Evaluasi merupakan pengumpulan
informasi untuk menentukan kualitas dan kuantitas belajar peserta didik. Penilaian
atau evaluasi di TK merupakan usaha mendapatkan berbagai informasi secara
berkala, berkesinambungan serta menyeluruh tentang proses dan hasil dari
pertumbuhan daan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui
kegiatan belajar. Penilaian ini juga merupakan upaya untuk mendapatkan
informasi atau data secara menyeluruh yang menyangkut semua aspek kepribadian
anak terhadap proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah
dicapai melalui proses pembelajaran, meliputi perkembangan fisik motorik,
sosial, emosi, kognitif, moral, dan nilai-nilai agama, serta seni.
Prinsip
Penilaian
Adapun prisip-prinsip yang harus
diperhatikan dalam melakukan evaluasi di TK adalah sebagai berikut ;
a)
Mendidik
b)
Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar
untuk memotivasi, mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang
secara optimal
c)
Berkesinambungan
d)
Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap,
dan terus menerus untuk mendapatkan gambaran tentang pertumbuhan dan
perkembangan anak
e)
Objektif
f)
Akuntabel
g)
Transparan
h)
Sistematis
i)
Menyeluruh
j)
Bermakna
Lingkup dan
Waktu Penilaian
Penilaian mencakup semua aspek
perkembangan yang dirumuskan dalam kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Waktu penilaian dilakukan dimulai dari anak datang di TK, selama
proses, saat istirahat, sampai anak pulang. Hasil penilaian dirangkum dalam
kurun waktu harian, mingguan, atau bulanan.
Teknik
Penilaian
1.
Pengamatan atau observasi
2.
Percakapan
3.
Penugasan
4.
Unjuk Kerja
5.
Penilaian Hasil Karya
6.
Catatan Anekdot
7.
Fortopolio
Prosedur
Penilaian
1.
Mengacu pada kompetensi dan dilakukan seiring
dengan kegiatan pembelajaran
2.
Mencatat proses dan hasil belajar anak
menggunakan berbagai teknik dan instrument
3.
Merangkum catatan semua hasil perkembangan anak
4.
Mengolah hasil rangkuman selama satu semester
menjadi bentuk laporan deskripsi mencakup 3 aspek kompetensi yaitu kompetensi
sikap, pengetahuan dan keterampilan.
No comments:
Post a Comment