Blog ini berisi tulisan yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti makalah, artikel, RPP, soal ulangan, puisi, cerita pendek (Cerpen) dan lain-lain. Materi dapat digunakan dari mulai pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai perguruan tinggi (seperti jurusan akuntansi, teknik, komputer, manajemen, kedokteran, filsafat, teologi,geografi, ekonomi, teknologi industri pertanian)
Saturday, May 19, 2018
Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Karakter Guru PAUD
Menjadi pendidik PAUD yang berkarakter merupakan hal yang penting. Karakter menunjukkan siapa kita sebenarnya dan menentukan bagaimana seseorang membuat keputusan.
Karakter juga menentukan sikap, perkataan, dan tindakan seseorang dimana hal-hal tersebut dapat membantu untuk mencapai kesuksesan. Pembentukan karakter individu pada umumnya melalui berbagai proses dimana banyak faktor yang berperan selama proses pembentukan karakter berlangsung. Karakter terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Kebajikan terdiri atas sejumlah nilai, moral, dan norma, seperti jujur, berani bertindak, dapat dipercaya, dan hormat kepada orang lain. Interaksi seseorang dengan orang lain menumbuhkan karakter masyarakat dan karakter bangsa.
V. Campbell dan R. Obligasi (1982) menyatakan ada beberapa faktor yang berpengaruh dalam pembentukan karakter seseorang :
1) Faktor keturunan
2) Pengalaman masa kanak-kanak
3) Pemodelan oleh orang dewasa atau orang yang lebih tua
4) Pengaruh lingkungan sebaya
5) Lingkungan fisik dan sosial
6) Subtansi materi di sekolah atau lembaga pendidikan lain
7) Media massa
Untuk mengembangkan karakter yang baik perlu ada suatu penentuan dan pendefinisian kualitas karakter yang akan ditanamkan sehingga dapat dimengerti oleh semua orang antara lain dengan memberikan ilustrasi-ilustrasi atau aktivitas.
Dalam proses pembentukan karakter yang baik perlu adanya kontrol internal dan kontrol sosial yang menuntut individu untuk memiliki karakter positif tertentu. Misalnya saja sebagai pendidik (guru) dalam suatu komunitas pendidikan, seperti PAUD, dibutuhkan karakter seperti jujur, perhatian, sabar, dan karakter positif lain sebab pendidik dalam komunitas pendidikan berperan sebagai teladan dan model bagi anak didiknya.
Selain pendefinisian yang jelas mengenai kualitas karakter yang diinginkan serta adanya kontrol internal dan kontrol sosial, dalam pembentukan karakter, khususnya karakter yang baik atau positif, diperlukan reinforcement atau penguatan dari luar (eksternal) melalui bentuk-bentuk penghargaan terhadap karakter baik yang ditunjukkan. Penghargaan yang ditunjukkan dapat berupa pujian atau hadiah (reward) tertentu. Seorang pimpinan dalam PAUD, misalnya, dapat memuji pendidik-pendidik PAUD yang mengajar di tempatnya atas karakter baik yang ditunjukkan seperti, “wah,saya perhatikan Ibu Yuni selalu tepat waktu datang ke sekolah. Bagus sekali itu. Pertahankan terus ya, Bu”. Pujian-pujian yang diberikan, terutama di depan publik, atau reward dalam bentuk lain walaupun sifatnya sederhana namun apabila diberikan terus-menerus akan membentuk pemahaman dan keyakinan pada individu mengenai karakter baik sehingga karakter tersebut akan terus dilakukan.
Karakter merupakan salah satu poin penting yang menentukan keberhasilan seseorang. Temuan dari Universitas Harvard, 85% dari sebab-sebab kesuksesan, pencapaian sasaran, promosi jabatan, dan lain-lain, adalah karena sikap-sikap seseorang. Hanya 15% disebabkan oleh keahlian atau kompetensi teknis yang dimilikinya. Oleh sebab itu, terkait upaya membangun karakter positif, khususnya karakter dalam diri pendidik, disusunlah 16 pilar pembangun karakter :
1) Kasih sayang
2) Penghargaan
3) Pemberian ruang untuk pengembangan diri
4) Kepercayaan
5) Kerja sama
6) Saling berbagi
7) Saling memotivasi
8) Saling mendengarkan
9) Saling berinteraksi secara positif
10) Saling menanamkan nilai-nilai moral
11) Saling mengingatkan dengan ketulusan hati
12) Saling menularkan antusiasme
13) Saling menggali potensi diri
14) Saling mengajari dengan kerendahan hati
15) Saling menginspirasi
16) Saling menghormati perbedaan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Simbol Bilangan atau Angka
a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...
-
Patukangan teh nyaeta anu boga pagawean atawa anu purah migawe hiji pagawean . Istilah dina bahasa sunda diantarana : Anjun : tukang ...
-
Mata Pelajaran : BAHASA SUNDA Hari/Tgl : ...................................... Kelas/Semeste...
-
PUTRI KANDITA Sakali waktu, di wilayah Pakwan (ayeuna Kota Bogor), Jawa Kulon, aya hiji raja anu namina Sri Baduga Maharaja atanapi ...
Blog Archive
-
▼
2018
(718)
-
▼
May
(258)
- Soal Ulangan IPA Kelas 6 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 5 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 4 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 2 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 3 SD
- Soal Ulangan PLH Kelas 4 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 6
- Soal Ulangan IPA KElas 3
- Soal ulangan IPA Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Matematika Kelas 3
- Soal Ulangan PKN Kelas 3 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Bahasa Indonesia kelas 3 SD
- Soal Ulangan SBK Kelas 3 SD
- Soal Ulangan SBK Kelas 1 SD
- Soal Ulangan SBK Kelas 2 SD
- Soal Ulangan bahasa Indonesia Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 1
- Soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Bahasa Sunda Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Bahasa Sunda Kelas 3
- Soal Bahasa Sunda Kelas 1 SD
- Soal Ulangan Bahasa Inggris Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Bahasa Ingris Kelas 2
- Soal Ulangan Bahasa Inggris Kelas 1 SD
- Soal Ulangan kelas 1 SD PJOK
- Soal Ulangan Kelas 3 PJOK
- Soal PJOK Kelas 2 SD
- Soal Ulangan PKN Kelas 3 SD
- Soal Ulangan PKN Kelas 1 SD
- Soal Ulangan PKN Kelas 2 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 1 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 2 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 3 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 3 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 1 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen kelas 5 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen kelas 4 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen Kelas 1 SD
- Soal Ulangan Matematika Kelas 2
- Soal Ulangan IPA Kelas IV
- Soal Ulangan IPS KElas VIII
- Soal Ulangan Bahasa Indoensia Kelas VII
- “PEPELING”
- MONUMEN PANCASILA SAKTI
- MODEL PEMBELAJARAN DISIPLIN ILMU SEJARAH PADA MATA...
- Makalah Ketahanan Nasional
- Makalah Kenakalan Remaja
- Nilai Pancasila yang terdapat pada kerajaan Singas...
- Makalah Analisis Biaya, Volume dan Laba
- Makalah Fungsi Linier Pada Biaya Produksi, Pendapa...
- Konsep dan Hakekat Kepribadian
- Konsep Dasar Perilaku
- Metode Konvensional Dalam Pembelajaran Matematika
- Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achiev...
- Skrining Atau Pemeriksaan Perkembangan Anak Menggu...
- Stimulasi dalam Tumbuh Kembang Anak Prasekolah
- Konsep Perkembangan Pada Anak
- Konsep Pertumbuhan Pada Anak
- LANGKAH KERJA PENGEMBANGAN DAN SISTEMATIKA KTSP
- PENGERTIAN KTSP, KONSEP DAN ACUAN PENGEMBANGAN KTSP
- Penerapan Pendekatan Kontekstual Di Kelas
- Alasan Pentingnya Peggunaan (CTL) Dalam Pembelajaran
- Makalah dalam Kepemimpinan Pendidikan
- Ulangan Matematika Kelas 4
- Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 4
- Ulangan PKN Kela 4
- Ulangan IPS Kelas 4
- Ulangan IPA Kelas 4
- Soal Ulangan bahasa Indonesia Kelas 5
- Soal Ulangan Bahasa Inggris Kelas 2
- Soal Ulangan IPS Kelas 2
- Soal Ulangan IPS Kelas 1
- Soal Ulangan PKN Kelas 5
- Soal Ulangan PKN Kelas 4
- Soal Ulangan PKN Kelas 2
- MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN PEMBELAJARAN IPS
- HIDUP INI INDAH
- AIDS, SEKS DAN REMAJA
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG KEL...
- PENILAIAN KEGIATAN DI KELOMPOK BERMAIN (KB) DAN TA...
- PENGELOLAAN SENTRA PEMBANGUNAN DI LEMBAGA PAUD
- PENGELOLAAN SENTRA MAIN PERAN DAN SENTRA SAINS DI ...
- PENGELOLAAN SENTRA PERSIAPAN DI KELOMPOK BERMAIN D...
- PENGELOLAAN KEGIATAN CIRCLE TIME BAGI PENGEMBANGAN...
- Dasar Legalitas PAUD di Indonesia
- Laporan Studi Kasus Observasi di TK
- Khasiat Madu
- Soal dan Jawaban SISTEM POLITIK INDONESIA
- Soal dan Jawaban Pemerintahan Daerah
- Makalah Manusia dan Kegelisahan
- Makalah Bahasa Sunda
- PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA DI TK
- Makalah Komunikasi Anak Usia Dini
- Makalah Bakat Anak Usia Dini
-
▼
May
(258)
No comments:
Post a Comment