Monday, January 23, 2017

Lingkungan keluarga sebagai tempat Pendidikan karakter dan moral

Lin
                                 Secara umum dari kecil seorang anak diasuh, dipelihara dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga. Namun pendidikan didalam lingkungan keluarga ini akan mempunyai pola yang berbeda-beda sesuai dengan dasar adat dan budaya, keadaan ekonomi, tingkat pendidikan serta status social yang berbeda-beda dimasing-masing keluarga.
                                 Segala sesuatu yang ada didalam keluarga, baik yang berupa benda-benda, orang-orang, peraturan-peraturan serta adat istiadat yang berlaku sangat berpengaruh dan menentukan corak perkembangan watak dan karakter anak-anak. Bagaimana pola didik dan standar moral yang berlaku didalam suatu keluarga akan berimbas terhadap cara seorang anak didik bereaksi terhadap lingkungannya, misalnya :
-        Jika seorang anak sering diejek atau ditertawakan dalam lingkungan keluarganya, maka ia akan tumbuh menjadi anak yang selalu diliputi keragu-raguan.
-        Jika seorang anak selalu dianggap anak kecil, maka ia akan tumbuh menjadi anak yang apatis dan tidak percaya diri.
-        Jika seorang anak dibesarkan dan dididik dengan kasih sayang, ia akan menjadi anak yang tenang, mudah menyesuaikan diri dilingkungan manapun dia berada.

                 Mengingat ekses yang mungkin timbul akibat pola-pola pendidikan diatas, maka ada  hal-hal yang harus dihindari oleh orangtua atau orang dewasa dalam mendidik anak-anaknya yaitu :
-        Jangan sering melemahkan semangat anak dalam usahanya hendak berdiri sendiri.
-        Jangan mengejek atau mempermalukan seorang anak di muka orang lain.

-        Jangan memanjakan anak, tetapi juga tidak boleh mengabaikannya.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive