Model pembelajaran adalah suatu
desain atau rancangan yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi
lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran, sehingga
terjadi perubahan atau perkembangan pada diri anak. Adapun komponen model
pembelajaran meliputi : konsep, tujuan pembelajaran, materi/tema,
langkah-langkah/prosedur, metode, alat/sumber belajar, dan teknik evaluasi.
Penyusunan model pembelajaran di
TK didasarkan pada silabus yang dikembangkan menjadi perencanaan semester,
satuan kegiatan mingguan (SKM), dan satuan kegiatan harian (SKH). Dengan
demikian model pembelajaran merupakan gambaran konkrit yang dilakukan pendidik
dan peserta didik sesuai dengan satuan kegiatan harian.
Ada beberapa model pembelajaran
yang dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak, diantaranya adalah Model Pembelajaran
Klasikal, Model Pembelajaran Kelompok dengan Kegiatan Pengaman, Model
Pembelajaran Berdasarkan Sudut-Sudut Kegiatan, Model Pembelajaran Area, dan
Model Pembelajaran Berdasarkan Sentra. Model-model pembelajaran tersebut pada
umumnya menggunakan langkah-langkah yang relatif sama dalam sehari, yaitu
kegiatan pendahuluan/awal, kegiatan inti, istirahat/makan, dan kegiatan
akhir/penutup.
MODEL BERDASARKAN SUDUT – SUDUT :
·
Sudut Ketuhanan: maket rumah ibadah, alat-alat
untuk menjalankan tempat ibadah .
·
Sudut Keluarga ; kursi tamu, meja makan,
peralatan dapur, peralatan kamar tidur, boneka.
·
Sudut Pembangunan,: balok – balok, kepingan
geometri, lego, alat pertukangan, kendaraan kecil.
·
Sudut Alam Sekitar : akuarium, benda-benda obyek
pengetahuan ( kulit kerang, biji- bijian, batu – batuan, kaca pembesar dsb
·
Sudut Kebudayaan : Musik, perkusi, rak – rak
buku, peralatan kreativitas, buku-buku bergambar, simbol-simbol dsb.
MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN KEGIATAN PENGAMAN
Kegiatan pengaman digunakan pada
model pembelajaran kelompok dengan kegiatan pengaman. Kegiatan pengaman adalah
kegiatan yang dimaksudkan agar anak-anak yang telah menyelesaikan tugas
terlebih dahulu dalam kelompok dan kegiatan pada kelompok lain tidak terdapat
tempat duduk yang kosong sehingga anak tersebut tidak mengganggu teman lain.
Alat-alat bermain/sumber belajar pada kegiatan pengaman antara lain misalnya balok-balok
bangunan, mainan konstruksi, macam-macam kendaraan, kotak menara, alat
pertukangan, leg puzzle, permainan pola dan alat bermain/sumber belajar lainnya
MODEL PEMBELAJARAN AREA :
·
Area Matematika
·
Area IPA
·
Area Seni/motorik halus.
·
Area Balok
·
Area Musik,
·
Area Bermain peran.
·
Area Bahasa
·
Area Bermain diluar
·
Area Pasir dan Air.
·
Area Agama
MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN SENTRA :
·
Sentra Agama,
·
Sentra bermain peran.
·
Sentra musik,
·
Sentra persiapan,
·
Sentra bahan alam
·
Sentra seni
No comments:
Post a Comment