Friday, May 25, 2018

Makalah Pendidikan Disiplin Pada Anak Usia Dini

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Menurut Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 pengertian Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Pada hakikatnya anak adalah makhluk individu yang membangun sendiri pengetahuannya. Itu artinya guru dan pendidik anak usia dini lainnya tidaklah dapat menuangkan air begitu saja ke dalam gelas yang seolah-olah kosong melompong. Anak lahir dengan membawa sejumlah potensi yang siap untuk ditumbuhkembangkan asalkan lingkungan menyiapkan situasi dan kondisi yang dapat merangsang kemunculan dari potensi yang tersembunyi tersebut (Sujiono, 2009:55).
Anak dipahami secara utuh sebagai pribadi yang berinteraksi dengan lingkungannya. Anak tumbuh kembang melalui partisipasi aktif dalam lingkungan sosio-kultural. Tumbuh kembang secara kualitatif sungguh terjadi secara historis atau melintasi waktu, bertahap berkelanjutan dalam interaksi yang terus-menerus dengan situasi sosial yang juga terus berubah.
Anak merupakan individu yang unik dimana masing-masing memiliki bawaan, minat, kapabilitas, dan latar belakang kehidupan yang berbeda satu sama lain. Di samping memiliki kesamaan, anak juga memiliki keunikan tersendiri seperti dalam gaya belajar, minat, dan latar belakang keluarga. Meskipun terdapat pola urutan umum dalam perkembangan anak yang dapat diprediksi, namun pola perkembangan dan belajarnya tetap memiliki perbedaan satu sama lain.
Awal dari perkembangan pribadi anak pada asasnya bersifat biologis. Dalam taraf-taraf perkembangan selanjutnya, normalitas dari konstitusi, struktur, dan kondisi jasmanih seorang anak akan mempengaruhi normalitas kepribadiannya, khususnya yang bertalian dengan masalah body-image, self concept, self-esteem dan rasa harga dirinya. (Nurihsan & Agustin, 2011:25).
Anak dilahirkan belum bersifat sosial. Dalam arti, dia belum memiliki kemampuan untuk bergaul dengan orang lain. Untuk mencapai kematangan sosial, anak harus belajar tentang cara-cara menyesuaikan diri dengan orang lain. Kemampuan ini diperoleh anak melalui berbagai kesempatan atau pengalaman bergaul dengan orang-orang di lingkungannya, baik orang tua, saudara, teman sebaya maupun orang dewasa lainnya (Yusuf, 2005:122).
Perkembangan perilaku sosial anak ditandai dengan adanya minat terhadap aktivitas teman-teman dan meningkatnya keinginan yang kuat untuk diterima sebagai anggota suatu kelompok, dan merasa tidak puas bila tidak bersama teman-temannya. Anak tidak lagi puas bermain sendiri di rumah atau dengan saudara-saudara kandung atau melakukan kegiatan dengan anggota-anggota keluarga. Anak ingin bersama teman-temannya dan akan merasa kesepian serta tidak puas bila tidak bersama teman-temannya.
Perkembangan pada anak yang termanifestasi dalam perilaku adalah normal atau bermasalah sungguh sulit untuk dilihat kriterianya. Secara umum hal ini disebabkan karena ada perilaku yang merupakan proses perkembangan yang normal di suatu area atau pada umur tertentu namun di area lain atau pada umur selanjutnya dianggap bermasalah, sehingga normal atau tidak seseorang dianggap relative atau bukan sesuatu yang mutlak (Izzati, 2005:77).
Dalam upaya untuk memberikan kejelasan konseptual dalam deskripsi tentang kemungkinan perilaku-perilaku bermasalah anak-anak, Campbell (Izzati, 2005:79) berpendapat bahwa istilah perilaku bermasalah mungkin digunakan untuk mengindikasikan membesarnya frekuensi dan intensitas perilaku tertentu sampai pada tingkatan yang mengkhawatirkan. Ciri pembeda anak-anak menyimpang dari anak-anak normal adalah frekuensi atau seberapa sering anak tersebut berperilaku bermasalah dan intensitas atau bobot dari perilaku yang bisa dilihat dari dampaknya.  
Di samping frekuensi dan intensitas, tiga aspek perlu diperhatikan, yakni derajat kekronisan, konstelasi, dan konteks sosial dari perilaku bermasalah. Kekronisan mengacu pada seberapa mendalam permasalahan tersebut dilihat dari akar perilaku bermasalah. Perilaku bermasalah yang bersumber dari kelainan genetis bersifat jauh lebih kronis daripada perilaku yang bersumber pada proses mencontoh atas orang dewasa yang ada di lingkungan sekitar. Karena anak dibesarkan dalam konteks sosial dan karenanya harus mengikuti norma yang berlaku, ukuran bermasalah atau tidaknya sebuah perilaku pun harus dikaitkan dengan norma sosial yang berlaku.
Perilaku pada anak yang bermasalah dapat pula terjadi karena pengaruh lingkungan dan perlakuan dari orang tuanya terhadap anak tersebut. Anak yang tumbuh dan berkembang di dalam lingkungan yang kurang baik akan menyebabkan anak memiliki perilaku yang kurang baik pula. Anak yang mendapat perilaku kurang menyenangkan dari orang tua atau dari orang-orang yang berada di sekitarnya juga akan mengakibatkan perilaku anak yang negatif.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis mengungkapkan dalam sebuah makalah dengan judul “Disiplin dan Anak Terluka”. Pada makalah ini akan membahas mengenai perkembangan perilaku anak terutama pada anak yang terluka akibat dari lingkungan di sekitarnya.
 
B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Apa penyebab anak memiliki perilaku yang bermasalah ?
2.      Bagaimana memberikan pendidikan disiplin kepada anak?
3.      Bagaimana perlakuan yang dilakukan terhadap anak yang terluka ?

C.    Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.    Untuk mengetahui penyebab anak memiliki perilaku yang bermasalah.
2.    Untuk mengetahui pendidikan disiplin kepada anak.
3.    Untuk mengetahui perlakuan yang dilakukan terhadap anak yang terluka.







BAB II
KAJIAN PUSTAKA

                               
Secara umum, anak-anak yang merasakan rasa cinta dan rasa memiliki tingkat harga diri tinggi karenanya, mereka berperilaku baik. Di sisi lain, anak-anak yang tidak merasakan rasa cinta dan memiliki harga diri yang rendah, mereka tidak berperilaku baik dan jauh lebih mudah frustasi. Seperti disebutkan sebelumnya, mereka bertindak keluar karena kebutuhan emosional mereka tidak terpenuhi. Semua anak memiliki hari yang buruk dari waktu ke waktu, menjadi orang dewasa, dalam hal ini. Saya mengacu pada anak yang terus-menerus bertingkah. Tentu saja ada pengecualian, tapi saya berbicara tentang mayoritas kasus.
Sekali lagi, berbohong, menipu, pembolosan, mencuri, melanggar aturan dan perilaku oposisi adalah semua tentang kebutuhan yang tak terpenuhi dan rendah diri. Hal itu memerankan perilaku yang memberikan anak-anak terluka dan memiliki sesuatu dilakukan dengan cara mereka.
Singkatnya, secara umum, anak-anak di rumah penampungan tidak mendapat rasa cinta dan rasa memiliki dan memiliki tingkat rendah harga diri; karena itu mereka telah bertindak di luar perilaku seharusnya. Mereka hanya berharap ada hal untuk membuat perubahan permanen untuk perilaku ini adalah untuk meningkatkan harga diri anak-anaknya  dengan dia merasakan konsisten cinta dan rasa memiliki.
Juga, kita harus terus ingat bahwa ada juga luka yang merupakan "komplikasi luka anak". Anak ini tidak pernah menyebabkan masalah, tapi ia masih membutuhkan rasa cinta dan rasa memiliki. Hal ini sering terjadi bahwa anak ini akan jatuh antara celah. Sayangnya, ada akan datang hari dimana semua kemarahan implusif bahwa perasaan selalu mengalah pada anak dalam dirinya akan meletus seperti gunung berapi. Sekali lagi berharap bahwa Anda tidak berada dalam api garis keturunannya.
4
Catatan: Semakin tua seorang anak, semakin sulit akan mengubah apa yang ia terbiasa dilakukan dan dikondisikan untuk dalam hal disiplin. Kita semua dengan cepat menjadi sangat nyaman dengan akrab. Seperti pasangan yang pergi dari satu pernikahan kasar kepada yang lain. Namun, kita harus mulai di suatu tempat. Sayangnya, beberapa anak sangat jauh di bawah jalan, mereka tidak bisa dihubungi; Namun, semua orang masih layak kesempatan. Dia mungkin ada diantara 1 dari 100.
Hukuman fisik pasti tidak bekerja dengan anak-anak rumah singgah. Hal ini karena mayoritas penampungan anak-anak datang ke rumah singgah dengan riwayat kekerasan fisik yang ekstrim. Mereka mungkin telah disalahgunakan untuk memperpanjang telah dipukuli dan kiri dengan patah tulang, disundut dengan rokok, atau terlempar dari mobil yang bergerak. Singkatnya, mereka telah menjadi kebal terhadap rasa sakit.
Saya tahu seorang anak 10 tahun, sementara anak asuh, tangannya patah saat memanjat pohon dan terus bermain selama dua jam berikutnya seolah-olah tidak ada yang terjadi. Tidak sampai beberapa jam kemudian, ketika ibu asuhnya melihat pembengkakan ekstrim dan ketidakmampuan anak untuk menekuk sikunya, kemudian ia dibawa ke ruang gawat darurat dan lengan yang patah ditemukan. Anak ini punya uang yang dicuri dari tas sekolahnya dan telah pergi atau marah selama lebih dari satu jam. Anak-anak yang sama yang dapat dengan mudah mengabaikan rasa sakit fisik memiliki sedikit keterampilan emosional.
Juga, mendapat pukulan menjadi tidak asing bagi mereka. Kita semua cinta apa yang akrab bahkan ketika itu adalah neraka di bumi. Saya juga melihat anak-anak mengalahkan diri diingatkan keakraban rumah. Juga, mereka akan melihat ketika dipukuli dari Anda. Mereka datang untuk mengetahui hal ini sebagai "hubungan", mereka merasa bahwa mereka sedang diperhatikan ketika mereka dipukuli.
Selanjutnya, beberapa anak terluka untuk perilaku diri memutilasi karena mereka bisa menahan rasa sakit fisik lebih dari rasa sakit emosional.
Salah satu gadis asuh delapan tahun saya dikirim ke kamarnya untuk sengaja melemparkan gelasnya susu di dapur karena dia tidak mendapatkan cara-nya. Dia ingin minum Coca-Cola. Namun, karena hiperaktivitasnya, asupan gulanya dibatasi. Lima belas menit kemudian, aku berjalan melewati kamarnya dan melihat bahwa ia sedang duduk di tempat tidurnya menggosok wajahnya dengan kertas pasir kasar. Wajahnya buruk menggaruk. Sebelumnya hari itu, kontraktor telah pengamplasan rel tangga sebelum kembali lukisan-itu. Apa yang saya lakukan? Aku dengan tenang mengambil kertas pasir dari tangannya, dan mengatakan bahwa dia tidak diizinkan untuk melukai dirinya sendiri di rumahku. dia menjulurkan lidah ke arahku kemudian katanya membenciku. Aku berjalan keluar dari ruangan. Malam itu setelah dia mandi, aku meletakkan krim di atasnya. Kehidupan berlanjut. Apa yang saya tidak lakukan adalah bertindak terkejut atau membuat keributan besar atas cedera atau perilakunya. Ini akan dimasukkan ke dalam perilaku negatifnya.
Jadi, singkatnya, mengalahkan anak-anak ini tidak akan memecahkan masalah. Ini hanya menambah lebih banyak bahan bakar ke api yang sudah menyala. Saya menemukan hal menarik bahwa hal itu bertentangan dengan hukum untuk orang dewasa untuk memukul satu sama lain, itu tidak bertentangan dengan hukum untuk pengasuh untuk memukul anak-anak.
Menurut pendapat saya, anak tidak boleh memukul dan dipukuli setiap saat, untuk alasan apapun, dalam keadaan apapun, kecuali hal itu dilakukan untuk membela diri, akhirnya.
Langkah kembali sejenak dan bertanya pada diri sendiri: Dengan pemukulan anak-anak ini mengubah perilaku mereka? Dalam pengalaman saya, tidak ada, itu hanya diperkuat locus of control eksternal. Internal vs locus of control eksternal akan dibahas lebih lanjut dalam bab ini.

Satu lagi cerita sejati saya
Sangat mencerahkan bagi saya untuk melihat seberapa tekun siswa sekolah dasar dan menengah di Malaysia tiba untuk kelas tepat waktu. Yang cukup menarik, banyak dari mahasiswa pascasarjana saya di universitas, 95% di antaranya menghadiri sekolah dasar dan menengah di Malaysia, tampaknya merasa sulit untuk secara konsisten mendapatkan kelas tepat waktu. Kemudian setelah sekitar tiga semester, akhirnya saya sadar mengapa demikian. Di sekolah dasar dan menengah, jika seorang siswa terlambat, akan ada konsekuensi yang tidak menyenangkan. Namun, dalam universitas biasanya tidak ada konsekuensi karena terlambat. Oleh karena itu, motivasi eksternal untuk tepat waktu ke kelas tidak ada.
Saya percaya bahwa itu adalah adil untuk mengatakan bahwa siswa yang secara konsisten terlambat untuk masuk kelas universitas tidak menginternalisasi nilai yang tepat waktu selama sekolah dasar dan menengah; mereka di mana tepat waktu untuk menghindari hukuman. Saya katakan "secara konsisten terlambat" karena saya benar-benar mengerti bahwa ada kesempatan langka ketika seseorang terlambat untuk alasan yang benar, seperti ban kempes, anak yang sakit di rumah, atau sedang terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Namun, kita semua tahu bahwa biasanya, tidak ada benar-benar sebuah alasan mengapa siswa tidak dapat tiba ke kelas tepat waktu. Jadi, saya telah menyanyikan saya "internalisasi nilai ketepatan waktu" lagu untuk mahasiswa saya di kelas pertama setiap semester selama empat tahun terakhir. Akibatnya, siswa saya yang memberikan waktu dan itu indah. Hal ini juga menarik bahwa banyak dari mahasiswa saya adalah guru di sekolah dasar dan menengah dari Malaysia. Aku ingin tahu apakah mereka mengirim siswa yang terlambat ke kantor kepala sekolah ..?
Anak-anak rumah singgah memiliki nilai yang sangat goyah; kebanyakan dari mereka tidak memiliki nilai sama sekali. Ini, tentu saja, bukan kesalahan mereka. Mereka berada dalam mode bertahan hidup.
Sekali lagi, apa modifikasi perilaku? itu adalah sistem imbalan dan hukuman dibentuk untuk memanipulasi perilaku untuk pergi dengan cara tertentu. Namun, tidak menanamkan nilai-nilai terinternalisasi atau internal locus of control; hanya melahirkan kontrol eksternal.
Janganlah kita bingung modifikasi perilaku dengan aturan standar dan peraturan, yang merupakan bagian dari kehidupan untuk membantu mempertahankan hukum dan ketertiban di masyarakat. Contoh hukum tersebut mengeluarkan tilang, tidak ada pelanggaran atas properti pribadi, atau jika Anda membunuh seseorang, Anda akan ditangkap dan masuk penjara.
Penting untuk dicatat bahwa kami tidak dihargai jika kita sepanjang tahun tanpa mendapatkan tilang. Hal ini juga tidak mungkin bahwa kita akan mendapatkan bonus pada akhir tahun hanya karena kami tidak terlambat untuk bekerja untuk satu hari. Namun, jika kita secara konsisten terlambat untuk bekerja, ada kemungkinan bahwa kita akan kehilangan pekerjaan. Singkatnya, kita tidak dihargai untuk melakukan apa yang diharapkan dari kita. Waktu yang baik untuk mulai belajar ini adalah selama masa kanak-kanak. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk menghargai anak-anak untuk melakukan apa yang mereka harus kerjakan. Memberikan penghargaan harus disediakan untuk pergi di atas dan melampaui panggilan tugas karena ini adalah cara itu di dunia nyata. Jadi, mari kita tinggalkan terapi tulang anjing ke anjing, dan meninggalkan M & M di toko permen.
 Sebuah keuntungan sekunder adalah ketika seseorang bertahan sesuatu yang tidak menyenangkan karena ini akan membawa sesuatu yang menyenangkan setelah itu. Saya telah memiliki beberapa anak memberitahu saya tentang bagaimana "mencintai dan manis" itu adalah setelah orang tua mengalahkan mereka karena nantinya orangtua akan lebih memperhatikan mereka dengan datang memeluk dan membuat dengan mereka. Anak-anak ini telah belajar bahwa cara untuk mendapatkan pengasuhan dari orang tua mereka adalah tindakan pertama sampai mendapatkan pemukulan. Itulah keuntungan sekunder.
Untuk meringkas: modifikasi perilaku tidak bekerja, apalagi dengan anak-anak terluka karena:
- Itu tidak bekerja selama ini - apa yang membuat sekarang berbeda?
- Mereka sudah memiliki "Apa untungnya bagi saya" mentalitas
- Kadang anak-anak benar-benar mendambakan hukuman karena "akrab" dan mungkin satu-satunya cara mereka tahu untuk mendapatkan perhatian
- Keuntungan sekunder sering ikut bermain
Kisah Jacket Red
Kisah perebutan kekuasaan yang tetap dipikiran saya pertama dan terutama berkisar jaket merah. Ini adalah kisah nyata tentang keluarga kaya Malaysia yang saya bekerja dengannya pada tahun 2008.
Ibu menelepon saya dan bertanya apakah saya akan bekerja dengan anaknya 12 tahun karena ia bertindak keluar dan melakukan buruk di sekolah. seperti praktek saya biasa, saya mengatakan bahwa saya pertama kali harus bertemu dengan orang tua sebelum aku melihat anak. Baik ibu dan ayah datang dan mengatakan kepada saya beberapa perilaku mencela anak mereka.
Anak itu telah meminta ibunya apakah ia bisa jaket merah dari toko buku sekolah. ibunya mengatakan kepadanya "tidak" Anak itu tetap membeli jaket dan menandatangani biaya untuk tagihan bulanan ibunya. Ketika ibunya menerima tagihan dan melihat bahwa ia membeli jaket, dia dihadapkan anak itu. Dia tentu saja membantah telah membeli jaket. Sang ibu mengatakan bahwa dia dan menyuruhnya untuk pergi mendapatkan jaket. ia terus menyangkal klaim tersebut. Jadi untuk tiga minggu ke depan, ibu tampak tinggi dan rendah untuk jaket merah, memohon anak untuk mengakui bahwa ia membelinya. Tentu saja, anak itu terus menyangkal telah pernah membeli jaket. Juga, dia mencintai manipulasi dan kontrol dia memiliki lebih ibunya. Dia punya hanya di mana dia ingin. Ibu itu berlarian di sekitar rumah (seperti ayam dengan kepala dipotong) mencari jaket. Dia berada dalam kontrol. Tiga minggu kemudian, tukang kebun menemukan jaket dimakamkan di semak-semak di halaman.
Apa yang harus ibu lakukan? Dia harus memiliki hanya menunjukkan padanya tagihan ketika ia membantah telah membeli jaket dan berkata:. "Hal ini jelas bahwa Anda tidak membeli jaket, dan saya berharap bahwa Anda akan memberikannya kepada saya Sementara Anda dapat membayar RM285 keluar dari saku Anda uang setiap minggu sampai Anda membayar untuk itu. Selain itu, saya akan memberitahu toko sekolah yang Anda tidak diizinkan untuk membeli apa pun di sana baik dengan tunai atau kredit tanpa izin saya. "Kemudian, tidak pernah menyebutkan jaket lagi. Ini adalah akhir dari perebutan kekuasaan dan akhir cerita. "
Locus of control internal berasal dari dalam diri individu. ketika individu menginternalisasi nilai dan memiliki maknanya, ia akan memeluk dan mempraktekkan nilai ini bahkan ketika ia berpikir tidak ada orang yang mencari - seperti membaca kue keberuntungan.
Bayangkan bahwa untuk bulan depan, rumah sesama orangtua telah ditunjuk kepala keluarga untuk tahun ini. Ini adalah tugasnya untuk mengawasi semua kepala keluarga lain dan menunjukkan apa yang mereka perlu lakukan lebih baik, melaporkan kesalahan yang mereka buat untuk administrasi, dan memperbaiki pekerjaan mereka. Bagaimana perasaan Anda?
Teman sebayanya tidak bertanggung jawab atas rekan-rekan. Hal ini berbeda jika anak yang telah ada lebih lama menjadi mentor untuk pendatang baru. Tapi untuk mengangkat seseorang dalam posisi sama dengan posisi kekuasaan psikologi buruk. Tentu saja, ini tidak berlaku untuk promosi standar yang diterima, seperti ketika seorang guru dipromosikan menjadi kepala departemen berdasarkan kerja keras dan prestasi.
Ada cara lain untuk menghormati, mengakui dan memvalidasi anak teladan tanpa meletakkan bertanggung jawab atas anak-anak lain yang membenci mengendalikan pula. Anak-anak Teladan harus memimpin dengan contoh. (Baranovich, 2013: 50-63)









 BAB III
ANALISIS


A.    Penyebab Anak Memiliki Perilaku Yang Bermasalah
Sebagaimana telah diuraikan pada bab sebelumnya bahwa perilaku-perilaku bermasalah pada anak-anak yaitu perilaku anak-anak menyimpang dari anak-anak normal dan frekuensi dari perilaku tersebut sudah termasuk sering yang dapat dilihat dari dampaknya.
Di samping frekuensi dan intensitas, tiga aspek perlu diperhatikan yakni derajat kekronisan, konstelasi, dan konteks sosial dari perilaku bermasalah. Kekronisan mengacu pada seberapa mendalam permasalahan tersebut dilihat dari akar perilaku bermasalah. Aspek konstelasi yakni keterkaitan satu perilaku bermasalah dengan perilaku yang lain. Aspek konteks sosial menyangkut pertimbangan bahwa setiap kelompok sosial memiliki norma perilaku sendiri.
Timbulnya permasalahan pada perkembangan perilaku anak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dimana setiap faktor tersebut saling melengkapi antar satu faktor dengan faktor lainnya. Paling tidak terdapat tiga faktor yang menjadi sebab timbulnya yaitu faktor biologis, faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sosial.
11
Faktor biologis tidak lepas keterkaitannya dengan pertumbuhan fisik yang selanjutnya berpengaruh terhadap psikologis anak. Kesiapan dan kematangan biologis juga sangat dipengaruhi kondisi bayi saat berada dalam kandungan. Kandungan gizi dan keadaan ibu sangat berperan dalam penentuan proses biologis pada anak. Kondisi fisik dan psikis ibu pada saat mengandung merupakan faktor yang sangat penting. Setelah lahir, untuk menuju kesiapan atau kemasakan organ biologis yang menunjang pertumbuhan fisik dan perkembangan psikologis ini ada tiga kebutuhan yang harus terpenuhi yaitu asuh yang melingkupi pemenuhan kebutuhan primer. Kedua, asih yaitu pemberian kebutuhan emosi dan kasih sayang tulus dari orang tua dan lingkungan sekitarnya. Ketiga, asah yaitu stimulasi mental dan pemberian kesempatan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.
Keadaan keluarga tertentu yang bisa menyebabkan masalah emosional pada anak-anak.  Hetherington (Izzati, 2005:82) menyebutkan bahwa “anak laki-laki dari keluarga yang bercerai, dibandingkan dengan anak perempuan dan anak-anak dari keluarga lengkap, menunjukkan angka behavior disorder (masalah perilaku) yang lebih tinggi dan masalah-masalah dalam hubungan antar personal di rumah dan di sekolah dengan guru”.
Lingkungan sosial dimana anak tersebut tumbuh dan berkembang juga memberikan dampak. Satu dimensi dalam lingkungan sosial yang Nampak berpengaruh dalam membentuk pola-pola perilaku anak-anak adalah fenomena modeling, dengan meniru perilaku orang lain. Anak-anak yang menonton model atau teladan yang agresif yang dihargai atas keagresifannya cenderung menjadi lebih agresif sendiri.
Anak-anak yang melihat model yang menetapkan standar tinggi dan menghargai dirinya, secara hemat akan berperilaku serupa. Perilaku dari model berpengaruh dalam pengembangan control diri anak.

B.     Pendidikan Disiplin Pada Anak
Orang tua mendisiplinkan anak-anak mereka untuk mengajarkan mereka bagaimana berperilaku, aman dan bergaul dengan orang lain. Bersiaplah untuk menghibur anak Anda ketika kemarahan berubah menjadi air mata. Menyakiti anak-anak untuk mengendalikan perilaku mereka. Hukuman fisik meliputi memukul, menampar, menendang, tegap, cambuk, rambut-menarik, mencubit, dll
Beberapa orang tua percaya bahwa hukuman fisik adalah cara yang baik untuk mengajar anak-anak. Menekan sering memiliki efek langsung. Kami yakin bahwa ada cara yang lebih baik untuk mengajar anak-anak daripada menyakiti mereka.
Orang tua kita secara fisik dihukum banyak dari kita ketika kita masih anak-anak. Memukul adalah lebih diterima di masa lalu daripada sekarang ini. Beberapa orang tua memukul anak-anak mereka karena mereka marah dan telah kehilangan kesabaran mereka.
Menekan mungkin memiliki efek langsung tetapi tidak mengajar anak-anak kontrol diri. Orang tua yang memukul mungkin harus memukul lebih keras waktu berikutnya untuk mendapatkan hasil yang sama.
Berulang atau hukuman fisik yang berat dapat menyakiti anak Anda, secara fisik dan emosional. Anak-anak dihukum secara fisik lebih agresif dan sering memiliki lebih banyak masalah di sekolah. Hukuman fisik mengajarkan anak-anak bahwa memukul orang OK. Menekan juga mengajarkan anak-anak untuk takut dan menyembunyikan apa yang mereka lakukan dari orang tua.
Hukuman fisik dapat menyebabkan cedera dan penyalahgunaan. Sangat mudah untuk kehilangan kontrol dan menyakiti seseorang ketika kita marah. Anak-anak sering nakal untuk menguji batas-batas dan belajar apa yang bisa mereka lolos dengan Pengajaran perilaku yang baik membutuhkan waktu dan kesabaran. Bicara dan mendengarkan anak Anda. Kepercayaan dan komunikasi bahkan lebih penting ketika anak tumbuh dewasa.
Membuat rumah Anda tempat yang aman bagi anak Anda untuk bermain dan mengeksplorasi. Jauhkan benda-benda terlarang dan berbahaya dari jangkauan anak-anak. Mengambil mainan dan makanan ringan ketika keluar. Jangan biarkan anak Anda terlalu lapar, lelah atau bosan. Menetapkan batas yang jelas pada perilaku anak Anda dengan beberapa aturan sederhana. Fokus pada keselamatan-aturan harus memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi dan belajar dengan cara yang aman.
Pastikan anak Anda memahami apa yang Anda harapkan. Menjelaskan alasan aturan jika anak cukup besar untuk mengerti. Dengarkan apa yang anak Anda memberitahu Anda. Fokus pada apa yang harus dilakukan, bukan apa yang tidak boleh dilakukan. Bahasa yang positif membuat lebih mungkin bahwa anak-anak akan merespon positif.
Alih-alih mengatakan "Anda tidak bisa menonton televisi sampai Anda menyelesaikan tugas sekolah Anda" cobalah mengatakan "Anda dapat menonton televisi setelah Anda selesai sekolah Anda". Menggoda, nama-panggilan dan penghinaan bisa melukai sebanyak memukul. Jangan membandingkan anak Anda negatif terhadap anak-anak lain
Anak-anak tidak ingin berhenti melakukan hal-hal yang mereka nikmati. Beri anak kesempatan untuk mempersiapkan perubahan dengan mengatakan: "Dalam waktu lima menit, akan menghabiskan banyak waktu untuk mematikan televisi dan mulai sekolah Anda"
Pujian dan mendorong anak-anak Anda ketika mereka berperilaku-misalnya "Aku suka kalau Anda membantu adikmu". Tampilkan persetujuan Anda dengan pelukan, ciuman dan tersenyum. Pastikan bahwa perilaku yang baik akan lebih perhatian Anda dari perilaku buruk. Tinggal apa yang Anda ajarkan ... misalnya-itu tidak masuk akal untuk memukul seorang anak untuk memukul orang lain.
Jika anak Anda mulai kehilangan kontrol, mendekatlah dan merangkul anak (Ini juga merupakan cara yang baik untuk menangani memukul, menggigit, atau menendang) jika perlu, terus lembut anak Anda dengan hanya cukup kekuatan untuk menjaga anak dari terluka. Jika holding membuat anak lebih marah, kemudian membiarkan pergi, tetap tenang dan menunggu sampai anak Anda tenang. Ini mungkin sulit untuk dilakukan, tetapi sering bekerja tantrum yang menakutkan bagi anak-anak kenyamanan atau popok bersih
Jika anak Anda frustrasi dan tidak mampu memecahkan masalah, cobalah aktivitas yang berbeda. Sebagai contoh, mengambil seorang anak di luar untuk beberapa aktivitas fisik. Biarkan anak-anak mengalami konsekuensi dari tindakan mereka jika aman untuk melakukannya. Misalnya, "jika Anda tidak dapat bermain dengan blok tanpa membuang mereka, blok akan disingkirkan." Kemudian menindaklanjuti dan menempatkan blok jauhnya jika anak terus melemparkan mereka. Jika anak Anda melakukan sesuatu yang tidak aman, Anda dapat menjelaskan konsekuensi kemudian, tetapi menghapus anak Anda dari bahaya segera.
Membawa anak Anda ke tempat yang aman, tenang di mana anak bisa tenang dan mendapatkan kembali control. Jelaskan secara ringkas bahwa Anda memiliki waktu menyendiri karena kenakalan anak. Jangan berdebat atau berdiskusi pada saat ini. Ketika anak merasa siap untuk mencoba lagi (atau ketika lima menit telah berlalu), membawa anak kembali bermain.
Pilihan membantu anak-anak belajar bagaimana membuat keputusan. Menawarkan pilihan sederhana, tetapi tidak mengancam. Misalnya, "Anda dapat mencuci piring atau kering mereka. Anda memutuskan. "
Bantulah anak Anda untuk menentukan masalah. Ajukan pertanyaan, seperti "Apa yang akan terjadi jika Anda mencoba untuk ....?" Setelah itu, berbicara tentang apa yang berhasil dan apa yang dapat Anda mencoba waktu berikutnya. Sebagai anak-anak mendekati masa remaja, mereka masih perlu batas yang jelas tetapi orangtua harus bersedia untuk bernegosiasi sedikit.
Ketika anak-anak mulai berpikir untuk diri mereka sendiri, mereka berbicara kembali mungkin marah Anda. Namun, untuk tetap berkomunikasi, orang tua harus melakukan lebih mendengarkan dan lebih menjelaskan dengan anak-anak. Berbicara dengan orang tua dari teman anak Anda tentang batas yang wajar pada pakaian dan jam malam
Disiplin yang efektif membantu anak-anak belajar untuk mengendalikan perilaku mereka sehingga mereka bertindak sesuai dengan ide-ide mereka tentang apa yang benar dan salah, bukan karena mereka takut hukuman. Sebagai contoh, mereka jujur ​​karena mereka pikir itu adalah salah untuk tidak jujur, bukan karena mereka takut tertangkap.
Tujuan dari hukuman adalah untuk menghentikan anak dari melakukan apa yang tidak Anda inginkan - dan menggunakan metode yang menyakitkan atau tidak menyenangkan untuk menghentikannya.
Membiarkan anak mengalami konsekuensi dari keputusan mereka adalah "bebas repot" cara untuk mendisiplinkan anak muda. Anak-anak belajar dari pengalaman, seperti orang dewasa. Kami menyebutnya mempelajari "cara yang keras." Anak belajar bahwa setiap tindakan memiliki konsekuensi yang ia bertanggung jawab. Orang tua dapat menyatakan bahwa konsekuensi dari tidak datang ke meja makan di waktu untuk makan adalah bahwa anak tidak makan malam malam itu. Kelaparan adalah konsekuensi alami dari tidak makan. Jika anak mengeluh, ibu bisa mengatakan, "Maaf Anda merasa lapar sekarang. Ini terlalu buruk, tapi Anda harus menunggu untuk sarapan." Anak yang mengalami konsekuensi yang tidak menyenangkan dari tingkah lakunya akan cenderung bertindak seperti itu lagi.
Orang tua harus memberitahu anak, sebelum hal itu terjadi, apa konsekuensinya untuk melanggar aturan. Jika anak tahu bahwa konsekuensi dari tidak mendapatkan ke meja makan di waktu untuk makan bersama keluarga tidak makan, maka ia memiliki pilihan. Dia bisa memilih untuk pulang pada waktunya untuk makan, atau dia bisa memilih untuk menjadi terlambat dan tidak makan. Dia harus mengerti bahwa dia memiliki pilihan dan bahwa ia harus menerima konsekuensi dari pilihan itu.
Anak juga perlu tahu alasan konsekuensi; misalnya, itu adalah pekerjaan ekstra untuk menjaga makanan hangat dan tidak pengertian dari anggota keluarga lainnya. Hal ini penting juga, bahwa orang tua bersedia untuk menerima keputusan anak; yaitu, mereka harus bersedia untuk memungkinkan anak untuk pergi tanpa makan malam jika ia memilih untuk melewatkan makan. Sebuah pedoman umum adalah: selalu memberikan beberapa pilihan, asalkan mereka adalah pilihan orang tua dapat hidup bersama.
Konsekuensi alami memungkinkan anak-anak untuk belajar dari tatanan alam dunia. Misalnya, jika anak tidak makan, ia akan mendapatkan lapar. Jika ia tidak melakukan pekerjaan rumah, ia akan mendapatkan nilai rendah. Orangtua memungkinkan konsekuensi yang tidak menyenangkan tetapi wajar terjadi ketika seorang anak tidak bertindak dengan cara yang diinginkan.
Konsekuensi logis diatur oleh orang tua. Konsekuensinya secara logis harus mengikuti perilaku anak. Misalnya, tidak memiliki pakaian bersih untuk memakai merupakan konsekuensi logis dari tidak menempatkan pakaian kotor ke dalam keranjang. Anak meninggalkan pakaian kotornya di lantai dan tidak pernah menempatkan mereka dalam kantong pakaian kotor sebagai ibu diminta. Cerewet, memarahi, dan mengancam tidak baik. Anak terus meninggalkan pakaian kotornya di lantai.
Ibu memutuskan untuk menggunakan konsekuensi logis. Dia mengatakan kepada anaknya, di sebuah perusahaan dan suara ramah, bahwa di masa depan ia akan mencuci hanya pakaian yang ditempatkan di kantong. Setelah lima hari, anak tidak punya pakaian bersih untuk dipakai ke sekolah dan dia sangat bahagia untuk harus memakai kotor, pakaian kusut. Setelah itu, anak itu ingat untuk menempatkan pakaian dalam tas.
Ibu anak itu memberinya tanggung jawab untuk menempatkan pakaian di tempat yang tepat untuk dicuci. Jika ibu telah menyerah dan mencuci pakaian anak ketika dia tidak menempatkan mereka dalam tas, dia akan kehilangan dia kesempatan untuk belajar bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Jika orang tua melindungi anak-anak dari konsekuensi dari perilaku mereka, mereka tidak akan mengubah perilaku mereka.
Beberapa orang tua tidak akan bersedia untuk anak mereka pergi ke sekolah di kotor, pakaian kusut. Hanya mereka dapat memutuskan apakah mereka ingin menawarkan anak yang konsekuensi tertentu. Menggunakan konsekuensi dapat membantu anak mengembangkan rasa tanggung jawab. Hal ini membuat hubungan lebih hangat antara orang tua dan anak-anak dan konflik lebih sedikit. Situasi itu sendiri memberikan pelajaran kepada anak.
Orang tua tidak dapat menggunakan konsekuensi alami jika kesehatan atau keselamatan anak yang terlibat Jika anak muda berlari ke jalan tanpa melihat, tidak mungkin menunggu sampai ia tertabrak mobil -. Konsekuensi alami - untuk mengajarkan dia untuk tidak lari ke jalan. Sebaliknya, ia harus dibawa ke rumah dan mengatakan, "Karena Anda berlari ke jalan tanpa melihat, Anda tidak bisa bermain di luar sekarang. Anda bisa keluar ketika Anda memutuskan untuk mencari sebelum pergi ke jalan."
Hal ini merupakan konsekuensi logis. Karena berlari ke jalan dapat membahayakan anak, ia tidak bisa bermain di luar sampai ia belajar untuk bermain aman di halaman. Dia memiliki pilihan; ia bisa tinggal keluar dari jalan atau dia bisa masuk ke dalam. Ia diberi tanggung jawab atas perilaku dan konsekuensi ia mengalami (masuk ke dalam) adalah hasil dari perilakunya sendiri. Anda dapat mulai memberikan pilihan secepat anak dapat mengalami konsekuensi dari tingkah lakunya. Sebagai contoh, seorang anak yang sangat muda yang bermain dengan makanan bukannya makan dapat penuh cinta dihapus dari kursi tinggi dan mengatakan, "Semua dilakukan!" Ini tidak akan lama sebelum dia melihat dia punya pilihan: ia bisa sampai di makan kursi tinggi dan mendapatkan perhatian positif dari orangtua; atau dia bisa lapar di lantai.
Tujuan menggunakan konsekuensi adalah untuk membantu anak belajar untuk membuat keputusan dan bertanggung jawab atas perilakunya sendiri. Konsekuensinya pengalaman belajar, bukan hukuman. Sebagai contoh, jika ayah berteriak marah pada anaknya, "Pasang mainan kamu atau kamu tidak bisa menonton TV," dia tidak mendorong anak untuk membuat keputusan yang bertanggung jawab. Namun, jika dia mengatakan dengan tenang dan dengan suara ramah, "Andi, jangan ragu untuk menonton TV segera setelah mainan kamu dirapihkan," ia membiarkan anaknya untuk membuat pilihan. Rahasia menggunakan konsekuensi efektif adalah untuk tetap tenang dan terpisah. Biarkan konsekuensi menjadi "orang jahat" - bukan!
Orang tua tidak dapat menerapkan konsekuensi jika mereka marah. Mereka tidak bisa menyembunyikan kemarahan mereka dari anak - suara mereka akan memberikan mereka. Cobalah untuk melihat situasi secara objektif - seolah-olah anak masih kecil tetangga, bukan Anda sendiri - dan mengelola konsekuensi secara tegas dan ramah. Ingat bahwa memberikan anak pilihan dan memungkinkan dia untuk mengalami konsekuensi adalah salah satu cara terbaik yang anak-anak belajar.
Konsekuensi bekerja ketika anak berusaha untuk mendapatkan perhatian orang tua dengan nakal dan ketika anak-anak berkelahi, membuang waktu, dan gagal untuk melakukan pekerjaan mereka. Konsekuensi dapat digunakan untuk mendapatkan anak-anak ke sekolah tepat waktu, untuk makan tepat waktu, dan bertanggung jawab untuk pekerjaan rumah. Anak belajar bahwa jika ia tidak mengambil mainannya, dia tidak bisa pergi keluar dan bermain; jika ia tidak mencuci tangan sebelum makan, dia tidak akan dilayani makanan; dan jika ia berkelahi dengan saudaranya saat berada di mobil, mobil akan berhenti sampai resume tenang.
Hal ini tidak mudah untuk digunakan konsekuensi sebagai cara untuk mendisiplinkan anak-anak. Ini adalah kerja keras untuk memikirkan konsekuensi yang benar-benar logis. Dan itu membutuhkan banyak kesabaran! Kadang-kadang membutuhkan waktu beberapa minggu untuk mendapatkan hasil.
Orang tua begitu digunakan untuk memberitahu anak-anak apa yang harus dilakukan bahwa sangat sulit untuk duduk kembali dan membiarkan anak mengalami konsekuensi dari tindakannya. Upaya tersebut layak, namun, karena Anda mengirim pesan yang kuat kepada anak yang mengatakan, "Anda mampu berpikir untuk diri sendiri."
Untuk mendisiplinkan efektif, berpikir tentang ide-ide ini:
1. metode disiplin yang efektif bekerja lebih baik daripada hukuman dalam mengajar anak-anak bagaimana berperilaku.
2. Semakin banyak orangtua menggunakan metode disiplin yang efektif, anak-anak kurang perlu hukuman.
3. Tidak ada alasan untuk menggunakan hukuman fisik atau verbal untuk mendisiplinkan anak.
4. Menggunakan konsekuensi sebagai metode disiplin membantu anak-anak belajar untuk bertanggung jawab atas perilaku mereka.
5. Konsekuensi harus logis berhubungan dengan perilaku tersebut.
6. Anak harus melihat hubungan antara perilaku dan konsekuensi atau itu tidak akan berhasil.
7. Anak harus tahu dia memiliki pilihan ketika konsekuensi digunakan.
8. Gunakan konsekuensi dalam sebuah perusahaan, baik, dengan ramah.

C.    Perlakuan Terhadap Anak Yang Terluka
Setiap anak apalagi anak yang terluka atau mendapat perlakuan yang tidak semestinya memiliki hak yang harus dilakukan oleh orang dewasa. Karena hak anak merupakan salah satu hak azasi manusia. Hak anak menunjukkan bahwa anak memiliki kebutuhan khusus yang harus dilindungi. Orang tua dan pemerintah wajib menjamin kebutuhan perkembangan anak dan perlindungannya. Jika karena satu dan lain hal, orang tua tidak mampu/tidak bisa menjamin kebutuhan perkembangan anak, maka pemerintah harus mengambil alih pemenuhan kebutuhan anak atau memaksa orang tua untuk memenuhi kebutuhan anak. 
Setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi (UU No. 23 Tahun 2002 Pasal 4).
Dari pasal tersebut terlihat jelas bahwa anak memiliki hak untuk tidak mendapat perlakuan kekerasan dan diskriminasi yang mengakibatkan anak menjadi terluka baik secara fisik maupun psikis. Kekerasan terhadap anak merupakan semua bentuk tindakan/perlakuan menyakitkan secara fisik ataupun emosional, penyalahgunaan seksual, penelantaran, eksploitasi komersial atau eksploitasi lainnya, yang mengakibatkan cidera/kerugian nyata ataupun potensial terhadap kesehatan anak, kelangsungan hidup anak, tumbuh kembang anak atau martabat anak yang dilakukan dalam konteks hubungan tanggung jawab (Yulindrasari, 2010).
Infrastruktur pendidikan sangat penting dalam mewujudkan pemenuhan hak anak. Guru merupakan ujung tombak pemenuhan hak anak. Pendidikan yang berkualitas tergantung pada komitmen, semangat, kreativitas, kompetensi, dan keterampilan guru-gurunya. Guru memiliki tugas untuku menterjemahkan kebijakan-kebijakan nasional ke dalam praktek nyata di sekolah dan guru juga yang memastikan terbentuknya budaya sekolah yang inklusif dan menghormati setiap anak. Supaya guru dapat melakukan semua itu, tentu saja hak guru pun harus dipenuhi dan dihormati.






 BAB IV
KESIMPULAN


Timbulnya permasalahan pada perkembangan perilaku anak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dimana setiap faktor tersebut saling melengkapi antar satu faktor dengan faktor lainnya. Paling tidak terdapat tiga faktor yang menjadi sebab timbulnya yaitu faktor biologis, faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sosial.
Metode disiplin yang efektif bekerja lebih baik daripada hukuman dalam mengajar anak-anak bagaimana berperilaku. Semakin banyak orangtua menggunakan metode disiplin yang efektif, anak-anak kurang perlu hukuman. Tidak ada alasan untuk menggunakan hukuman fisik atau verbal untuk mendisiplinkan anak. Menggunakan konsekuensi sebagai metode disiplin membantu anak-anak belajar untuk bertanggung jawab atas perilaku mereka.  Konsekuensi harus logis berhubungan dengan perilaku tersebut. Anak harus melihat hubungan antara perilaku dan konsekuensi atau itu tidak akan berhasil. Anak harus tahu dia memiliki pilihan ketika konsekuensi digunakan.
Perlindungan khusus adalah perlindungan yang diberikan kepada anak dalam situasi darurat, anak yang berhadapan dengan hukum, anak dari kelompok minoritas dan terisolasi, anak yang dieksploitasi secara ekonomi dan/atau seksual, anak yang diperdagangkan, anak yang menjadi korban penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (napza), anak korban penculikan, penjualan, perdagangan, anak korban kekerasan baik fisik dan/atau mental, anak yang menyandang cacat, dan anak korban perlakuan salah dan penelantaran.






21
 DAFTAR PUSTAKA



Baranovich, Diana-Lea. (2013). Understanding and Caring For The Hurt Child When Unconditional Love is Never Enough. Kuala Lumpur: Pearson.

Izzaty, (2005). Mengenal Permasalahan Perkembangan Anak Usia TK. Jakarta: Depdiknas.

Nurihsan, A.J., & Agustin, M. (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Tinjauan Psikologi, Pendidikan dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama.

Sujiono, Y. (2009). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Yulindrasari,H. (2010). Bahan Belajar Mandiri, Kompilasi Materi Perlindungan dan Pemberdayaan Hak Anak. Bandung: PGPAUD-UPI

Yusuf, S. (2005). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


22
 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive