Agar supaya pemimpin berhasil dalam memimpin bawahannya pemimpin harus tahu cara memimpin bawahan dengan melaksanakan teknik-teknik memimpin yang baik yakni :
1. Memberikan Perintah
Memberikan perintah tidak asal memberi saja, tetapi dengan cara yang baik. Baik perintah lisan/tertulis memerlukan syarat-syarat tertentu.
Misalnya : dalam batas kewajaran, lengkap dan jelas
Cara memberi perintah yang baik antara lain :
a. Perintah harus jelas dan terang
b. Tegas
c. Gunakan suara yang baik
d. Ucapkan dengan ramah dan sopan
e. Jangan memberi perintah sekaligus banyak
f. Kurangi perintah negatif
g. Jangan memberi perintah saling bertentangan
2. Memberikan Teguran
Suatu teguran hendaknya berdasar dan dilakukan dengan cara yang obyektif. Cara yang perlu diperhatikan adalah :
a. Sebelum pemimpin memberi teguran, hendaknya mempunyai fakta/bukti/alasan
b. Dilakukan dengan cara langsung dan rahasia
c. Jangan gunakan keadaan marah untuk mendorong/memperbaiki tindakan
d. Bertindaklah terhadap ketidak taatan dengan tegas dan tepat
3. Memberikan Pujian/Penghargaan
Memberikan pujian/penghargaan kepada bawahan yang melakukan pekerjaan atau perbuatan yang baik adalah sesuatu yang penting di dalam kepemimpinan. Pemberian pujian/penghargaan merupakan kekutaan yang berpaedah bagi kedua belah pihak. Bagi yang dipuji paling tidak harus mempertahankan prestasinya, dan penghargaan dapat memberikan dorongan untuk bekerja lebih baik.
4. Memelihara sikap yang baik
Seorang pemimpin perlu memelihara sikap yang baik sebagai pimpinan. Sebaiknya peimpinan hendaknya bersikap :
a. jujur
b. adil
c. tulus hati
d. terus terang
e. ramah tamah
5. Menerima saran dari bawahan
seorang pemimpin yang baik harus bersedia menerima saran dari bawahan, paling tidak mau mendengarkan. Ia menyadari bahwa ide dari bawahan itu sangat diperlukan, dengan demikian ia tidak akan menyombongkan diri.
Untuk maksud ini diperlukan suasana yang dinamis, yakni diperlukan sumbangan ide dari bawahan.
Yang perlu dipertimbangkan adalah bila ide dari bawahan itu tidak diterima hendaknya bawahan diberitahu, demikian juga bila diterima.
6. Memperkuat rasa persatuan
Apabila suatu organisasi itu semakin berkembang, maka sangat dirasa perlu bagi seorang pimpinan untuk menyadari betapa pentingnya untuk memelihara persamaan satu, diantara pengikutnya/bawahan. Perasaan itu perlu ditimbulkan/dipelihara. Dengan demikian dapat memupuk pada pimpinan dan kesetiaan pada organisasi.
7. Mengenalkan anggota baru
Pada umumnya organisasi menerima anggota baru itu dengan pengetahuan yang sedikit mengenai keadaan yang sebenarnya daripada anggota baru itu, baik kesanggupan atau kemampuan. Seorang pegawai baru yang memasuki kelompok kerja misalnya merasa menceburkan diri dalam kelompok yang sifat-sifat anggota belum dikenal.
8. Menciptakan disiplin
Suatu organisasi memerlukan suatu peraturan. Peraturan merupakan suatu yang penting karena peraturan merupakan pengaturan dan pengontrolan dari sikap anggota masing-masing. Seorang pimpinan harus mampu menegakkan peraturan yang berlaku dan melakukan penindakan apabila peraturan itu dilanggar.
9. Memberantas desas-desus
Gangguan organisasi adalah adanya desas-desus. Bila desas-desus itu tidak benar, harus segera diberantas. sebab bila tidak akan mengganggu ketenangan dan dinamika organisasi. Pimpinan hendaknya mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan desas-desus itu, dan bila faktanya sudah lengkap baru jelaskan kepada pihak-pihak yang bersangkutan, mengenai duduk perkara yang sebenarnya.
Blog ini berisi tulisan yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti makalah, artikel, RPP, soal ulangan, puisi, cerita pendek (Cerpen) dan lain-lain. Materi dapat digunakan dari mulai pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai perguruan tinggi (seperti jurusan akuntansi, teknik, komputer, manajemen, kedokteran, filsafat, teologi,geografi, ekonomi, teknologi industri pertanian)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Simbol Bilangan atau Angka
a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...
-
Patukangan teh nyaeta anu boga pagawean atawa anu purah migawe hiji pagawean . Istilah dina bahasa sunda diantarana : Anjun : tukang ...
