Friday, November 17, 2017

HTML (Hypertext Markup Language)


HTML (Hypertext Markup Language) merupakan suatu script dimana kita bias menampilkan informasi dan daya kreasi kita melalui internet. HTML sendiri adalah suatu dokumen teks biasa yang mudah untuk dimengerti dibandingkan bahasa pemrograman lainnya, dan karena bentuknya itu maka HTML dapat dibaca oleh platform yang berlainan seperti windows, unix dan lainnya. (Sampurna, 1996:6).
HTML merupakan bahasa pemrograman fleksibel dimana kita bisa meletakkan script dari bahasa pemrograman lainnya, seperti JAVA, VB, C, dan lainnya. Hypertext dalam HTML berarti bahwa kita dapat menuju ke suatu tempat, misal website atau halaman homepage lain, dengan cara memilih suatu link yang biasanya digaris bawahi atau diwakili oleh suatu gambar. Selain link ke website atau homepage halaman lain, hypertext ini juga mengizinkan kita untuk menuju ke salah satu bagian dalam satu teks itu sendiri.
HTML tidak berdiri sendiri, agar ia dapat bertugas dalam membangun halaman web, ia harus ditulis dalam software atau aplikasi tertentu, yang dikenal sebagai HTML Editor. HTML Editor inilah yang bertugas untuk “menerjemahkan” bahasa HTML menjadi halaman web yang siap dilihat oleh para surfer di seluruh dunia. Secara umum, ada dua jenis HTML Editor, yaitu text editor dan WYSIWYG editor.
1. Text Editor
Text Editor biasa digunakan oleh mereka yang sudah mahir dalam menggunakan bahasa HTML, karena melalui editor jenis ini anda dapat langsung menuliskan kode-kode HTML satu persatu, sesuai prosedur teknis yang berlaku. Untuk editor jenis ini, kita dapat menggunakan notepad.
2. WYSIWYG Editor
WYSIWYG Editor adalah solusi bagi mereka yang belum mahir dalam menggunakan bahasa HTML. Pada jenis aplikasi ini, kita dapat membangun halaman web dengan lebih mudah, karena apa yang terlihat di layar akan sama dengan hasil yang anda dapatkan. WYSIWYG adalah singkatan dari What You See Is What You Get. Untuk editor jenis ini , kita dapat menggunakan aplikasi Microsoft Word, Excel, Access, PowerPoint, Outlook, FrontPage dan yang cukup popular Macromedia Dreamweaver.
Elemen pada HTML dapat didefinisikan sebagai suatu kode tertentu yang akan menyediakan tempat untuk meletakkan beberapa kode didalamnya. Berbeda dengan tag yang menangani satu kode saja. Untuk lebih jelasnya perhatikan skema di bawah ini.

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>tempat untuk menempatkan judul halaman web
</TITLE>
</HEAD>
<BODY>tempat untuk menempatkan informasi
</BODY>
</HTML>

Jadi jelas bahwa elemen merupakan satu bagian yang besar yang terdiri dari banyak kode-kode yang disebut tag itu. Dokumen HTML diawali dengan tag <HTML> dan diakhiri dengan tag </HTML>. Elemen pada HTML akan memisah dokumen menjadi dua bagian utama, antara lain :
1.        Elemen <HEAD>………</HEAD> : Merupakan bagian kepala, tempat untuk menuliskan keterangan mengenai judul halaman web, nama pengarang dan script atau program kecil.
2.        Elemen <BODY>………</BODY> : Merupakan bagian badan atau isi, tempat untuk menuliskan informasi yang akan ditampilkan pada browser.

   Pada bagian head ini biasanya diapit oleh dua buah perintah yaitu <head> dan </head> yang didalamnya terdapat komponen seperti judul dokumen yang ditulis dengan diapit oleh tag <title> dan </title>, pengenal serta fungsi-fungsi program lainnya. Selain tag <title> didalam head juga dikenal tag-tag lainnya yaitu tag <base> yang berfungsi untuk menentukan basis URL sebuah dokumen, tag <link> yang berfungsi untuk menunjukkan hubungan antar dokumen pada HTML dan tag <meta> yang berfungsi untuk mendefinisikan informasi-informasi di luar HTML.
Sebagai contoh tag yang ada pada bagian head dalam sebuah file HTML yaitu sebagai berikut.
<head>
<meta http-equiv=”Content-Type”  content=”text/html;
charset=windows-1252”>
<meta name=”GENERATOR” content=”Microsoft FrontPage 4.0”>                                                                           <meta name=”ProgId” content=”FrontPage. Editor . document”>
<title>New Page 1</title>
</head>
Pada bagian body ini merupakan isi dari dokumen HTML didalamnya bisa untuk menampilkan teks, gambar, suara, animasi teks dan lain-lainnya sesuai dengan tampilan yang diinginkan pada halman web. Pada tag <body> ini mempunyai beberapa attribut yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu yang dapat digunakan dalam HTML, adapun attribut yang ada lihat tabel 2.1 di bawah.
Tabel 2.1  Atribut dan Fungsi Dalam Tag <BODY>
ATRIBUT
FUNGSI
ALINK
Menentukan warna dari lingkungan aktif.
BACKGROUND
Merujuk pada URL atau direktori dari file gambar yang digunakan sebagai latar belakang.
BGPROPERTIES
Menentukan warna latar belakang dokumen.
LINK
Menentukan warna dari link yang belum dikunjungi.
TEXT
Menentukan warna teks.
TOPMARGIN
Menentukan batas atas dokumen dalam pixel.
VLINK
Menentukan warna dari link yang telah dikunjungi.
Untuk lebih jelasnya tentang penggunaan tag <body> tersebut dapat dilihat dalam potongan file HTML sebagai berikut.
<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Contoh perintah body</TITLE>
</HEAD>
<BODY BGCOLOR=”Silver” TEXT=”Blue” ALINK = #000000
            VLINK= #FF0000 LINK=”Green”>

Ini adalah contoh penggunaan tag body
</BODY>
</HTML>

Tag hanyalah bagian dari elemen. Tag adalah kode-kode yang digunakan untuk men-setting dokumen HTML. Dari tiap-tiap teks programnya, dimulai dengan tanda <Tag-awal> dan diakhiri dengan tanda </Tag-akhir>. Untuk membuat dokumen HTML, perlu mengetahui dan mempelajari elemen serta tag- tag yang digunakan untuk menandai bagian-bagian dari suatu dokumen dengan menggunakan program editor teks biasa yaitu notepad atau dengan yang berbasiskan WYSIWYG seperti Maxromedia Dreamweaver dan Microsoft FrontPage.
Adapun tag-tag tersebut dapat dilihat pada tabel 2.2.
Tabel  2..2   Tag Untuk Format Dokumen HTML
NAMA TAG
FUNGSI
<BR>
Untuk membuat baris baru.
<P>
Untuk memulai suatu paragraf baru.
<HR>
Untuk membuat garis batas horizontal sekaligus membuat baris baru. Didalam tag ini terdapat attribut ALIGN, WIDTH, SIZE, dan COLOR.
<Hn>
Digunakan untuk membuat heading dalam sebuah dokumen, dimana n akan mempunyai nilai dari 1 sampai 7 dengan 1 merupakan ukuran huruf yang paling besar.
<PRE>
Untuk menampilkan teks pada halaman browser sama dengan tampilan yang ada pada teks editor, sehingga dengan perintah ini tag <P> dan tag <BR> menjadi tidak diperlukan lagi.
<CENTER>
Untuk menampilkan teks yang ditulis menjadi rata ditengah (centering).
<FONT>
Untuk mengatur jenis, ukuran dan warna bentuk tulisan (font) yang akan ditampilkan. Tag ini mempunyai attribut face untuk nama font, Color untuk warna font dan Size untuk ukuran font. Tag ini biasanya diakhiri dengan tag </FONT>.


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive