BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Menurut
Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 pengertian Anak adalah seseorang yang belum
berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan. Pada
hakikatnya anak adalah makhluk individu yang membangun sendiri pengetahuannya.
Itu artinya guru dan pendidik anak usia dini lainnya tidaklah dapat menuangkan
air begitu saja ke dalam gelas yang seolah-olah kosong melompong. Anak lahir
dengan membawa sejumlah potensi yang siap untuk ditumbuhkembangkan asalkan lingkungan
menyiapkan situasi dan kondisi yang dapat merangsang kemunculan dari potensi
yang tersembunyi tersebut (Sujiono, 2009:55).
Anak dipahami secara
utuh sebagai pribadi yang berinteraksi dengan lingkungannya. Anak tumbuh
kembang melalui partisipasi aktif dalam lingkungan sosio-kultural. Tumbuh
kembang secara kualitatif sungguh terjadi secara historis atau melintasi waktu,
bertahap berkelanjutan dalam interaksi yang terus-menerus dengan situasi sosial
yang juga terus berubah.
Anak merupakan individu yang unik dimana
masing-masing memiliki bawaan, minat, kapabilitas, dan latar belakang kehidupan
yang berbeda satu sama lain. Di samping memiliki kesamaan, anak juga memiliki
keunikan tersendiri seperti dalam gaya belajar, minat, dan latar belakang
keluarga. Meskipun terdapat pola urutan umum dalam perkembangan anak yang dapat
diprediksi, namun pola perkembangan dan belajarnya tetap memiliki perbedaan
satu sama lain.
Awal dari
perkembangan pribadi anak pada asasnya bersifat biologis. Dalam taraf-taraf
perkembangan selanjutnya, normalitas dari konstitusi, struktur, dan kondisi
jasmanih seorang anak akan mempengaruhi normalitas kepribadiannya, khususnya
yang bertalian dengan masalah body-image,
self concept, self-esteem dan rasa harga dirinya. (Nurihsan & Agustin,
2011:25).
Anak
dilahirkan belum bersifat sosial. Dalam arti, dia belum memiliki kemampuan
untuk bergaul dengan orang lain. Untuk mencapai kematangan sosial, anak harus
belajar tentang cara-cara menyesuaikan diri dengan orang lain. Kemampuan ini
diperoleh anak melalui berbagai kesempatan atau pengalaman bergaul dengan
orang-orang di lingkungannya, baik orang tua, saudara, teman sebaya maupun
orang dewasa lainnya (Yusuf, 2005:122).
Perkembangan
perilaku sosial anak ditandai dengan adanya minat terhadap aktivitas
teman-teman dan meningkatnya keinginan yang kuat untuk diterima sebagai anggota
suatu kelompok, dan merasa tidak puas bila tidak bersama teman-temannya. Anak
tidak lagi puas bermain sendiri di rumah atau dengan saudara-saudara kandung
atau melakukan kegiatan dengan anggota-anggota keluarga. Anak ingin bersama
teman-temannya dan akan merasa kesepian serta tidak puas bila tidak bersama
teman-temannya.
Perkembangan
pada anak yang termanifestasi dalam perilaku adalah normal atau bermasalah
sungguh sulit untuk dilihat kriterianya. Secara umum hal ini disebabkan karena
ada perilaku yang merupakan proses perkembangan yang normal di suatu area atau
pada umur tertentu namun di area lain atau pada umur selanjutnya dianggap
bermasalah, sehingga normal atau tidak seseorang dianggap relative atau bukan
sesuatu yang mutlak (Izzati, 2005:77).
Dalam
upaya untuk memberikan kejelasan konseptual dalam deskripsi tentang kemungkinan
perilaku-perilaku bermasalah anak-anak, Campbell (Izzati, 2005:79) berpendapat
bahwa istilah perilaku bermasalah mungkin digunakan untuk mengindikasikan
membesarnya frekuensi dan intensitas perilaku tertentu sampai pada tingkatan
yang mengkhawatirkan. Ciri pembeda anak-anak menyimpang dari anak-anak normal
adalah frekuensi atau seberapa sering anak tersebut berperilaku bermasalah dan
intensitas atau bobot dari perilaku yang bisa dilihat dari dampaknya.
Di
samping frekuensi dan intensitas, tiga aspek perlu diperhatikan, yakni derajat
kekronisan, konstelasi, dan konteks sosial dari perilaku bermasalah. Kekronisan
mengacu pada seberapa mendalam permasalahan tersebut dilihat dari akar perilaku
bermasalah. Perilaku bermasalah yang bersumber dari kelainan genetis bersifat
jauh lebih kronis daripada perilaku yang bersumber pada proses mencontoh atas orang
dewasa yang ada di lingkungan sekitar. Karena anak dibesarkan dalam konteks
sosial dan karenanya harus mengikuti norma yang berlaku, ukuran bermasalah atau
tidaknya sebuah perilaku pun harus dikaitkan dengan norma sosial yang berlaku.
Perilaku
pada anak yang bermasalah dapat pula terjadi karena pengaruh lingkungan dan
perlakuan dari orang tuanya terhadap anak tersebut. Anak yang tumbuh dan
berkembang di dalam lingkungan yang kurang baik akan menyebabkan anak memiliki
perilaku yang kurang baik pula. Anak yang mendapat perilaku kurang menyenangkan
dari orang tua atau dari orang-orang yang berada di sekitarnya juga akan
mengakibatkan perilaku anak yang negatif.
Berdasarkan
latar belakang tersebut, maka penulis mengungkapkan dalam sebuah makalah dengan
judul “Disiplin dan Anak Terluka”. Pada makalah ini akan membahas mengenai
perkembangan perilaku anak terutama pada anak yang terluka akibat dari
lingkungan di sekitarnya.
B. Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah dalam
makalah ini adalah sebagai berikut :
1.
Apa
penyebab anak memiliki perilaku yang bermasalah ?
2.
Bagaimana
memberikan pendidikan disiplin kepada anak?
3.
Bagaimana
perlakuan yang dilakukan terhadap anak yang terluka ?
C. Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.
Untuk
mengetahui penyebab anak memiliki perilaku yang bermasalah.
2.
Untuk
mengetahui pendidikan disiplin kepada anak.
3.
Untuk
mengetahui perlakuan yang dilakukan terhadap anak yang terluka.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
Secara umum, anak-anak yang merasakan rasa cinta dan rasa
memiliki tingkat harga diri tinggi karenanya, mereka berperilaku baik. Di sisi
lain, anak-anak yang tidak merasakan rasa cinta dan memiliki harga diri yang
rendah, mereka tidak berperilaku baik dan jauh lebih mudah frustasi. Seperti
disebutkan sebelumnya, mereka bertindak keluar karena kebutuhan emosional
mereka tidak terpenuhi. Semua anak memiliki hari yang buruk dari waktu ke
waktu, menjadi orang dewasa, dalam hal ini. Saya mengacu pada anak yang
terus-menerus bertingkah. Tentu saja ada pengecualian, tapi saya berbicara
tentang mayoritas kasus.
Sekali lagi, berbohong, menipu, pembolosan, mencuri,
melanggar aturan dan perilaku oposisi adalah semua tentang kebutuhan yang tak
terpenuhi dan rendah diri. Hal itu memerankan perilaku yang memberikan
anak-anak terluka dan memiliki sesuatu dilakukan dengan cara mereka.
Singkatnya, secara umum, anak-anak di rumah penampungan
tidak mendapat rasa cinta dan rasa memiliki dan memiliki tingkat rendah harga
diri; karena itu mereka telah bertindak di luar perilaku seharusnya. Mereka
hanya berharap ada hal untuk membuat perubahan permanen untuk perilaku ini
adalah untuk meningkatkan harga diri anak-anaknya dengan dia merasakan konsisten cinta dan rasa
memiliki.
Juga, kita harus terus ingat bahwa ada juga luka yang
merupakan "komplikasi luka anak". Anak ini tidak pernah menyebabkan
masalah, tapi ia masih membutuhkan rasa cinta dan rasa memiliki. Hal ini sering
terjadi bahwa anak ini akan jatuh antara celah. Sayangnya, ada akan datang hari
dimana semua kemarahan implusif bahwa perasaan selalu mengalah pada anak dalam
dirinya akan meletus seperti gunung berapi. Sekali lagi berharap bahwa Anda
tidak berada dalam api garis keturunannya.
4
|
Hukuman fisik pasti tidak bekerja dengan anak-anak rumah
singgah. Hal ini karena mayoritas penampungan anak-anak datang ke rumah singgah
dengan riwayat kekerasan fisik yang ekstrim. Mereka mungkin telah
disalahgunakan untuk memperpanjang telah dipukuli dan kiri dengan patah tulang,
disundut dengan rokok, atau terlempar dari mobil yang bergerak. Singkatnya,
mereka telah menjadi kebal terhadap rasa sakit.
Saya tahu seorang anak 10 tahun, sementara anak asuh,
tangannya patah saat memanjat pohon dan terus bermain selama dua jam berikutnya
seolah-olah tidak ada yang terjadi. Tidak sampai beberapa jam kemudian, ketika
ibu asuhnya melihat pembengkakan ekstrim dan ketidakmampuan anak untuk menekuk
sikunya, kemudian ia dibawa ke ruang gawat darurat dan lengan yang patah
ditemukan. Anak ini punya uang yang dicuri dari tas sekolahnya dan telah pergi
atau marah selama lebih dari satu jam. Anak-anak yang sama yang dapat dengan
mudah mengabaikan rasa sakit fisik memiliki sedikit keterampilan emosional.
Juga, mendapat pukulan menjadi tidak asing bagi mereka. Kita
semua cinta apa yang akrab bahkan ketika itu adalah neraka di bumi. Saya juga
melihat anak-anak mengalahkan diri diingatkan keakraban rumah. Juga, mereka
akan melihat ketika dipukuli dari Anda. Mereka datang untuk mengetahui hal ini
sebagai "hubungan", mereka merasa bahwa mereka sedang diperhatikan
ketika mereka dipukuli.
Selanjutnya, beberapa anak terluka untuk perilaku diri
memutilasi karena mereka bisa menahan rasa sakit fisik lebih dari rasa sakit
emosional.
Salah satu gadis asuh delapan tahun saya dikirim ke kamarnya
untuk sengaja melemparkan gelasnya susu di dapur karena dia tidak mendapatkan
cara-nya. Dia ingin minum Coca-Cola. Namun, karena hiperaktivitasnya, asupan
gulanya dibatasi. Lima belas menit kemudian, aku berjalan melewati kamarnya dan
melihat bahwa ia sedang duduk di tempat tidurnya menggosok wajahnya dengan
kertas pasir kasar. Wajahnya buruk menggaruk. Sebelumnya hari itu, kontraktor
telah pengamplasan rel tangga sebelum kembali lukisan-itu. Apa yang saya lakukan?
Aku dengan tenang mengambil kertas pasir dari tangannya, dan mengatakan bahwa
dia tidak diizinkan untuk melukai dirinya sendiri di rumahku. dia menjulurkan
lidah ke arahku kemudian katanya membenciku. Aku berjalan keluar dari ruangan.
Malam itu setelah dia mandi, aku meletakkan krim di atasnya. Kehidupan berlanjut.
Apa yang saya tidak lakukan adalah bertindak terkejut atau membuat keributan
besar atas cedera atau perilakunya. Ini akan dimasukkan ke dalam perilaku
negatifnya.
Jadi, singkatnya, mengalahkan anak-anak ini tidak akan
memecahkan masalah. Ini hanya menambah lebih banyak bahan bakar ke api yang
sudah menyala. Saya menemukan hal menarik bahwa hal itu bertentangan dengan
hukum untuk orang dewasa untuk memukul satu sama lain, itu tidak bertentangan
dengan hukum untuk pengasuh untuk memukul anak-anak.
Menurut pendapat saya, anak tidak boleh memukul dan dipukuli
setiap saat, untuk alasan apapun, dalam keadaan apapun, kecuali hal itu
dilakukan untuk membela diri, akhirnya.
Langkah kembali sejenak dan bertanya pada diri sendiri: Dengan
pemukulan anak-anak ini mengubah perilaku mereka? Dalam pengalaman saya, tidak
ada, itu hanya diperkuat locus of control eksternal. Internal vs locus of
control eksternal akan dibahas lebih lanjut dalam bab ini.
Satu lagi cerita sejati saya
Sangat mencerahkan bagi saya untuk melihat seberapa tekun
siswa sekolah dasar dan menengah di Malaysia tiba untuk kelas tepat waktu. Yang
cukup menarik, banyak dari mahasiswa pascasarjana saya di universitas, 95% di
antaranya menghadiri sekolah dasar dan menengah di Malaysia, tampaknya merasa
sulit untuk secara konsisten mendapatkan kelas tepat waktu. Kemudian setelah
sekitar tiga semester, akhirnya saya sadar mengapa demikian. Di sekolah dasar
dan menengah, jika seorang siswa terlambat, akan ada konsekuensi yang tidak
menyenangkan. Namun, dalam universitas biasanya tidak ada konsekuensi karena
terlambat. Oleh karena itu, motivasi eksternal untuk tepat waktu ke kelas tidak
ada.
Saya percaya bahwa itu adalah adil untuk mengatakan bahwa
siswa yang secara konsisten terlambat untuk masuk kelas universitas tidak
menginternalisasi nilai yang tepat waktu selama sekolah dasar dan menengah;
mereka di mana tepat waktu untuk menghindari hukuman. Saya katakan "secara
konsisten terlambat" karena saya benar-benar mengerti bahwa ada kesempatan
langka ketika seseorang terlambat untuk alasan yang benar, seperti ban kempes,
anak yang sakit di rumah, atau sedang terjebak dalam kemacetan lalu lintas.
Namun, kita semua tahu bahwa biasanya, tidak ada benar-benar sebuah alasan
mengapa siswa tidak dapat tiba ke kelas tepat waktu. Jadi, saya telah
menyanyikan saya "internalisasi nilai ketepatan waktu" lagu untuk
mahasiswa saya di kelas pertama setiap semester selama empat tahun terakhir.
Akibatnya, siswa saya yang memberikan waktu dan itu indah. Hal ini juga menarik
bahwa banyak dari mahasiswa saya adalah guru di sekolah dasar dan menengah dari
Malaysia. Aku ingin tahu apakah mereka mengirim siswa yang terlambat ke kantor
kepala sekolah ..?
Anak-anak rumah singgah memiliki nilai yang sangat goyah;
kebanyakan dari mereka tidak memiliki nilai sama sekali. Ini, tentu saja, bukan
kesalahan mereka. Mereka berada dalam mode bertahan hidup.
Sekali lagi, apa modifikasi perilaku? itu adalah sistem
imbalan dan hukuman dibentuk untuk memanipulasi perilaku untuk pergi dengan
cara tertentu. Namun, tidak menanamkan nilai-nilai terinternalisasi atau
internal locus of control; hanya melahirkan kontrol eksternal.
Janganlah kita bingung modifikasi perilaku dengan aturan
standar dan peraturan, yang merupakan bagian dari kehidupan untuk membantu
mempertahankan hukum dan ketertiban di masyarakat. Contoh hukum tersebut
mengeluarkan tilang, tidak ada pelanggaran atas properti pribadi, atau jika
Anda membunuh seseorang, Anda akan ditangkap dan masuk penjara.
Penting untuk dicatat bahwa kami tidak dihargai jika kita
sepanjang tahun tanpa mendapatkan tilang. Hal ini juga tidak mungkin bahwa kita
akan mendapatkan bonus pada akhir tahun hanya karena kami tidak terlambat untuk
bekerja untuk satu hari. Namun, jika kita secara konsisten terlambat untuk
bekerja, ada kemungkinan bahwa kita akan kehilangan pekerjaan. Singkatnya, kita
tidak dihargai untuk melakukan apa yang diharapkan dari kita. Waktu yang baik
untuk mulai belajar ini adalah selama masa kanak-kanak. Oleh karena itu, tidak
dianjurkan untuk menghargai anak-anak untuk melakukan apa yang mereka harus
kerjakan. Memberikan penghargaan harus disediakan untuk pergi di atas dan
melampaui panggilan tugas karena ini adalah cara itu di dunia nyata. Jadi, mari
kita tinggalkan terapi tulang anjing ke anjing, dan meninggalkan M & M di
toko permen.
Sebuah keuntungan
sekunder adalah ketika seseorang bertahan sesuatu yang tidak menyenangkan
karena ini akan membawa sesuatu yang menyenangkan setelah itu. Saya telah
memiliki beberapa anak memberitahu saya tentang bagaimana "mencintai dan
manis" itu adalah setelah orang tua mengalahkan mereka karena nantinya
orangtua akan lebih memperhatikan mereka dengan datang memeluk dan membuat
dengan mereka. Anak-anak ini telah belajar bahwa cara untuk mendapatkan
pengasuhan dari orang tua mereka adalah tindakan pertama sampai mendapatkan
pemukulan. Itulah keuntungan sekunder.
Untuk meringkas: modifikasi perilaku tidak bekerja, apalagi
dengan anak-anak terluka karena:
- Itu
tidak bekerja selama ini - apa yang membuat sekarang berbeda?
