RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : .....................................
Kelas / Semester : 4 /2
Tema : Cita-citaku
(Tema 6)
Sub Tema : Giat Berusaha Meraih Cita-Cita (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPKn, IPS
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 hari
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Muatan : Bahasa
Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.6
|
Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara
lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
|
4.6
|
Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
|
Muatan : PPKn
No
|
Kompetensi
Dasar
|
1.3
2.3
|
Mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika.
Bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di
masyarakat dalam konteks Bhinneka
Tunggal Ika.
|
3.3
|
Menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.3
|
Mengemukakan
manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
|
Muatan : IPS
No
|
Kompetensi
Dasar
|
3.1
|
Mengidentifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
4.1
|
Menyajikan hasil
identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
C. TUJUAN
1.
Melalui
kegiatan mengamati siswa mampu mengidentifikasikan keragaman keagamaan yang
terdapat di sekitarnya.
2.
Melalui
kegiatan membuat peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya, siswa
mampu mencari informasi tentang karakteristik lingkungan di provinsi tempat tinggal dan sumber daya.
3.
Melalui
kegiatan membuat kesimpulan, siswa mampu menjelaskan persebaran sumber daya
hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya.
4.
Melalui
kegiatan membaca puisi kembali, siswa
mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.
D.
MATERI
- Keragaman keagamaan.
- Peta persebaran sumber daya, hewan
dan tumbuhan di daerah.
- Membaca puisi dengan lafal, intonasi,
dan ekspresi.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Shared
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak
dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari
ini.
6. Siswa mengamati gambar dan teks yang
terdapat pada halaman satu tentang cita-cita tak mengenal suku, agama, atau
kebangsaan. Semua orang dapat
menempatkan cita-citanya setinggi langit.
Tetapi setiap orang harus berusaha keras untuk mencapainya.
7. Guru mengaitkan kegiatan ini dengan
judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Giat Berusaha Meraih Cita-Cita.
8. Guru dapat memberikan beberapa
pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku
pertanyaan :
|
10 menit
|
Inti
|
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca dengan cermat sebuah bacaan tentang
usaha keras seseorang yang bercita-cita besar. Dengan bimbingan guru, siswa
lalu membahas tentang seorang arsitek ternama
2.
Setelah memahami isi bacaan, siswa lalu melengkapi
diagram yang terdapat pada buku siswa tentang apa yang dialami oleh tokoh
tersebut. Siswa juga menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan
bacaan tersebut.
Ayo Mengamati
Siswa mengamati
1.
Guru dapat memberikan pertanyaan: Apakah kelima tempat ibadah itu ada di
daerahmu? Siswa kemudian secara berkelompok melakukan pengamatan di daerah
sekitarnya apakah terdapat bangunan-bangunan ibadah tersebut.
2.
Siswa dengan masing-masing kelompoknya mengikuti
langkah-langkah berikut:
3.
Siswa menuangkan hasil pencarian informasi tentang
2 buah rumah ibadah dan menuangkannya ke dalam bentuk kesimpulan yang
dilengkapi gambar serta penjelasannya. Siswa lalu mempresentasikannya di
depan kelas.
4.
Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk
memahamkan kepada siswa tentang manfaat keberagaman karakteristik individu
dalam kehidupan sehari-hari. (IPS KD 3.1 dan 4.1)
Ayo Mengamati
1.
Siswa mengamati dua buah gambar peta persebaran
sumber daya alam hayati yang terdiri atas tumbuhan dan hewan di Indonesia.
Dengan bimbingan guru, siswa membahas satu-persatu informasi khusus yang
terdapat pada peta tersebut.
2.
Siswa secara kelompok kemudian bekerja sama dalam
membuat sebuah peta persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di
daerahnya.
3.
Siswa mengikuti langkah-langkah berikut:
4.
Siswa menyajikan hasil pencarian informasinya dari
berbagai sumber ke dalam sebuah kesimpulan tentang manfaat sumber daya
tumbuhan atau hewan terhadap masyarakat yang tinggal di daerahnya.
5.
Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk
memahamkan kepada siswa tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber
daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi. (IPS KD 3.1 dan 4.1)
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks informasi tentang
mendeklamasikan puisi yang baik.
2.
Dengan bimbingan guru, siswa lalu membahas
tentang cara memahami makna sebuah puisi yaitu salah satunya dengan cara
memberikan penekanan pada saat mendeklamasikannya. Siswa lalu melihat kembali
puisi tentang “Penjaga Alam” pada pembelajaran pertama. Siswa memberikan tanda V untuk memberikan
tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya.
Siswa juga melatih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti
tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan.
3.
Siswa menceritakan bagaimana mereka bekerja
sama dengan temannya untuk menyelesaikan tugasnya hari ini. Siswa lalu
menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini: Nilai dan sikap apakah yang kamu
kembangkan untuk bekerja sama?
|
150 menit
|
|
||
Penutup
|
A.
Ayo Renungkan
·
Apa
saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
·
Keterampilan
apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
·
Hal
menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
·
Guru
menanyakan kembali kepada siswa tentang hal-hal baru yang mereka pelajari
pada hari tersebut, siswa secara mandiri merefleksikan kegiatan pembelajaran
yang telah mereka lakukan dengan menceritakan kembali apa yang sudah
dipelajari.
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar tentang hal-hal
menarik yang siswa alami pada hari tersebut, guru menggunakan komentar siswa
sebagai bahan masukan mengenai desain pembelajaran yang dirancang
B. Kerja Sama dengan Orang Tua
C.
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G. SUMBER DAN
MEDIA
- Buku Pedoman
Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Buku
Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
- Gambar peta dan rumah ibadah.
- Teks informasi seorang arsitek.
- Lingkungan sekitar.
H. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Membuat
Informasi Tentang Rumah Ibadah
Bentuk
penilaian: Penugasan
Instrumen
Penilaian: Rubrik
KD PPKN
3.3 dan 4.3
Tujuan
Kegiatan Penilaian:
·
Mengukur pemahaman siswa dalam
mengidentifikasikan rumah ibadah yang terdapat di sekitarnya
·
Mengukur keterampilan siswa dalam membuat
kesimpulan dari hasil pencarian
2. Membuat
Peta Persebaran Sumber Daya Alam
Bentuk
penilaian: Penugasan
Instrumen
Penilaian : daftar periksa/rubrik
KD IPS 3.1
dan 4.1
Tujuan
Kegiatan Penilaian:
·
Mengukur pemahaman siswa dalam membuat peta
persebaran sumber daya hewan atau tumbuhan yang ada di daerahnya.
·
Mengukur pengetahuan siswa tentang sumber daya
tumbuhan atau hewan yang paling banyak dihasilkan di daerahnya.
·
Mengukur keterampilan siswa dalam membuat peta.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
____________________
|
Purwakarta,
.........................
Guru
Kelas
________________________
|
No comments:
Post a Comment