Pengertian Basis Data
Basis Data (Database)
adalah kumpulan file yang mempunyai kaitan antara satu file
dengan file yang lain sehingga membentuk satu bangunan data atau sistem
informasi untuk menginformasikan data dari satu perusahaan atau instansi dalam
suatu batasan tertentu.
Dalam membentuk basis data tersebut apabila ada satu
atau lebih file yang lainnya maka sebaiknya dibangun sebuah baru yang
berdiri sendiri.
Perancangan Basis Data
Sebelum membangun basis data terlebih dahulu harus
membuat rancangan basis data
yang akan di buat, didalam perancangan basis
data ini harus menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen serta
mempertimbangkan kebutuhan saat ini dan masa yang akan datang, sehingga apabila
suatu waktu dibutuhkan pengembangan tidak perlu lagi membangun sebuah basis data baru.
Pada perancangan basis data secara konseptual akan
menggambarkan entitas dan relasi berdasarkan proses yang diinginkan oleh
konsumen (organisasi) sehingga sebelum menentukan entitas dan relasi tersebut
terlebih dahulu harus dilakukan analisa secara mendalam terhadap obyek yang
akan dibuat rancangan basis datanya.
1 Definisi Dalam Basis Data
1.
File adalah kumpulan record-record sejenis yang mempunyai panjang elemen
yang sama, atribut yang sama, namun berbeda-beda datanya.
2. Entity adalah orang, tempat, kejadian atau konsep yang
informasinya direkam.
3. Record adalah kumpulan elemen-elemen yang saling
berkaitan dan menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau
informasi.
2 Kegunaan Basis Data
Penyusunan satu
basis data digunakan untuk mengatasi masalah-masalah pada penyusunan data,
yaitu :
1.
Redudansi dan
inkonsistensi
2. Kesulitan pengaksesan data
3. Isolasi data untuk standarisasi
4. Masalah keamanan (Security)
5. Masalah integrasi (kesatuan)
6. Masalah data independence
(kebebasan data)
No comments:
Post a Comment