A.
Definifisi Biaya Bersama
Biaya bersama diartikan
sebagai biaya overhead bersama (joint overhed cost) yang
dialokasikan ke berbagai departemen, baik dalam perusahaan yang kegiatan
produksinya berdasarkan pesanan maupun yang kegiatan produksinya dilakukan
secara massa. Biaya produk bersama (joint personal cost) adalah biaya
yang dikeluarkan sejak saat mula-mula bahan baku diolah sampai dengan saat
berbagai macam produk dapat dipisahkan identitasnya. Biaya produk bersama
terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik.
Pengertian pertama biaya
bersama tersebut diatas disebut biaya bergabung (common cost), sedangkan
pengertian kedua disebut biaya bersama (joint cost). Biaya bergabung
adala biaya-biaya untuk memproduksi dua atau lebih produk yang terpisah (tidak
diolah bersama) dengan fasilitas sama pada saat yang bersamaan. Biaya bergabung
dan biaya bersama mempunyai satu perbedaan pokok yaitu bahwa biaya bergabung
dapat diikuti jejak alirannya ke berbagai produk yang terpisah tersebut atas
dasar sebab akibat, atau dengan cara menelusuri jejak penggunaan fasilitas.
B.
Karakteristik
Produk Bersama, Produk Sampingan, dan Produk Sekutu
Produk bersama dan produk sekutu memiliki karakteristik sebagai berikut.
a.
Produk bersama dan produk sekutu merupakan tujuan utama
kegiatan produksi.
b.
Harga jual produk bersama atau produk sekutu relatif
tinggi bila dibandingkan dengan produk sampingan yang dihasilkan pada saat yang
sama.
c.
Dalam mengolah produk bersama tertentu, produsen tidak
dapat menghindarkan diri untuk menghasilkan semua jenis produk bersama, jika ia
ingin memproduksi hanya salah satu diantara produk bersama tersebut. Dalam
perusahaan daging kalengan misalnya, setiap kali penyembelihan sapi, akan
diperoleh daging, kulit, dan lemak. Jika produsen hanya ingin mengolah daging
saja, tidak bisa tidak ia harus memanfaatkan kulitnya (dibuat makanan atau
dijual dalam bentuk kulit).
Produk sampingan dapat
digolongkan sesuai dengan dapat tidaknya produk tersebut dijual pada saat
terpisah dari produk utama (main product).
a.
Produk sampingan yang dijual setelah terpisah dari produk
utama, tanpa memerlukan pengolahan lebih lanjut.
b.
Produk sampingan
yang memerlukan proses pengolahan lebih lanjut setelah terpisah dari produk
utama.
No comments:
Post a Comment