Sunday, January 15, 2017

Indikator Kecerdasan Visual-Spasial Anak Usia Dini

 Indikator Kecerdasan Visual-Spasial Anak Usia Dini
Anak yang cerdas visual-spasial sangat peka tatanan dan peka terhadap perubahan tatanan itu dan akan memberi reaksi. Mereka suka mengerjakan maze, dan permainan lain yang memerlukan ketajaman melihat, Anak-anak yang sering memanfaatkan waktu mereka untuk menggambar, merancang sesuatu, membangun balok-balok, lego atau melamun (Armstrong, 2002).
Pada anak-anak usia 2-6 tahun, kecerdasan visual-spasial terdeteksi melaluai indikator berikut :
1.      Anak menonjol dalam kemampuan menggambar, mampu menunjukan detil unsur dari pada anak-anak sebayanya. Garis-garis pada pakaian, ciri khusus pada kaos supermen, misalnya muncul dalam gambar yang mereka buat dan hal  ini tidak muncul pada anak-anak sebayanya (usia KB dan TK ).
2.      Anak memiliki kepekaan teradap warna, cepat mengenali waran dan mampu memadukan waran dengan lebih baik dari pada anak-anak sebayanya. Ketika mengamati gambar, anak mampu melihat unsur yang kecil, warna yang ada pada gambar dan objek (usia 2-6 tahun).
3.      Anak suka menjelajah lokasi disekitarnya dan memperhatikan tata letak benda-benda disekitarnya, sera cepat menghafal letak benda-benda. Mereka bersepeda hingga keluar lokasi KB atau TK, mereka tidak takut bermain dengan anak-anak yang lebih besar dan diajak memjelajah dusun bahkan desa lain (usia KB dan TK )
4.      Anak menyukai balok atau benda lain untuk membuatsuatu bangun benda, seperti mobil, rumah, perawat atau apapun yang diinginkan anak. Begitu melihat bangun geometri (dua maupun tiga dimensi), anak tertarik untuk segera membuat konstruksi (usia KB dan TK).
5.      Anak suka melihat-lihat dan memperhatikan buku yang berilustrasi atau buku-buku penuh gambar. Majalah-majalah yang memuat berbagai gambar penuh warna dilihat beberapa kali (usia 2-6 tahun).
6.      Anak suka mewarnai berbagai gambar yang ada dibuku, menebalkan garisnya, dan menirunya. Anak juga mencoret-coret bend, seperti dinding, almari, meja, kursi dengan spidol, pastel atau pinsil warna warni (usai 2-6 tahun).
7.      Anak menikmati bermain kolase dari berbagai unsur (usia TK), membuat benda dari playdough,malam(lilin) atau sejenisnya (usia KB dan TK).
8.      Anak memperhatikan berbagai jenis grafik, peta dan diagram, serta menanyakan nama dan maksud bentuk-bentuk informasi tersebut sementara anak sebayanya kurang antusias. Pada saat bermain grafik, anak dengan kecerdasan visual-spasial tampak lebih antusias dan sepat memahami informasi yang dimaksudkan pendidik (usia KB dan TK).
9.      Anak menikmati foto-foto dialbum dan cepat mengenali orang-orang atau benda-benda difoto, tertarik dengan kamera dan ingin menggunakan nya, serta dapat mengarahkan kamera pada objek yang dikehendakinya (usia KB dan TK).
10.  Anak banyak bercerita tentang mimpinya dan dapat menunjukan detai mimpi dari pada sebayanya (usia KB dan TK).
11.  Anak tertarik pada profesi yang terkait dengan penggunaan kecerdasan visual-spasial serta optimal seperti pelukis (anak-anak menyebutnya sebagai tukang gambar), fotografer (tukang foto), arsitek (anak menyebutnya tukang gambar rumah), perncang busana (anak menyebutnya tukang baju), pilot (penjelajah ruang angkasa), atau karir lain yang berorientasi visual-spasial (usia KB dan TK).
12.  Anak dapat merasakan pola-pola sederhana dan mampu menilai pola mana yang lebih bagus dari pola lainnya. Anak juga dapat menggunakan informasi komposisi warna pda pola, sepeti kain. Pada saat memilih baju, anak menunjukan perhatian terhadap warna dan model (usia TK).

Kecerdasn tersebut menunujukan bahwa kecerdasan visual-spasial telah muncul pada usia 2-3 tahun. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap warna, menikmati gambar, membuat coretan, menikmati foto-foto. Pada anak usia KB, hampir semua indicator telah muncul, kecuali kesadaran akan pola dan detil mimpi. Anak usia TK telah memiliki semua indicator kecerdasan visual-spasial dalam berbagai kadar pencapaian.

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive