Bern (1997) menyatakan bahwa pengasuhan
merupakan proses yang berlangsung terus menerus yang melibatkan interaksi
antara orangtua dengan anak. Sementara jarome kagan (1975) menyatakan
pengasuhan sebagai suatu alat untuk melaksanakan suatu rangkaian pengambilan
keputusan untuk mensosialisasikan nilai kepada anak. Sedangkan teori-teori yang
digunakan dalam pengasuhan pada anak mencakup pada beberapa teori dasar dalam
perkembangan manusia, teori-teori tersebut adalah:
a.
Teori psikoanalisis
b.
Cognitive developmental theory
c.
Behaviorism
d.
Social learning theory
e.
Genetic, heredity, personality theory
f.
Humanistic theory
g.
Ethological theory
h.
Theory sistem, etological theory
i.
Theory perkembangan moral
Hoghughi (2004) menyebutkan bahwa pengasuhan mencakup
beragam aktifitas yang bertujuan agar anak dapat berkembang secara optimal dan
dapat bertahan hidup dengan baik. Prinsip pengasuhan menurut hoghughi tidak
menekankan pada siapa (pelaku) namun lebih menekankan pada aktifitas dari
perkembangan dan pendidikan anak. Oleh karenanya pengasuhan meliputi pengasuhan
fisik, pengasuhan emosi dan pengasuhan social.
a.
Pengasuhan
fisik mencakup semua aktifitas yang bertujuan agar anak dapat bertahan hidup
dengan baik dengan menyediakan kebutuhan dasarnya.
b.
Pengasuhan
emosi mencakup pendampingan ketika anak mengalami kejadian-kejadian yang tidak
menyenangkan seperti merasa terasing dari teman-temannya, takut, atau mengalami
trauma.
c.
Pengasuhan
emosi ini mencakup pengasuhan agar anak merasa dihargai sebagai seorang
individu, mengetahui rasa dicintai, serta memperoleh kesempatan untuk
menentukan pilihan dan untuk mengetahui resikonya. Pengasuhan emosi ini
bertujuan agar anak mempunyai kemampuan yang stabil dan konsisten dalam
berinteraksi dengan lingkungannya.
d.
Sementara
itu, pengasuhan sosial bertujuan agar anak tidak merasa terasing dari
lingkungan sosialnya yang akan berpengaruh terhadap perkembangan anak pada
masa-masa selanjutnya.
Fungsi dan peranan pada perkembangan anak dalam pendidikan
keluarga yang dimaksud adalah:
a.
Merupakan bentuk komunikasi
emosi berperan dalam mempengaruhi
kepribadian
dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan sosialnya.
b.
Emosi
dapat mempengaruhi iklim psikologis lingkungan.
c.
Tingkah
laku yang sama dan ditampilkan secara berulang dapat menjadisatu
kebiasaan.
d.
Ketegangan emosi yang
di milik anak dapat menghambat aktivitas motorikdan mental anak.
Jenis emosi menurut stewart at all mengutarakan
perasaan senang, marah, takut dansedih sebagai basic emotions.
a. Senang (gembira)
Pada umumnya perasaan gembira dan senang di
ekspresikan dengan tersenyum (tertawa). Pada perasaan gembira ini juga ada
dalam aktivitaspada saat menemukan sesuatu, mencapai kemenangan.
b.
Marah
Emosi marah dapat terjadi pada saat
individu merasa terhambat, frustasikarena apa yang hendak di capai itu
tidak dapat tercapai.
c.
Takut
Perasaan takut merupakan bentuk emosi yang menunjukn adanyabahaya.
d.
Sedih
Dalam kehidupan sehari – hari nak
akan merasa sedih pada saat ia berpisahdari yang lainnya.
Dari ke empat emosi dasar tadinya dapat berkembang menjadi
berbagai macam emosi yang di klafikasikan kedalam kelompok emosi positif dan
emosi negative.
Contoh dari emosi positif dan negatif yang dikemukan oleh reynold tersebutadalah
:emosi positif : humor (lucu) , joy, kesenangan, rasa ingin
tahu, kesukaan. emosi negatif : tidak sabaran, rasa marah, rasa
cemburu, rasa benci, rasa cemas,rasa takut.
No comments:
Post a Comment