Thursday, January 12, 2017

Ciri- ciri Anak Prasekolah

 Ciri- ciri Anak Prasekolah
                        Snowman ( dalam Patmonodewo 2008) mengemukakan ciri- ciri anak prasekolah (3-6 tahun ) yang biasanya ada di TK meliputi beberapa ciri  yaitu :
a.    Ciri fisik
            Anak prasekolah dalam penampilan maupun gerak gerik prasekolah mudah dibedakan dengan anak yang berada dalam tahapan sebelumnya yaitu umumnya anak sangat aktif, mereka telah memiliki penguasaan (kontrol) terhadap tubuhnya dan sangat menyukai kegiatan yang dilakukan sendiri seperti memberikan kesempatan kepada anak untuk lari, memanjat dan melompat.
b.    Ciri Sosial
            Anak prasekolah biasanya bersosialisasi dengan orang di sekitarnya.Umumnya anak pada tahap ini memiliki satu atau dua sahabat, tetapi sahabat ini cepat berganti, mereka mau bermain dengan teman. Sahabat yang di pilih biasanya sama jenis kelaminnya, tetapi kemudian berkembang sahabat yang terdiri dari jenis kelamin yang berbeda.
c.    Ciri Emosional
            Pada aspek ini anak cenderung mengekspresikan emosinya dengan bebas dan terbuka. Sikap marah sering diperlihatkan oleh anak pada usia tersebut dan iri hati sering terjadi. Mereka sering kali memperebutkan perhatian guru.
d.      Ciri Kongnitif
            Pada umumnya anak usia prasekolah telah terampil dalam baahasa. Sebagian besar dari mereka senang berbicara, khususnya dalam kelompoknya.Sebaiknya anak diberi kesempatan untuk bicara, sebagian mereka perlu dilatih untuk menjadi pendengar yang baik.


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive