Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) adalah kegiatan pembelajaran yang menggunakan
projek/kegiatan sebagai proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap,
pengetahuan dan ketrampilan. Penekanan pembelajaran terletak pada
aktivitas-aktivias peserta didik untuk menghasilkan produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis,
membuat, sampai dengan mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan
pengalaman nyata. Produk
yang dimaksud adalah hasil projek dalam bentuk desain, skema,
karya tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain. Pendekatan ini memperkenankan pesera didik untuk bekerja
secara mandiri maupun berkelompok dalam menghasilkan produk nyata.
Langkah-Langkah Pembelajaran Berbasis Projek
Langkah-langkah
|
Deskripsi
|
Langkah -1
Penentuan projek
|
Guru bersama dengan peserta didik
menentukan tema/topik projek
|
Langkah -2
Perancangan langkah-langkah penyelesaian
projek
|
Guru memfasilitasi Peserta didik untuk
merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian projek beserta pengelolaannya
|
Langkah -3
Penyusunan jadwal pelaksanaan projek
|
Guru memberikan pendampingan kepada peserta
didik melakukan penjadwalan semua kegiatan yang telah dirancangnya
|
Langkah -4
Penyelesaian projek dengan fasilitasi dan
monitoring guru
|
Guru memfasilitasi dan memonitor peserta didik dalam melaksanakan rancangan projek yang telah dibuat
|
Langkah -5
Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi
hasil projek
|
Guru memfasilitasi Peserta didik untuk
mempresentasikan dan mempublikasikan hasil karya
|
Langkah -6
Evaluasi proses dan hasil projek
|
Guru dan peserta didik pada akhir proses
pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas projek
|
No comments:
Post a Comment