Monday, May 14, 2018

RPP TEMA 6 SUBTEMA 3 Kelas 4 SD PEMBELAJARAN 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 




Satuan Pendidikan      : .....................................
Kelas / Semester          :  4 /2
Tema                           :  Cita-citaku (Tema 6)
Sub Tema                    :  Giat Berusaha Meraih Cita-Cita (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu          :  Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar
3.6  
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.

4.6  
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.

Muatan : PPKn
No
Kompetensi Dasar
1.3


 2.3    
Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.

Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks  Bhinneka Tunggal Ika.


3.3  
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

4.3  
Mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.

Muatan : IPS
No
Kompetensi Dasar
3.1  
Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

4.1  
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.


C.    TUJUAN
1.      Melalui kegiatan mengamati siswa mampu mengidentifikasikan keragaman keagamaan yang terdapat di sekitarnya.
2.      Melalui kegiatan membuat peta persebaran sumber daya hewan  atau tumbuhan yang ada di daerahnya, siswa mampu  mencari informasi tentang  karakteristik lingkungan di  provinsi tempat tinggal dan  sumber daya.
3.      Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa mampu menjelaskan persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya.
4.      Melalui kegiatan membaca  puisi kembali, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.

D.    MATERI
  1. Keragaman keagamaan.
  2. Peta persebaran sumber daya, hewan dan tumbuhan di daerah.
  3. Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Shared
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi




F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.      Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat pada halaman satu tentang cita-cita tak mengenal suku, agama, atau kebangsaan.  Semua orang dapat menempatkan cita-citanya setinggi langit.  Tetapi setiap orang harus berusaha keras untuk mencapainya.  
7.      Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Giat Berusaha Meraih Cita-Cita.
8.      Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku pertanyaan :
  • Apakah semua orang berhak mempunyai cita-cita?
  • Apa yang bisa kamu lakukan untuk menggapai cita-citamu?

10 menit
Inti
Ayo Membaca
1.      Siswa membaca dengan cermat sebuah bacaan tentang usaha keras seseorang yang bercita-cita besar. Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas tentang seorang arsitek ternama Indonesia. Siswa juga membahas tentang kegigihan tokoh tersebut dalam meraih cita-citanya.
2.      Setelah memahami isi bacaan, siswa lalu melengkapi diagram yang terdapat pada buku siswa tentang apa yang dialami oleh tokoh tersebut. Siswa juga menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan tersebut.

Ayo Mengamati
Siswa mengamati lima buah gambar bangunan tempat beribadah yang terdapat di Indonesia. Dengan bimbingan guru, siswa membahas satu persatu tentang bangunan ibadah tersebut.

1.      Guru dapat memberikan pertanyaan:  Apakah kelima tempat ibadah itu ada di daerahmu? Siswa kemudian secara berkelompok melakukan pengamatan di daerah sekitarnya apakah terdapat bangunan-bangunan ibadah tersebut.
2.      Siswa dengan masing-masing kelompoknya mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Kamu akan dibagi menjadi beberapa kelompok.  Setiap kelompok akan mencari informasi tentang dua tempat ibadah keagamaan.
  • Carilah informasi tentang rumah ibadah dari dua agama yang berbeda di Indonesia.  Tentukan satu tempat ibadah yang paling terkenal di Indonesia.  Catatlah informasi tentang nama, tahun berdiri, dan sejarah singkat tentang tempat ibadah tesebut. 
  • Carilah gambar tentang rumah ibadah tersebut.  Cari tahu makna setiap bagian bangunan ibadah tersebut.
  • Dengan menggunakan sebuah kertas karton ukuran A3, tempelkan gambar rumah ibadah tersebut berikut keterangan di bawahnya.
  • Tuliskanlah juga fungsi dan kegunaan tempat ibadah tersebut selain untuk beribadah umatnya.
  • Aturlah sedemikian rupa pada kertas tersebut sehingga memudahkan bagi temanmu untuk memahaminya. (Gunakan contoh di bawah).
  • Jelaskanlah kesimpulanmu tentang kedua rumah ibadah tersebut.
  • Presentasikanlah hasil karyamu di depan kelas.
  • Catatlah informasi penting yang kamu dapatkan dari kelompok lain yang membandingkan rumah ibadah yang lain.
3.      Siswa menuangkan hasil pencarian informasi tentang 2 buah rumah ibadah dan menuangkannya ke dalam bentuk kesimpulan yang dilengkapi gambar serta penjelasannya. Siswa lalu mempresentasikannya di depan kelas.

4.      Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. (IPS KD 3.1 dan 4.1)

Ayo Mengamati
1.      Siswa mengamati dua buah gambar peta persebaran sumber daya alam hayati yang terdiri atas tumbuhan dan hewan di Indonesia. Dengan bimbingan guru, siswa membahas satu-persatu informasi khusus yang terdapat pada peta tersebut.

2.      Siswa secara kelompok kemudian bekerja sama dalam membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya.
3.      Siswa mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Bekerjalah bersama kelompok yang terdiri atas tiga orang.
  • Kamu dan kelompokmu akan membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahmu.
  • Mintalah kepada gurumu peta buta wilayah kabupaten di daerah tempat tinggalmu.
  • Carilah informasi dari berbagai sumber tentang daerah-daerah di wilayahmu yang menjadi penghasil sumber daya alam hewan atau tumbuhan
  • Tandailah daerah itu dengan memberikan gambar yang mewakili hewan atau tumbuhan yang dimaksud.
  • Lakukanlah hal yang sama untuk daerah penghasil sumber daya alam tumbuhan atau hewan lainnya.
  • Jelaskanlah manfaat setiap sumber daya alam tumbuhan atau hewan yang kamu tahu terhadap masyarakat yang tinggal di wilayahmu.
  • Buatlah kesimpulan tentang sumber daya tumbuhan atau hewan apakah yang paling banyak dihasilkan di daerahmu.
  • Presentasikanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas.
4.      Siswa menyajikan hasil pencarian informasinya dari berbagai sumber ke dalam sebuah kesimpulan tentang manfaat sumber daya tumbuhan atau hewan terhadap masyarakat yang tinggal di daerahnya.

5.      Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. (IPS KD 3.1 dan 4.1)

Ayo Membaca
1.      Siswa membaca teks informasi tentang mendeklamasikan puisi yang baik.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas tentang cara memahami makna sebuah puisi yaitu salah satunya dengan cara memberikan penekanan pada saat mendeklamasikannya. Siswa lalu melihat kembali puisi tentang “Penjaga Alam” pada pembelajaran pertama.  Siswa memberikan tanda V untuk memberikan tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya.  Siswa juga melatih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan.
3.      Siswa menceritakan bagaimana mereka bekerja sama dengan temannya untuk menyelesaikan tugasnya hari ini. Siswa lalu menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini: Nilai dan sikap apakah yang kamu kembangkan untuk bekerja sama?
  • Apa saja yang kamu lakukan di tempat ibadahmu selain berdoa?
  • Apa yang kamu rasakan ketika kamu menjalankan kegiatan ibadahmu?

150 menit















Penutup
A.    Ayo Renungkan
·         Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·         Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·         Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka pelajari pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang sudah dipelajari.
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang hal-hal menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan komentar siswa sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang dirancang

B.     Kerja Sama dengan Orang Tua
  • Siswa bekerja sama dengan orang tua dengan menceritakan salah satu tempat ibadah yang  pernah mereka kunjungi.  Siswamenanyakan kepada orangtuanya mengapa orang tuanya pergi ke sana.

C.    Salam dan do’a penutup.
15 menit


G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
  3. Gambar peta dan rumah ibadah.
  4. Teks informasi seorang arsitek.
  5. Lingkungan sekitar.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.      Membuat Informasi Tentang Rumah Ibadah
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD PPKN 3.3 dan 4.3
Tujuan Kegiatan Penilaian: 
·         Mengukur pemahaman siswa dalam mengidentifikasikan rumah ibadah yang terdapat di sekitarnya
·         Mengukur keterampilan siswa dalam membuat kesimpulan dari hasil pencarian

2.      Membuat Peta Persebaran Sumber Daya Alam 
Bentuk penilaian: Penugasan
Instrumen Penilaian : daftar periksa/rubrik
KD IPS 3.1 dan 4.1

Tujuan Kegiatan Penilaian: 
·         Mengukur pemahaman siswa dalam membuat peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya.
·         Mengukur pengetahuan siswa tentang sumber daya tumbuhan atau hewan yang paling banyak dihasilkan di daerahnya.
·         Mengukur keterampilan siswa dalam membuat peta.

Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….


Mengetahui
Kepala Sekolah,



____________________

Purwakarta, .........................
Guru Kelas  



________________________













No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive