Blog ini berisi tulisan yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti makalah, artikel, RPP, soal ulangan, puisi, cerita pendek (Cerpen) dan lain-lain. Materi dapat digunakan dari mulai pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai perguruan tinggi (seperti jurusan akuntansi, teknik, komputer, manajemen, kedokteran, filsafat, teologi,geografi, ekonomi, teknologi industri pertanian)
Saturday, May 19, 2018
KENDALA –KENDALA DALAM KOMUNIKASI ANAK
Komunikasi anak juga sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga anak mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Faktor-faktor itu adalah:
a. Kesehatan, anak yang sehat lebih mudah berkomunikasi daripada anak yang kurang sehat. Anak yang sehat memiliki motivasi yang kuat untuk menjadi anggota kelompok sosialnya (teman sejawat) dan berkomunikasi dengan anggota kelompok tersebut.
b. Kecerdasan, anak yang cerdas lebih mudahberkomunikasi daripada anak yang kurang cerdas. Anak yang cerdas mempunyai rasa percaya diri yang besar dan tidak ada ketakutan untuk tidak diterima oleh anggota kelompoknya atau teman sejawatnya.
c. Keadaan sosial ekonomi, anak dari tingkat sosial ekonomi lebih tinggi punya kecenderungan untuk mudah berkomunikasi karena anak sering didorong untuk mengungkapkan perasaannya. Anak juga merasa aman dan terpenuhi jika mengungkapkan perasaan dan keinginanya.
d. Jenis kelamin, anak laki-laki mempunyai kecenderungan lebih susah berkomunikasi dibandingkan dengan anak perempuan. Kalimat dalam komunikasi anak laki-laki lebih pendek-pendek dan tata bahasanya kurang betul dibandingkan dengan anak perempuan. Kosa kata yang diucapkan anak laki-laki lebih sedikit dan pengucapannya kurang tepat dibandingkan dengan anak perempuan.
e. Keinginan berkomunikasi, semakin kuat keinginan anak berkomunikasi dengan orang lain atau teman sejawat semakin mudah anak tersebut berkomunikasi. Anak akan menyisihkan waktu dan kesempatan untuk berkomunikasi dangan temannya.
f. Dorongan, semakin anak didorong berkomunikasi dengan yang lain, semakin mudah anak berkomunikasi. Semakin sering anak diajak bicara, ditanya, dan diajak komunikasi baik dalam keluarga maupun dalam lingkungan semakin anak senang berkomunikasi karena merasa diterima keberadaanya.
g. Jumlah dalam keluarga, semakin kecil anggota keluarga anak tersebut semakin mudah untuk berkomunikasi, karena kesempatan berkomunikasi dengan yang lain semakin besar. Orang tua lebih bisa menyisihkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak sehingga kemampuan komunikasi anak semakin baik.
h. Urutan kelahiran, anak yang lahir pertama mempunyai kecenderungan untuk lebih mudah berkomunikasi dengan orang tuanya ketimbang anak yang lahir kemudian. Anak pertama biasanya mendapat limpahan kasih sayang dan waktu yang lebih daripada anak yang kedua, dengan limpahan kasih sayang dan waktu ini anak merasa diperhatikan dan diterima oleh orang tuanya.
i. Metode pelatihan anak, anak yang diasuh secara otoriter yang menekankan bahwa anak harus dilihat dan bukan didengar mempunyai hambatan komunikasi. Seharusnya pelatihan komunikasi anak yang diterapkan adalah memberikan keleluasaan dan demokratis serta mendorong anak untuk belajar lebih.
j. Kelahiran kembar, anak yang lahir kembar umumnya terlambat dalam perkembangan komunikasinya, karena mereka lebih banyak bergaul dengan saudara kembarnya. Anak kembar punya kecenderungan miskin logat dan melemahkan motivasi untuk komunikasi.
k. Hubungan dengan teman sejawat, anak-anak semakin banyak berhubungan dengan teman sebayanya, maka lebih mudah berkomunikasi. Anak-anak semakin punya motivasi untuk bisa diterima sebagai anggota kelompok sebaya bila mampu berkomunikasi dengan baik.
l. Kepribadian, anak yang dapat menyesuaikan diri dengan baik cenderung mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi lebih baik. Kemampuan berkomunikasi seringkali dijadikan acuan anak mempunyai kesehatan mental yang bagus apa tidak (Hurlock, 2005).
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Simbol Bilangan atau Angka
a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...
-
Patukangan teh nyaeta anu boga pagawean atawa anu purah migawe hiji pagawean . Istilah dina bahasa sunda diantarana : Anjun : tukang ...
-
Mata Pelajaran : BAHASA SUNDA Hari/Tgl : ...................................... Kelas/Semeste...
