Wujud nyata dan jelas pengamalan Pancasila yang terdiri dari lima sila yaitu sebagai berikut :
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
a. Percaya dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar Kemanusiaan yang adil dan beradab.
b. Hormat-menghormati dan bekerja sama antara pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda, sehingga terbina kerukunan hidup
c. Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya
d. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain.
2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
a. Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia
b. Saling mencintai sesama manusia
c. Mengembangkan sikap tenggang rasa
d.Tidak semena-mena terhadap orang lain
e. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
f. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan
g. Berani membela kebenaran dan keadilan
h. Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia karena itu dikembangkan sikap hormat menghormati dan kerjasama dengan bangsa lain
3. Persatuan Indonesia
a. Menempatkan persatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan
b. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
c. CInta tanah air dan bangsa
d. Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia
e. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-bhineka tunggal Ika
4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan /Perwakilan
a. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat
b. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
c. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama
d. Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan
e. Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah
f. Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur
g. Keputusan yang diambil harus dapat dipertangungjawabakan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai kebenaran dan keadilan
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
a. Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong
b. Bersikap adila
c. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
d. Menghornati hak-hak orang lain
e. Suka memberi pertolongan kepada orang lain
f. Menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain
g. Tidak bersifat boros
h. Tidak bergaya hidup mewah
i. Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum
j. Suka bekerja keras
k. Menghargai hasil karya orang lain
l. Bersama sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan keadilan sosial
Blog ini berisi tulisan yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti makalah, artikel, RPP, soal ulangan, puisi, cerita pendek (Cerpen) dan lain-lain. Materi dapat digunakan dari mulai pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai perguruan tinggi (seperti jurusan akuntansi, teknik, komputer, manajemen, kedokteran, filsafat, teologi,geografi, ekonomi, teknologi industri pertanian)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Simbol Bilangan atau Angka
a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...
-
Patukangan teh nyaeta anu boga pagawean atawa anu purah migawe hiji pagawean . Istilah dina bahasa sunda diantarana : Anjun : tukang ...
-
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Hari/Tgl : ...................................... Kelas/Semester ...
-
Berilah tanda silang ( x ) pada jawaban yang paling benar. 1.Di desamu ada gunung berapi , setiap saat bisa meletus,kita harus memiliki...
Blog Archive
-
▼
2018
(718)
-
▼
May
(258)
- Soal Ulangan IPA Kelas 6 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 5 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 4 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 2 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 3 SD
- Soal Ulangan PLH Kelas 4 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 6
- Soal Ulangan IPA KElas 3
- Soal ulangan IPA Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Matematika Kelas 3
- Soal Ulangan PKN Kelas 3 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Bahasa Indonesia kelas 3 SD
- Soal Ulangan SBK Kelas 3 SD
- Soal Ulangan SBK Kelas 1 SD
- Soal Ulangan SBK Kelas 2 SD
- Soal Ulangan bahasa Indonesia Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 1
- Soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Bahasa Sunda Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Bahasa Sunda Kelas 3
- Soal Bahasa Sunda Kelas 1 SD
- Soal Ulangan Bahasa Inggris Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Bahasa Ingris Kelas 2
- Soal Ulangan Bahasa Inggris Kelas 1 SD
- Soal Ulangan kelas 1 SD PJOK
- Soal Ulangan Kelas 3 PJOK
- Soal PJOK Kelas 2 SD
- Soal Ulangan PKN Kelas 3 SD
- Soal Ulangan PKN Kelas 1 SD
- Soal Ulangan PKN Kelas 2 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 1 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 2 SD
- Soal Ulangan IPS Kelas 3 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 3 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 1 SD
- Soal Ulangan IPA Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen kelas 5 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen kelas 4 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen Kelas 3 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen Kelas 2 SD
- Soal Ulangan Pendidikan Agama Kristen Kelas 1 SD
- Soal Ulangan Matematika Kelas 2
- Soal Ulangan IPA Kelas IV
- Soal Ulangan IPS KElas VIII
- Soal Ulangan Bahasa Indoensia Kelas VII
- “PEPELING”
- MONUMEN PANCASILA SAKTI
- MODEL PEMBELAJARAN DISIPLIN ILMU SEJARAH PADA MATA...
- Makalah Ketahanan Nasional
- Makalah Kenakalan Remaja
- Nilai Pancasila yang terdapat pada kerajaan Singas...
- Makalah Analisis Biaya, Volume dan Laba
- Makalah Fungsi Linier Pada Biaya Produksi, Pendapa...
- Konsep dan Hakekat Kepribadian
- Konsep Dasar Perilaku
- Metode Konvensional Dalam Pembelajaran Matematika
- Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achiev...
- Skrining Atau Pemeriksaan Perkembangan Anak Menggu...
- Stimulasi dalam Tumbuh Kembang Anak Prasekolah
- Konsep Perkembangan Pada Anak
- Konsep Pertumbuhan Pada Anak
- LANGKAH KERJA PENGEMBANGAN DAN SISTEMATIKA KTSP
- PENGERTIAN KTSP, KONSEP DAN ACUAN PENGEMBANGAN KTSP
- Penerapan Pendekatan Kontekstual Di Kelas
- Alasan Pentingnya Peggunaan (CTL) Dalam Pembelajaran
- Makalah dalam Kepemimpinan Pendidikan
- Ulangan Matematika Kelas 4
- Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 4
- Ulangan PKN Kela 4
- Ulangan IPS Kelas 4
- Ulangan IPA Kelas 4
- Soal Ulangan bahasa Indonesia Kelas 5
- Soal Ulangan Bahasa Inggris Kelas 2
- Soal Ulangan IPS Kelas 2
- Soal Ulangan IPS Kelas 1
- Soal Ulangan PKN Kelas 5
- Soal Ulangan PKN Kelas 4
- Soal Ulangan PKN Kelas 2
- MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN PEMBELAJARAN IPS
- HIDUP INI INDAH
- AIDS, SEKS DAN REMAJA
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X
- RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG KEL...
- PENILAIAN KEGIATAN DI KELOMPOK BERMAIN (KB) DAN TA...
- PENGELOLAAN SENTRA PEMBANGUNAN DI LEMBAGA PAUD
- PENGELOLAAN SENTRA MAIN PERAN DAN SENTRA SAINS DI ...
- PENGELOLAAN SENTRA PERSIAPAN DI KELOMPOK BERMAIN D...
- PENGELOLAAN KEGIATAN CIRCLE TIME BAGI PENGEMBANGAN...
- Dasar Legalitas PAUD di Indonesia
- Laporan Studi Kasus Observasi di TK
- Khasiat Madu
- Soal dan Jawaban SISTEM POLITIK INDONESIA
- Soal dan Jawaban Pemerintahan Daerah
- Makalah Manusia dan Kegelisahan
- Makalah Bahasa Sunda
- PEMBELAJARAN BAHASA SUNDA DI TK
- Makalah Komunikasi Anak Usia Dini
- Makalah Bakat Anak Usia Dini
-
▼
May
(258)
No comments:
Post a Comment