-
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Hari/Tgl : ...................................... Kelas/Semester ...
-
Berilah tanda silang ( x ) pada jawaban yang paling benar. 1.Di desamu ada gunung berapi , setiap saat bisa meletus,kita harus memiliki...
Blog Archive
-
▼
2018
(718)
-
▼
May
(258)
- Soal Ulangan IPA Kelas 6 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 5 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 4 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 2 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 3 SD
- Soal Ulangan PLH Kelas 4 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 6
- Soal Ulangan IPA KElas 3
- Soal ulangan IPA Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Matematika Kelas 3
- Soal Ulangan PKN Kelas 3 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Bahasa Indonesia kelas 3 SD
- Soal Ulangan SBK Kelas 3 SD
- Soal Ulangan SBK Kelas 1 SD
- Soal Ulangan SBK Kelas 2 SD
- Soal Ulangan bahasa Indonesia Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 1
- Soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Bahasa Sunda Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Bahasa Sunda Kelas 3
- Soal Bahasa Sunda Kelas 1 SD
- Soal Ulangan Bahasa Inggris Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Bahasa Ingris Kelas 2
- Soal Ulangan Bahasa Inggris Kelas 1 SD
- Soal Ulangan kelas 1 SD PJOK
- Soal Ulangan Kelas 3 PJOK
- Soal PJOK Kelas 2 SD
- Soal Ulangan PKN Kelas 3 SD
- Soal Ulangan PKN Kelas 1 SD
- Soal Ulangan PKN Kelas 2 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 1 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 2 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 3 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 3 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 1 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen kelas 5 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen kelas 4 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen Kelas 1 SD
- Soal Ulangan Matematika Kelas 2
- Soal Ulangan IPA Kelas IV
- Soal Ulangan IPS KElas VIII
- Soal Ulangan Bahasa Indoensia Kelas VII
- “PEPELING”
- MONUMEN PANCASILA SAKTI
- MODEL PEMBELAJARAN DISIPLIN ILMU SEJARAH PADA MATA...
- Makalah Ketahanan Nasional
- Makalah Kenakalan Remaja
- Nilai Pancasila yang terdapat pada kerajaan Singas...
- Makalah Analisis Biaya, Volume dan Laba
- Makalah Fungsi Linier Pada Biaya Produksi, Pendapa...
- Konsep dan Hakekat Kepribadian
- Konsep Dasar Perilaku
- Metode Konvensional Dalam Pembelajaran Matematika
- Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achiev...
- Skrining Atau Pemeriksaan Perkembangan Anak Menggu...
- Stimulasi dalam Tumbuh Kembang Anak Prasekolah
- Konsep Perkembangan Pada Anak
- Konsep Pertumbuhan Pada Anak
- LANGKAH KERJA PENGEMBANGAN DAN SISTEMATIKA KTSP
- PENGERTIAN KTSP, KONSEP DAN ACUAN PENGEMBANGAN KTSP
- Penerapan Pendekatan Kontekstual Di Kelas
- Alasan Pentingnya Peggunaan (CTL) Dalam Pembelajaran
- Makalah dalam Kepemimpinan Pendidikan
- Ulangan Matematika Kelas 4
- Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 4
- Ulangan PKN Kela 4
- Ulangan IPS Kelas 4
- Ulangan IPA Kelas 4
- Soal Ulangan bahasa Indonesia Kelas 5
- Soal Ulangan Bahasa Inggris Kelas 2
- Soal Ulangan IPS Kelas 2
- Soal Ulangan IPS Kelas 1
- Soal Ulangan PKN Kelas 5
- Soal Ulangan PKN Kelas 4
- Soal Ulangan PKN Kelas 2
- MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN PEMBELAJARAN IPS
- HIDUP INI INDAH
- AIDS, SEKS DAN REMAJA
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG KEL...
- PENILAIAN KEGIATAN DI KELOMPOK BERMAIN (KB) DAN TA...
- PENGELOLAAN SENTRA PEMBANGUNAN DI LEMBAGA PAUD
- PENGELOLAAN SENTRA MAIN PERAN DAN SENTRA SAINS DI ...
- PENGELOLAAN SENTRA PERSIAPAN DI KELOMPOK BERMAIN D...
- PENGELOLAAN KEGIATAN CIRCLE TIME BAGI PENGEMBANGAN...
- Dasar Legalitas PAUD di Indonesia
- Laporan Studi Kasus Observasi di TK
- Khasiat Madu
- Soal dan Jawaban SISTEM POLITIK INDONESIA
- Soal dan Jawaban Pemerintahan Daerah
- Makalah Manusia dan Kegelisahan
- Makalah Bahasa Sunda
- PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA DI TK
- Makalah Komunikasi Anak Usia Dini
- Makalah Bakat Anak Usia Dini
-
▼
May
(258)
No comments:
Post a Comment