-
PUTRI KANDITA Sakali waktu, di wilayah Pakwan (ayeuna Kota Bogor), Jawa Kulon, aya hiji raja anu namina Sri Baduga Maharaja atanapi ...
Blog Archive
-
▼
2018
(718)
-
▼
May
(258)
- Soal Ulangan IPA Kelas 6 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 5 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 4 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 2 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 3 SD
- Soal Ulangan PLH Kelas 4 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 6
- Soal Ulangan IPA KElas 3
- Soal ulangan IPA Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Matematika Kelas 3
- Soal Ulangan PKN Kelas 3 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Bahasa Indonesia kelas 3 SD
- Soal Ulangan SBK Kelas 3 SD
- Soal Ulangan SBK Kelas 1 SD
- Soal Ulangan SBK Kelas 2 SD
- Soal Ulangan bahasa Indonesia Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 1
- Soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Bahasa Sunda Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Bahasa Sunda Kelas 3
- Soal Bahasa Sunda Kelas 1 SD
- Soal Ulangan Bahasa Inggris Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Bahasa Ingris Kelas 2
- Soal Ulangan Bahasa Inggris Kelas 1 SD
- Soal Ulangan kelas 1 SD PJOK
- Soal Ulangan Kelas 3 PJOK
- Soal PJOK Kelas 2 SD
- Soal Ulangan PKN Kelas 3 SD
- Soal Ulangan PKN Kelas 1 SD
- Soal Ulangan PKN Kelas 2 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 1 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 2 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 3 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 3 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 1 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen kelas 5 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen kelas 4 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen Kelas 1 SD
- Soal Ulangan Matematika Kelas 2
- Soal Ulangan IPA Kelas IV
- Soal Ulangan IPS KElas VIII
- Soal Ulangan Bahasa Indoensia Kelas VII
- “PEPELING”
- MONUMEN PANCASILA SAKTI
- MODEL PEMBELAJARAN DISIPLIN ILMU SEJARAH PADA MATA...
- Makalah Ketahanan Nasional
- Makalah Kenakalan Remaja
- Nilai Pancasila yang terdapat pada kerajaan Singas...
- Makalah Analisis Biaya, Volume dan Laba
- Makalah Fungsi Linier Pada Biaya Produksi, Pendapa...
- Konsep dan Hakekat Kepribadian
- Konsep Dasar Perilaku
- Metode Konvensional Dalam Pembelajaran Matematika
- Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achiev...
- Skrining Atau Pemeriksaan Perkembangan Anak Menggu...
- Stimulasi dalam Tumbuh Kembang Anak Prasekolah
- Konsep Perkembangan Pada Anak
- Konsep Pertumbuhan Pada Anak
- LANGKAH KERJA PENGEMBANGAN DAN SISTEMATIKA KTSP
- PENGERTIAN KTSP, KONSEP DAN ACUAN PENGEMBANGAN KTSP
- Penerapan Pendekatan Kontekstual Di Kelas
- Alasan Pentingnya Peggunaan (CTL) Dalam Pembelajaran
- Makalah dalam Kepemimpinan Pendidikan
- Ulangan Matematika Kelas 4
- Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 4
- Ulangan PKN Kela 4
- Ulangan IPS Kelas 4
- Ulangan IPA Kelas 4
- Soal Ulangan bahasa Indonesia Kelas 5
- Soal Ulangan Bahasa Inggris Kelas 2
- Soal Ulangan IPS Kelas 2
- Soal Ulangan IPS Kelas 1
- Soal Ulangan PKN Kelas 5
- Soal Ulangan PKN Kelas 4
- Soal Ulangan PKN Kelas 2
- MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN PEMBELAJARAN IPS
- HIDUP INI INDAH
- AIDS, SEKS DAN REMAJA
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG KEL...
- PENILAIAN KEGIATAN DI KELOMPOK BERMAIN (KB) DAN TA...
- PENGELOLAAN SENTRA PEMBANGUNAN DI LEMBAGA PAUD
- PENGELOLAAN SENTRA MAIN PERAN DAN SENTRA SAINS DI ...
- PENGELOLAAN SENTRA PERSIAPAN DI KELOMPOK BERMAIN D...
- PENGELOLAAN KEGIATAN CIRCLE TIME BAGI PENGEMBANGAN...
- Dasar Legalitas PAUD di Indonesia
- Laporan Studi Kasus Observasi di TK
- Khasiat Madu
- Soal dan Jawaban SISTEM POLITIK INDONESIA
- Soal dan Jawaban Pemerintahan Daerah
- Makalah Manusia dan Kegelisahan
- Makalah Bahasa Sunda
- PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA DI TK
- Makalah Komunikasi Anak Usia Dini
- Makalah Bakat Anak Usia Dini
-
▼
May
(258)
No comments:
Post a Comment