuan, materi, metode, media, kegiatan belajar
mengajar dan evaluasi.
No comments:
Post a Comment