-
Mereka sudah memiliki "Apa untungnya bagi saya" mentalitas
-
Kadang anak-anak benar-benar mendambakan hukuman karena "akrab" dan
mungkin satu-satunya cara mereka tahu untuk mendapatkan perhatian
- Keuntungan
sekunder sering ikut bermain
Kisah Jacket Red
Kisah perebutan kekuasaan yang tetap dipikiran saya pertama
dan terutama berkisar jaket merah. Ini adalah kisah nyata tentang keluarga kaya
Malaysia yang saya bekerja dengannya pada tahun 2008.
Ibu menelepon saya dan bertanya apakah saya akan bekerja
dengan anaknya 12 tahun karena ia bertindak keluar dan melakukan buruk di
sekolah. seperti praktek saya biasa, saya mengatakan bahwa saya pertama kali
harus bertemu dengan orang tua sebelum aku melihat anak. Baik ibu dan ayah
datang dan mengatakan kepada saya beberapa perilaku mencela anak mereka.
Anak itu telah meminta ibunya apakah ia bisa jaket merah
dari toko buku sekolah. ibunya mengatakan kepadanya "tidak" Anak itu tetap
membeli jaket dan menandatangani biaya untuk tagihan bulanan ibunya. Ketika
ibunya menerima tagihan dan melihat bahwa ia membeli jaket, dia dihadapkan anak
itu. Dia tentu saja membantah telah membeli jaket. Sang ibu mengatakan bahwa
dia dan menyuruhnya untuk pergi mendapatkan jaket. ia terus menyangkal klaim
tersebut. Jadi untuk tiga minggu ke depan, ibu tampak tinggi dan rendah untuk
jaket merah, memohon anak untuk mengakui bahwa ia membelinya. Tentu saja, anak
itu terus menyangkal telah pernah membeli jaket. Juga, dia mencintai manipulasi
dan kontrol dia memiliki lebih ibunya. Dia punya hanya di mana dia ingin. Ibu
itu berlarian di sekitar rumah (seperti ayam dengan kepala dipotong) mencari
jaket. Dia berada dalam kontrol. Tiga minggu kemudian, tukang kebun menemukan
jaket dimakamkan di semak-semak di halaman.
Apa yang harus ibu lakukan? Dia harus memiliki hanya
menunjukkan padanya tagihan ketika ia membantah telah membeli jaket dan
berkata:. "Hal ini jelas bahwa Anda tidak membeli jaket, dan saya berharap
bahwa Anda akan memberikannya kepada saya Sementara Anda dapat membayar RM285
keluar dari saku Anda uang setiap minggu sampai Anda membayar untuk itu. Selain
itu, saya akan memberitahu toko sekolah yang Anda tidak diizinkan untuk membeli
apa pun di sana baik dengan tunai atau kredit tanpa izin saya. "Kemudian,
tidak pernah menyebutkan jaket lagi. Ini adalah akhir dari perebutan kekuasaan
dan akhir cerita. "
Locus of control
internal
berasal dari dalam diri individu. ketika individu menginternalisasi nilai dan
memiliki maknanya, ia akan memeluk dan mempraktekkan nilai ini bahkan ketika ia
berpikir tidak ada orang yang mencari - seperti membaca kue keberuntungan.
Bayangkan bahwa untuk bulan depan, rumah sesama orangtua
telah ditunjuk kepala keluarga untuk tahun ini. Ini adalah tugasnya untuk
mengawasi semua kepala keluarga lain dan menunjukkan apa yang mereka perlu
lakukan lebih baik, melaporkan kesalahan yang mereka buat untuk administrasi,
dan memperbaiki pekerjaan mereka. Bagaimana perasaan Anda?
Teman sebayanya tidak bertanggung jawab atas rekan-rekan.
Hal ini berbeda jika anak yang telah ada lebih lama menjadi mentor untuk
pendatang baru. Tapi untuk mengangkat seseorang dalam posisi sama dengan posisi
kekuasaan psikologi buruk. Tentu saja, ini tidak berlaku untuk promosi standar
yang diterima, seperti ketika seorang guru dipromosikan menjadi kepala
departemen berdasarkan kerja keras dan prestasi.
Ada cara lain untuk menghormati, mengakui dan memvalidasi
anak teladan tanpa meletakkan bertanggung jawab atas anak-anak lain yang
membenci mengendalikan pula. Anak-anak Teladan harus memimpin dengan contoh. (Baranovich,
2013: 50-63)
ANALISIS
A. Penyebab
Anak Memiliki Perilaku Yang Bermasalah
Sebagaimana telah diuraikan pada
bab sebelumnya bahwa perilaku-perilaku bermasalah pada anak-anak yaitu perilaku
anak-anak menyimpang dari anak-anak normal dan frekuensi dari perilaku tersebut
sudah termasuk sering yang dapat dilihat dari dampaknya.
Di samping frekuensi dan
intensitas, tiga aspek perlu diperhatikan yakni derajat kekronisan, konstelasi,
dan konteks sosial dari perilaku bermasalah. Kekronisan mengacu pada seberapa
mendalam permasalahan tersebut dilihat dari akar perilaku bermasalah. Aspek
konstelasi yakni keterkaitan satu perilaku bermasalah dengan perilaku yang
lain. Aspek konteks sosial menyangkut pertimbangan bahwa setiap kelompok sosial
memiliki norma perilaku sendiri.
Timbulnya permasalahan pada
perkembangan perilaku anak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dimana setiap
faktor tersebut saling melengkapi antar satu faktor dengan faktor lainnya.
Paling tidak terdapat tiga faktor yang menjadi sebab timbulnya yaitu faktor
biologis, faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sosial.
11
|
Keadaan keluarga tertentu yang
bisa menyebabkan masalah emosional pada anak-anak. Hetherington (Izzati, 2005:82) menyebutkan
bahwa “anak laki-laki dari keluarga yang bercerai, dibandingkan dengan anak
perempuan dan anak-anak dari keluarga lengkap, menunjukkan angka behavior disorder (masalah perilaku)
yang lebih tinggi dan masalah-masalah dalam hubungan antar personal di rumah
dan di sekolah dengan guru”.
Lingkungan sosial dimana anak
tersebut tumbuh dan berkembang juga memberikan dampak. Satu dimensi dalam
lingkungan sosial yang Nampak berpengaruh dalam membentuk pola-pola perilaku
anak-anak adalah fenomena modeling,
dengan meniru perilaku orang lain. Anak-anak yang menonton model atau teladan
yang agresif yang dihargai atas keagresifannya cenderung menjadi lebih agresif
sendiri.
Anak-anak yang melihat model
yang menetapkan standar tinggi dan menghargai dirinya, secara hemat akan
berperilaku serupa. Perilaku dari model berpengaruh dalam pengembangan control
diri anak.
B. Pendidikan
Disiplin Pada Anak
Orang tua mendisiplinkan anak-anak mereka untuk mengajarkan
mereka bagaimana berperilaku, aman dan bergaul dengan orang lain. Bersiaplah
untuk menghibur anak Anda ketika kemarahan berubah menjadi air mata. Menyakiti
anak-anak untuk mengendalikan perilaku mereka. Hukuman fisik meliputi memukul,
menampar, menendang, tegap, cambuk, rambut-menarik, mencubit, dll
Beberapa orang tua percaya bahwa hukuman fisik adalah cara
yang baik untuk mengajar anak-anak. Menekan sering memiliki efek langsung. Kami
yakin bahwa ada cara yang lebih baik untuk mengajar anak-anak daripada
menyakiti mereka.
Orang tua kita secara fisik dihukum banyak dari kita ketika
kita masih anak-anak. Memukul adalah lebih diterima di masa lalu daripada
sekarang ini. Beberapa orang tua memukul anak-anak mereka karena mereka marah
dan telah kehilangan kesabaran mereka.
Menekan mungkin memiliki efek langsung tetapi tidak mengajar
anak-anak kontrol diri. Orang tua yang memukul mungkin harus memukul lebih
keras waktu berikutnya untuk mendapatkan hasil yang sama.
Berulang atau hukuman fisik yang berat dapat menyakiti anak
Anda, secara fisik dan emosional. Anak-anak dihukum secara fisik lebih agresif
dan sering memiliki lebih banyak masalah di sekolah. Hukuman fisik mengajarkan
anak-anak bahwa memukul orang OK. Menekan juga mengajarkan anak-anak untuk
takut dan menyembunyikan apa yang mereka lakukan dari orang tua.
Hukuman fisik dapat menyebabkan cedera dan penyalahgunaan.
Sangat mudah untuk kehilangan kontrol dan menyakiti seseorang ketika kita marah.
Anak-anak sering nakal untuk menguji batas-batas dan belajar apa yang bisa
mereka lolos dengan Pengajaran perilaku yang baik membutuhkan waktu dan
kesabaran. Bicara dan mendengarkan anak Anda. Kepercayaan dan komunikasi bahkan
lebih penting ketika anak tumbuh dewasa.
Membuat rumah Anda tempat yang aman bagi anak Anda untuk
bermain dan mengeksplorasi. Jauhkan benda-benda terlarang dan berbahaya dari
jangkauan anak-anak. Mengambil mainan dan makanan ringan ketika keluar. Jangan
biarkan anak Anda terlalu lapar, lelah atau bosan. Menetapkan batas yang jelas
pada perilaku anak Anda dengan beberapa aturan sederhana. Fokus pada
keselamatan-aturan harus memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi dan
belajar dengan cara yang aman.
Pastikan anak Anda memahami apa yang Anda harapkan. Menjelaskan
alasan aturan jika anak cukup besar untuk mengerti. Dengarkan apa yang anak
Anda memberitahu Anda. Fokus pada apa yang harus dilakukan, bukan apa yang
tidak boleh dilakukan. Bahasa yang positif membuat lebih mungkin bahwa
anak-anak akan merespon positif.
Alih-alih mengatakan "Anda tidak bisa menonton televisi
sampai Anda menyelesaikan tugas sekolah Anda" cobalah mengatakan
"Anda dapat menonton televisi setelah Anda selesai sekolah Anda". Menggoda,
nama-panggilan dan penghinaan bisa melukai sebanyak memukul. Jangan
membandingkan anak Anda negatif terhadap anak-anak lain
Anak-anak tidak ingin berhenti melakukan hal-hal yang mereka
nikmati. Beri anak kesempatan untuk mempersiapkan perubahan dengan mengatakan:
"Dalam waktu lima menit, akan menghabiskan banyak waktu untuk mematikan
televisi dan mulai sekolah Anda"
Pujian dan mendorong anak-anak Anda ketika mereka
berperilaku-misalnya "Aku suka kalau Anda membantu adikmu". Tampilkan
persetujuan Anda dengan pelukan, ciuman dan tersenyum. Pastikan bahwa perilaku
yang baik akan lebih perhatian Anda dari perilaku buruk. Tinggal apa yang Anda
ajarkan ... misalnya-itu tidak masuk akal untuk memukul seorang anak untuk
memukul orang lain.
Jika anak Anda mulai kehilangan kontrol, mendekatlah dan
merangkul anak (Ini juga merupakan cara yang baik untuk menangani memukul,
menggigit, atau menendang) jika perlu, terus lembut anak Anda dengan hanya
cukup kekuatan untuk menjaga anak dari terluka. Jika holding membuat anak lebih
marah, kemudian membiarkan pergi, tetap tenang dan menunggu sampai anak Anda
tenang. Ini mungkin sulit untuk dilakukan, tetapi sering bekerja tantrum yang
menakutkan bagi anak-anak kenyamanan atau popok bersih
Jika anak Anda frustrasi dan tidak mampu memecahkan masalah,
cobalah aktivitas yang berbeda. Sebagai contoh, mengambil seorang anak di luar
untuk beberapa aktivitas fisik. Biarkan anak-anak mengalami konsekuensi dari
tindakan mereka jika aman untuk melakukannya. Misalnya, "jika Anda tidak
dapat bermain dengan blok tanpa membuang mereka, blok akan disingkirkan."
Kemudian menindaklanjuti dan menempatkan blok jauhnya jika anak terus
melemparkan mereka. Jika anak Anda melakukan sesuatu yang tidak aman, Anda
dapat menjelaskan konsekuensi kemudian, tetapi menghapus anak Anda dari bahaya
segera.
Membawa anak Anda ke tempat yang aman, tenang di mana anak
bisa tenang dan mendapatkan kembali control. Jelaskan secara ringkas bahwa Anda
memiliki waktu menyendiri karena kenakalan anak. Jangan berdebat atau
berdiskusi pada saat ini. Ketika anak merasa siap untuk mencoba lagi (atau
ketika lima menit telah berlalu), membawa anak kembali bermain.
Pilihan membantu anak-anak belajar bagaimana membuat
keputusan. Menawarkan pilihan sederhana, tetapi tidak mengancam. Misalnya,
"Anda dapat mencuci piring atau kering mereka. Anda memutuskan. "
Bantulah anak Anda untuk menentukan masalah. Ajukan
pertanyaan, seperti "Apa yang akan terjadi jika Anda mencoba untuk
....?" Setelah itu, berbicara tentang apa yang berhasil dan apa yang dapat
Anda mencoba waktu berikutnya. Sebagai anak-anak mendekati masa remaja, mereka
masih perlu batas yang jelas tetapi orangtua harus bersedia untuk bernegosiasi
sedikit.
Ketika anak-anak mulai berpikir untuk diri mereka sendiri,
mereka berbicara kembali mungkin marah Anda. Namun, untuk tetap berkomunikasi,
orang tua harus melakukan lebih mendengarkan dan lebih menjelaskan dengan
anak-anak. Berbicara dengan orang tua dari teman anak Anda tentang batas yang
wajar pada pakaian dan jam malam
Disiplin yang efektif membantu anak-anak belajar untuk
mengendalikan perilaku mereka sehingga mereka bertindak sesuai dengan ide-ide
mereka tentang apa yang benar dan salah, bukan karena mereka takut hukuman.
Sebagai contoh, mereka jujur karena mereka pikir itu adalah
salah untuk tidak jujur, bukan karena mereka takut tertangkap.
Tujuan dari hukuman adalah untuk menghentikan anak dari
melakukan apa yang tidak Anda inginkan - dan menggunakan metode yang
menyakitkan atau tidak menyenangkan untuk menghentikannya.
Membiarkan anak mengalami konsekuensi dari keputusan mereka
adalah "bebas repot" cara untuk mendisiplinkan anak muda. Anak-anak
belajar dari pengalaman, seperti orang dewasa. Kami menyebutnya mempelajari
"cara yang keras." Anak belajar bahwa setiap tindakan memiliki konsekuensi
yang ia bertanggung jawab. Orang tua dapat menyatakan bahwa konsekuensi dari
tidak datang ke meja makan di waktu untuk makan adalah bahwa anak tidak makan
malam malam itu. Kelaparan adalah konsekuensi alami dari tidak makan. Jika anak
mengeluh, ibu bisa mengatakan, "Maaf Anda merasa lapar sekarang. Ini
terlalu buruk, tapi Anda harus menunggu untuk sarapan." Anak yang
mengalami konsekuensi yang tidak menyenangkan dari tingkah lakunya akan
cenderung bertindak seperti itu lagi.
Orang tua harus memberitahu anak, sebelum hal itu terjadi,
apa konsekuensinya untuk melanggar aturan. Jika anak tahu bahwa konsekuensi
dari tidak mendapatkan ke meja makan di waktu untuk makan bersama keluarga
tidak makan, maka ia memiliki pilihan. Dia bisa memilih untuk pulang pada
waktunya untuk makan, atau dia bisa memilih untuk menjadi terlambat dan tidak
makan. Dia harus mengerti bahwa dia memiliki pilihan dan bahwa ia harus
menerima konsekuensi dari pilihan itu.
Anak juga perlu tahu alasan konsekuensi; misalnya, itu
adalah pekerjaan ekstra untuk menjaga makanan hangat dan tidak pengertian dari
anggota keluarga lainnya. Hal ini penting juga, bahwa orang tua bersedia untuk
menerima keputusan anak; yaitu, mereka harus bersedia untuk memungkinkan anak
untuk pergi tanpa makan malam jika ia memilih untuk melewatkan makan. Sebuah
pedoman umum adalah: selalu memberikan beberapa pilihan, asalkan mereka adalah
pilihan orang tua dapat hidup bersama.
Konsekuensi alami memungkinkan anak-anak untuk belajar dari
tatanan alam dunia. Misalnya, jika anak tidak makan, ia akan mendapatkan lapar.
Jika ia tidak melakukan pekerjaan rumah, ia akan mendapatkan nilai rendah.
Orangtua memungkinkan konsekuensi yang tidak menyenangkan tetapi wajar terjadi
ketika seorang anak tidak bertindak dengan cara yang diinginkan.
Konsekuensi logis diatur oleh orang tua. Konsekuensinya
secara logis harus mengikuti perilaku anak. Misalnya, tidak memiliki pakaian
bersih untuk memakai merupakan konsekuensi logis dari tidak menempatkan pakaian
kotor ke dalam keranjang. Anak meninggalkan pakaian kotornya di lantai dan
tidak pernah menempatkan mereka dalam kantong pakaian kotor sebagai ibu
diminta. Cerewet, memarahi, dan mengancam tidak baik. Anak terus meninggalkan
pakaian kotornya di lantai.
Ibu memutuskan untuk menggunakan konsekuensi logis. Dia
mengatakan kepada anaknya, di sebuah perusahaan dan suara ramah, bahwa di masa
depan ia akan mencuci hanya pakaian yang ditempatkan di kantong. Setelah lima
hari, anak tidak punya pakaian bersih untuk dipakai ke sekolah dan dia sangat
bahagia untuk harus memakai kotor, pakaian kusut. Setelah itu, anak itu ingat
untuk menempatkan pakaian dalam tas.
Ibu anak itu memberinya tanggung jawab untuk menempatkan
pakaian di tempat yang tepat untuk dicuci. Jika ibu telah menyerah dan mencuci
pakaian anak ketika dia tidak menempatkan mereka dalam tas, dia akan kehilangan
dia kesempatan untuk belajar bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Jika orang
tua melindungi anak-anak dari konsekuensi dari perilaku mereka, mereka tidak
akan mengubah perilaku mereka.
Beberapa orang tua tidak akan bersedia untuk anak mereka
pergi ke sekolah di kotor, pakaian kusut. Hanya mereka dapat memutuskan apakah
mereka ingin menawarkan anak yang konsekuensi tertentu. Menggunakan konsekuensi
dapat membantu anak mengembangkan rasa tanggung jawab. Hal ini membuat hubungan
lebih hangat antara orang tua dan anak-anak dan konflik lebih sedikit. Situasi
itu sendiri memberikan pelajaran kepada anak.
Orang tua tidak dapat menggunakan konsekuensi alami jika
kesehatan atau keselamatan anak yang terlibat Jika anak muda berlari ke jalan
tanpa melihat, tidak mungkin menunggu sampai ia tertabrak mobil -. Konsekuensi
alami - untuk mengajarkan dia untuk tidak lari ke jalan. Sebaliknya, ia harus
dibawa ke rumah dan mengatakan, "Karena Anda berlari ke jalan tanpa
melihat, Anda tidak bisa bermain di luar sekarang. Anda bisa keluar ketika Anda
memutuskan untuk mencari sebelum pergi ke jalan."
Hal ini merupakan konsekuensi logis. Karena berlari ke jalan
dapat membahayakan anak, ia tidak bisa bermain di luar sampai ia belajar untuk
bermain aman di halaman. Dia memiliki pilihan; ia bisa tinggal keluar dari
jalan atau dia bisa masuk ke dalam. Ia diberi tanggung jawab atas perilaku dan
konsekuensi ia mengalami (masuk ke dalam) adalah hasil dari perilakunya
sendiri. Anda dapat mulai memberikan pilihan secepat anak dapat mengalami
konsekuensi dari tingkah lakunya. Sebagai contoh, seorang anak yang sangat muda
yang bermain dengan makanan bukannya makan dapat penuh cinta dihapus dari kursi
tinggi dan mengatakan, "Semua dilakukan!" Ini tidak akan lama sebelum
dia melihat dia punya pilihan: ia bisa sampai di makan kursi tinggi dan
mendapatkan perhatian positif dari orangtua; atau dia bisa lapar di lantai.
Tujuan menggunakan konsekuensi adalah untuk membantu anak
belajar untuk membuat keputusan dan bertanggung jawab atas perilakunya sendiri.
Konsekuensinya pengalaman belajar, bukan hukuman. Sebagai contoh, jika ayah
berteriak marah pada anaknya, "Pasang mainan kamu atau kamu tidak bisa
menonton TV," dia tidak mendorong anak untuk membuat keputusan yang
bertanggung jawab. Namun, jika dia mengatakan dengan tenang dan dengan suara
ramah, "Andi, jangan ragu untuk menonton TV segera setelah mainan kamu dirapihkan,"
ia membiarkan anaknya untuk membuat pilihan. Rahasia menggunakan konsekuensi
efektif adalah untuk tetap tenang dan terpisah. Biarkan konsekuensi menjadi
"orang jahat" - bukan!
Orang tua tidak dapat menerapkan konsekuensi jika mereka
marah. Mereka tidak bisa menyembunyikan kemarahan mereka dari anak - suara
mereka akan memberikan mereka. Cobalah untuk melihat situasi secara objektif -
seolah-olah anak masih kecil tetangga, bukan Anda sendiri - dan mengelola
konsekuensi secara tegas dan ramah. Ingat bahwa memberikan anak pilihan dan
memungkinkan dia untuk mengalami konsekuensi adalah salah satu cara terbaik
yang anak-anak belajar.
Konsekuensi bekerja ketika anak berusaha untuk mendapatkan
perhatian orang tua dengan nakal dan ketika anak-anak berkelahi, membuang
waktu, dan gagal untuk melakukan pekerjaan mereka. Konsekuensi dapat digunakan
untuk mendapatkan anak-anak ke sekolah tepat waktu, untuk makan tepat waktu,
dan bertanggung jawab untuk pekerjaan rumah. Anak belajar bahwa jika ia tidak
mengambil mainannya, dia tidak bisa pergi keluar dan bermain; jika ia tidak
mencuci tangan sebelum makan, dia tidak akan dilayani makanan; dan jika ia
berkelahi dengan saudaranya saat berada di mobil, mobil akan berhenti sampai
resume tenang.
Hal ini tidak mudah untuk digunakan konsekuensi sebagai cara
untuk mendisiplinkan anak-anak. Ini adalah kerja keras untuk memikirkan
konsekuensi yang benar-benar logis. Dan itu membutuhkan banyak kesabaran!
Kadang-kadang membutuhkan waktu beberapa minggu untuk mendapatkan hasil.
Orang tua begitu digunakan untuk memberitahu anak-anak apa
yang harus dilakukan bahwa sangat sulit untuk duduk kembali dan membiarkan anak
mengalami konsekuensi dari tindakannya. Upaya tersebut layak, namun, karena
Anda mengirim pesan yang kuat kepada anak yang mengatakan, "Anda mampu
berpikir untuk diri sendiri."
