Saturday, May 26, 2018

PENGELOLAAN SENTRA PEMBANGUNAN DI LEMBAGA PAUD



A. Sentra Balok
Bermain balok merupakan hal yang sangat penting bagi pemgembangan aspek-aspek perkembangan anak. Selain itu, melalui bermain balok anak dapat mengekspresikan imajinasinya yang bersifat abstrak menjadi sesuatu yang konkret dan mendapatkan pemahaman konsep-konsep penting dalam pemecahan masalah, matematika dan sebagainya. Ruang, bahan-bahan, serta penyimpanan balok perlu diatur sedemikian rupa sehingga mengesankan bahwa bermain balok merupakan hal yang penting. Selain itu juga akan memudahkan anak bermain serta memudahkan guru mengontrol, membantu dan mendorong anak bermain. Bermain balok juga mempunyai tahap-tahap perkembangan yang dapat digunakan oleh guru atau pendidik anak usia dini untuk menilai sejauh mana tingkat perkembangan anak dan bagaimana mendorong anak mencapai tahapan yang lebih tinggi. Anak memerlukan balok yang cukup dan memadai dari segi bentuk, ukuran, dan jumlahnya. Untuk meningkatkan imajinasi anak dalam bermain balok, sebelumnya kita dapat memberikan pijakan dengan berbagai cara. Pada saat bermain balok kita dapat membantu anak dengan bertanya dan bercakap-cakap tentang apa yang sedang dibangunnya. Setelah bermain balok selesai, kita dapat meminta nak membereskan balok dengan cara-cara yang membuat anak mau melakukannya.

B. Sentra Seni
Kegiatan seni merupakan hal yang sangat penting bagi pengembangan keterampilan seni anak. Kegiatan seni juga memberi sumbangan pada pengembangan aspek-aspek perkembangan anak lainnya. Melalui kegiatan seni di sentra seni anak dapat dengan bebas mengekspresikan imajinasinya dan menceritakan kepada guru apa yang telah dikerjakannya. Ruang, bahan-bahan, dan peralatan yang dibutuhkan anak hendaknya dapat dipenuhi dalam melakukan kegiatan seni agar anak dapat dengan bebas berkreasi dan berinisiatif membuat suatu karya seni. Pembuatan karya seni juga mempunyai tahap-tahap perkembangan yang dapat digunakan oleh guru atau pendidik anak usia dini untuk menilai sejauh mana tingkat perkembangan anak dan bagaimana mendorong anak mencapai tahapan yang lebih tinggi. Pada saat kita mengembangkan keterampilan seni anak, kita dapat mengembangkan aspek-aspek lainnya dalam perkembangan anak.



No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive