RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/Dua
Peminatan : MIA
Materi Pokok : Elastisitas dan Gaya Pegas
Alokasi Waktu : 4 x 3 JP
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya
1.2
Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur
karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
3.6 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan
sehari hari
Indikator:
·
Menjelaskan
karakteristik benda elastis dan tidak elastis
·
Menentukan tegangan,
regangan, dan modulus elastisitas
·
Menentukan konstanta
pegas melalui percobaan Hukum Hooke
·
Menyimpulkan
percobaan Hukum Hooke
·
Menentukan konstanta
pegas susunan seri dan susunan paralel
·
Menyimpulkan
percobaan susunan seri dan susunan paralel pegas
4.6 Mengolah dan menganalisis hasil percobaan tentang sifat elastisitas
suatu bahan
Indikator:
·
Melakukan percobaan
Hukum Hooke
·
Mengolah dan
menyajikan data percobaan hukum Hooke
·
Menyajikan hasil
percobaan hukum Hooke
·
Melakukan percobaan
susunan seri dan paralel pegas
·
Mengolah dan
menyajikan data percobaan susunan seri dan paralel pegas
·
Menyajikan hasil
percobaan susunan seri dan paralel pegas
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan,
peserta didik dapat:
·
Menjelaskan
karakteristik benda elastis dan tidak elastis
·
Menentukan tegangan, regangan,
dan modulus elastisitas
·
Menentukan konstanta
pegas melalui percobaan Hukum Hooke
·
Menyimpulkan
percobaan Hukum Hooke
·
Menentukan konstanta
pegas susunan seri dan susunan paralel
·
Menyimpulkan
percobaan susunan seri dan susunan paralel pegas
·
Melakukan percobaan
Hukum Hooke
·
Mengolah dan
menyajikan data percobaan hukum Hooke
·
Menyajikan hasil
percobaan hukum Hooke
·
Melakukan percobaan
susunan seri dan paralel pegas
·
Mengolah dan
menyajikan data percobaan susunan seri dan paralel pegas
·
Menyajikan hasil percobaan
susunan seri dan paralel pegas
D. Materi Pembelajaran
·
FaktaBenda yang elastis: karet, pegas, kayu, besi, dan
lain-lain
·
Benda yang tidak
elastis: plastisin, pasir, dan lain-lain
Konsep
·
Pengertian
elastisitas
·
Tegangan, regangan,
dan modulus elastisitas
·
Konstanta pegas
Prinsip
·
Hukum Hooke
·
Susunan seri dan
paralel pegas
·
Energi potensial
pegas
Prosedur
·
Percobaan
Hukum Hooke
·
Percobaan Susunan Pegas
E. Metode Pembelajaran
·
Demonstrasi
·
Eksperimen
·
Diskusi kelompok
·
Tanya jawab
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
·
Media : cetak dan elektronik (internet)
·
Alat : karet, neraca
pegas, pegas, mistar,
statif, beban.
·
Sumber Belajar : buku pegangan
Fisika jilid 1, Buku Fisika Penunjang Aktifitas Peserta didik, mechanics 1 dan
2, dan hands out
G. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi hasil
kompetensi (KD) sebelumnya tentang gerak melingkar
·
Menjelaskan kaitan
elastisitas dengan hukum Newton (KD sebelumnya) dan gerak getaran (KD yang akan
datang)
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Bertanya dan
menagih secara lisan tugas baca mencari informasi tentang elastisitas melalui
berbagai sumber (buku, internet, atau modul)
·
Melaksanakan pretes
tentang karakteristik benda elastis
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Peserta didik
menyimak peragaan menarik pegas, karet, dan plastisin serta menjawab
pertanyaan sifat elastis dan sifat plastis
·
Guru
menilai keterampilan peserta didik mengamati
Menanya
·
Siwa mendiskusikan
sifat benda elastis, batas elastisitas, pengaruh gaya terhadap benda benda
elastis
Mencoba
·
Peserta didik
dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 4 orang
·
Peserta didik dalam
kelompok diminta untuk menarik dua karet berbeda jenis, kemudian
membandingkan kekuatannya, mana yang lebih kuat
·
Peserta didikmencermati
demonstrasi percobaan. Perwakilan kelompok mencatat hasil bacaan panjang
pegas/karet awal, pertambahan panjang, dan skala pegas.
·
Masing-masing
kelompok diberikan dua masalah yang dapat diselesaikan dengan hukum Hooke
·
Guru
menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai
menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data, serta
menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan
masalah
Mengasosiasi
·
Peserta didik
menyimpulkan hubungan antara perubahan panjang dengan besar gaya (skala pegas).
Kegiatan dilakukan untuk pegas lain yang berbeda
·
Masing-masing
kelompok berdiskusi menghitung konstanta pegas untuk kedua pegas/karet,
kemudian menyimpulkan kaitan antara kuat lemahnya karet/pegas dengan besar
kecilnya konstanta pegas
·
Guru
membimbing/menilai kemampuan peserta didik mengolah data dan merumuskan
kesimpulan
Mengomunikasikan
·
Perwakilan dari dua
kelompok menyampaikan hasil hitungan dan kesimpulan diskusi
·
Kelompok
mendiskusikan pemecahan masalah
·
Guru
menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta didik menyimpulkan karakteristik benda elastis dan hukum
Hooke
·
Memberikan tugas baca tentang modulus elastisitas dan susunan pegas
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi hasil
pretes dan postes pertemuan sebelumnya
·
Menagih dan
mengingatkan tugas baca
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Melaksanakan pretes
tentang modulus elastisitas dan susunan pegas
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati dan
Menanya
·
Dua orang peserta
didik dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca tentang
stress, strain, dan modulus elastisitas
Mencoba
·
Kelompok diminta
untuk mencoba menarik satu karet, kemudian menarik tiga karet yang disusun
seri,dan tiga karet yang disusun paralel.
·
Setiap kelompok
diberikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan elastisitas dan susunan
pegas
·
Kelompok
mendiskusikan pemecahan masalah modulus elastisitas dan susunan pegas
seri/parallel
·
Guru
menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan kemampuan menerapkan
konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah dan keterampilan mencoba instruksi
kerja
Mengasosiasi
·
Kelompok
mendiskusikan hasil kegiatan tentang hubungan antara susunan pegas dengan
kekuatan pegas yang dirasakan
·
Dengan fasilitasi
guru, peserta didik merumuskan konstanta pegas seri dan parallel
·
Guru
menilai keterampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
·
Perwakilan kelompok
memaparkan hasil diskusi pemecahan masalah
·
Guru
menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta didik menyimpulkan modulus elastisitas dan susunan pegas
·
Memberikan tugas baca lembar kerja praktik yang akan datang
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Pertemuan
Ketiga
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi hasil
pretes dan postes pertemuan sebelumnya
·
Menagih dan
mengingatkan tugas baca
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Peserta didik
membaca kembali lembar kerja praktik
Menanya
·
Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja
praktik yang perlu dikonfirmasi
Mencoba
·
Peserta didik
dibagi dalam kelompok, masing-masing terdiri dari 4 orang peserta didik
·
Peserta didik
bekerja dalam kelompok sesuai langkah kerja dalam lembar kerja untuk
mendapatkan data
·
Guru
menilai keterampilan menggunakan alat, mengolah, dan menyaji data, serta
kejujuran dan ketelitian dlam memperoleh data, serta kerjasama dalam kelompok
Mengasosiasi
·
Kelompok
mendiskusikan penyajian dan pengolahan data serta menyiapkan bahan presentasi
kelompok
·
Guru
menilai kerjasama dan tanggungjawab peserta didik dalam kerja kelompok
Mengomunikasikan
·
Dua perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok
·
Guru menanggapi
hasil presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan/atau mengklarifikasi
miskonsepsi
·
Setiap peserta
didik menyiapkan laporan hasil praktikum dengan perbaikan dan penyempurnaan
berdasarkan hasil diskusi
·
Peserta didik
menyerahkan laporan praktikum melalui email, sedangkan laporan cetaknya
dikumpulkan tiga hari kemudian.
·
Guru
menilai keeterampilan menyaji dan menalar, serta kesantuan dan kemampuan
berkomunikasi
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta didik menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan
pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh,
menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama,
kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
·
Memberikan tugas presentasi penerapan elastisitas dalam kehidupan dan
teknologi dan persiapan mengikuti tes tertulis (Ulangan harian) pada
pertemuan yang akan datang
|
15 menit
|
Pertemuan
Keempat
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi hasil
laporan praktik yang sudah terkumpul
·
Menagih dan
mengingatkan tugas baca
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran melalui presentasi
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengomunikasikan
·
Dua orang peserta
didik dari kelompok berbeda yang dipilih secara acak diminta untuk
mempresentasikan tugasnya
·
Peserta didik lain
dari kelompok berbeda bertanya dan menanggapi presentasi
·
Satu peserta didik
diminta menyampaikan refleksi pengalaman belajar tentang elastisitas
·
Guru
menilai kemampuan menyaji dan menalar, serta komunikasi
|
60 menit
|
Penutup
·
Peserta didik melaksanakan tes tertulis ulangan harian
·
Memberikan tugas baca untuk pertemuan berikutnya tentang fluida
|
55 menit
|
Penilaian
1.
Mekanisme dan
prosedur
Penilaian dilakukan
dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja
kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil
dilakukan melalui tes tertulis.
2.
Aspek dan Instrumen
penilaian
Instrumen observasi
menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok,
tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja
presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas
peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen laporan
praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas visual,
sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen tes
menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3.
Contoh Instrumen
(Terlampir)
No comments:
Post a Comment