Untuk mendisiplinkan efektif, berpikir tentang ide-ide ini:
1.
metode disiplin yang efektif bekerja lebih baik daripada hukuman dalam mengajar
anak-anak bagaimana berperilaku.
2.
Semakin banyak orangtua menggunakan metode disiplin yang efektif, anak-anak
kurang perlu hukuman.
3.
Tidak ada alasan untuk menggunakan hukuman fisik atau verbal untuk
mendisiplinkan anak.
4.
Menggunakan konsekuensi sebagai metode disiplin membantu anak-anak belajar
untuk bertanggung jawab atas perilaku mereka.
5.
Konsekuensi harus logis berhubungan dengan perilaku tersebut.
6. Anak
harus melihat hubungan antara perilaku dan konsekuensi atau itu tidak akan
berhasil.
7. Anak
harus tahu dia memiliki pilihan ketika konsekuensi digunakan.
8.
Gunakan konsekuensi dalam sebuah perusahaan, baik, dengan ramah.
C. Perlakuan
Terhadap Anak Yang Terluka
Setiap anak apalagi anak yang terluka atau mendapat
perlakuan yang tidak semestinya memiliki hak yang harus dilakukan oleh orang
dewasa. Karena hak anak merupakan salah satu hak azasi manusia. Hak anak menunjukkan
bahwa anak memiliki kebutuhan khusus yang harus dilindungi. Orang tua dan
pemerintah wajib menjamin kebutuhan perkembangan anak dan perlindungannya. Jika
karena satu dan lain hal, orang tua tidak mampu/tidak bisa menjamin kebutuhan
perkembangan anak, maka pemerintah harus mengambil alih pemenuhan kebutuhan
anak atau memaksa orang tua untuk memenuhi kebutuhan anak.
Setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh,
berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat
kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi (UU
No. 23 Tahun 2002 Pasal 4).
Dari pasal tersebut terlihat jelas bahwa anak memiliki
hak untuk tidak mendapat perlakuan kekerasan dan diskriminasi yang
mengakibatkan anak menjadi terluka baik secara fisik maupun psikis. Kekerasan
terhadap anak merupakan semua bentuk tindakan/perlakuan menyakitkan secara
fisik ataupun emosional, penyalahgunaan seksual, penelantaran, eksploitasi
komersial atau eksploitasi lainnya, yang mengakibatkan cidera/kerugian nyata
ataupun potensial terhadap kesehatan anak, kelangsungan hidup anak, tumbuh
kembang anak atau martabat anak yang dilakukan dalam konteks hubungan tanggung
jawab (Yulindrasari, 2010).
Infrastruktur pendidikan sangat penting dalam
mewujudkan pemenuhan hak anak. Guru merupakan ujung tombak pemenuhan hak anak.
Pendidikan yang berkualitas tergantung pada komitmen, semangat, kreativitas,
kompetensi, dan keterampilan guru-gurunya. Guru memiliki tugas untuku
menterjemahkan kebijakan-kebijakan nasional ke dalam praktek nyata di sekolah
dan guru juga yang memastikan terbentuknya budaya sekolah yang inklusif dan
menghormati setiap anak. Supaya guru dapat melakukan semua itu, tentu saja hak
guru pun harus dipenuhi dan dihormati.
BAB
IV
KESIMPULAN
Timbulnya permasalahan pada perkembangan perilaku anak dapat
disebabkan oleh beberapa faktor, dimana setiap faktor tersebut saling
melengkapi antar satu faktor dengan faktor lainnya. Paling tidak terdapat tiga
faktor yang menjadi sebab timbulnya yaitu faktor biologis, faktor lingkungan
keluarga dan faktor lingkungan sosial.
Metode disiplin yang efektif bekerja lebih baik daripada
hukuman dalam mengajar anak-anak bagaimana berperilaku. Semakin banyak orangtua
menggunakan metode disiplin yang efektif, anak-anak kurang perlu hukuman. Tidak
ada alasan untuk menggunakan hukuman fisik atau verbal untuk mendisiplinkan
anak. Menggunakan konsekuensi sebagai metode disiplin membantu anak-anak
belajar untuk bertanggung jawab atas perilaku mereka. Konsekuensi harus logis berhubungan dengan
perilaku tersebut. Anak harus melihat hubungan antara perilaku dan konsekuensi
atau itu tidak akan berhasil. Anak harus tahu dia memiliki pilihan ketika
konsekuensi digunakan.
Perlindungan khusus adalah perlindungan yang diberikan
kepada anak dalam situasi darurat, anak yang berhadapan dengan hukum, anak dari
kelompok minoritas dan terisolasi, anak yang dieksploitasi secara ekonomi
dan/atau seksual, anak yang diperdagangkan, anak yang menjadi korban
penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya
(napza), anak korban penculikan, penjualan, perdagangan, anak korban kekerasan
baik fisik dan/atau mental, anak yang menyandang cacat, dan anak korban perlakuan
salah dan penelantaran.
21
|
Baranovich,
Diana-Lea. (2013). Understanding and
Caring For The Hurt Child When Unconditional Love is Never Enough. Kuala
Lumpur: Pearson.
Izzaty, (2005). Mengenal
Permasalahan Perkembangan Anak Usia TK. Jakarta: Depdiknas.
Nurihsan, A.J., & Agustin, M. (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Tinjauan Psikologi, Pendidikan
dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama.
Sujiono, Y. (2009). Konsep
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
Yulindrasari,H. (2010). Bahan
Belajar Mandiri, Kompilasi Materi Perlindungan dan Pemberdayaan Hak Anak.
Bandung: PGPAUD-UPI
Yusuf, S. (2005). Psikologi
Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
22
|
No comments:
Post a Comment