Wednesday, November 29, 2017

LEMBAR KERJA SISWA PKN KELAS VI

LEMBAR KERJA SISWA




A.      KONSEP                                    : Meneladani nilai-nilai juang para tokoh nasional
B.       TUJUAN                                    : Menghargai nilai-nilai juang dalam proses
                                           perumusan Pancasila sebagai dasar Negara.
C.      NAMA KELOMPOK   : ………………………………………
a.    KETUA                      : ………………………………………
b.   ANGGOTA               : 1. ………………………………………
                                     2. ………………………………………
                                     3. ………………………………………
                                     4. ………………………………………
                                     5. ………………………………………
                                     6. ………………………………………
                                     7. ………………………………………

D.      BAHAN
Perumusan dasar Negara Indonesia yakni Pancasila merupakan hasil kerja keras para tokoh bangsa Indonesia. Para tokoh tersebut berjuang demi negaranya agar bisa merdeka dan berdaulat. Segala upaya dari para pahlawan tersebut harus kita hargai dan maknai bersama karena di dalam peristiwa tersebut terkandung nilai-nilai luhur yang sangat pantas dijadikan teladan bagi bangsa Indonesia ke depannya. Nilai-nilai luhur tersebut antara lain sebagai berikut :
1)        Memelihara rasa dan sikap persatuan dan kesatuan.
2)        Membela yang benar dan memperjuangkan Hak Asasi Manusia (HAM).
3)        Memelihara semangat kekeluargaan, kebersamaan dan cinta tanah air.
4)        Mendahulukan kepentingan bangsa di atas kepentingan golongan dan atau pribadi.



E. TUGAS
Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini !
1.      Bagaimanakah cara memelihara persatuan dan kesatuan bangsa ?
2.      Bagaimana cara memperjuangkan Hak Asasi Manusia (HAM) ?
3.      Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan usaha mengembangkan semangat kekeluargaan, kebersamaan dan cinta tanah air?
4.      Apa yang harus kita lakukan jika terjadi perbedaan pendapat dalam memutuskan suatu masalah ?
5.      Bagaimana sikap kita ketika terjadi perbedaan pendapat ?


Selamat Mengerjakan !


LEMBAR KERJA SISWA




A. KONSEP                          : Meneladani nilai-nilai juang para tokoh nasional
B. TUJUAN                           : Menghargai nilai-nilai juang dalam proses
                                           perumusan Pancasila sebagai dasar Negara.
C. NAMA KELOMPOK     : ………………………………………
a.    KETUA                      : ………………………………………
b.   ANGGOTA               : 1. ………………………………………
                                     2. ………………………………………
                                     3. ………………………………………
                                     4. ………………………………………
                                     5. ………………………………………
                                     6. ………………………………………
                                     7. ………………………………………

D. BAHAN
Pada sidang pertama PPKI rancangan UUD hasil kerja BPUPKI dibahas kembali. Pada pembahasannya terdapat usul perubahan yang dilontarkan kelompok Hatta. Mereka mengusulkan dua perubahan. berkaitan dengan sila pertama yang semula berbunyi "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat lslam bagi pemeluk-pemeluknya" diubah menjadi "Ketuhanan Yang Maha Esa". Bab ll UUD Pasal 6 yang semula berbunyi "Presiden ialah orang lndonesia yang beragama lslam" diubah menjadi "Presiden ialah orang lndonesia asli". Semua usulan itu diterima peserta sidang. Hal itu menunjukkan mereka sangat memperhatikan persatuan dan kesatuan bangsa. Rancangan hukum dasar yang diterima BPUPKI pada tanggal 17 Juli 1945 setelah disempurnakan oleh PPKI disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara lndonesia. UUD itu kemudian dikenal sebagai UUD 1945. Keberadaan UUD 1945 diumumkan dalam berita Republik Indonesia Tahun ke-2 No. 7 Tahun 1946 pada halaman 45-48.

E. TUGAS
Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini !
1.      Sebutkan rumusan dasar Negara RI yang dikemukakan oleh ?
a.       M. Yamin
b.      Dr. Soepomo
c.       Ir. Soekarno
2.      Sebutkan rumusan dasar Negara yang ada di Piagam Jakarta ?
3.      Mengapa sila pertama Piagam Jakarta harus diubah ?
4.      Gambarlah lambang Dasar Negara yang ada di gambar Garuda Pancasila ?
5.      Pelajaran apa yang dapat diambil dari kesepakatan Bung Hatta dengan tokoh-tokoh dalam Menanggapi keberatan pemeluk agama lain terhadap rumusan pertama Pancasila pada naskah Piagam Jakarta ?


Selamat Mengerjakan !
LEMBAR KERJA SISWA


A.      KONSEP                        : Meneladani nilai-nilai juang para tokoh nasional
B.       TUJUAN                        : Menghargai nilai-nilai juang dalam proses
                                                  perumusan Pancasila sebagai dasar Negara.
C.      NAMA KELOMPOK   : ………………………………………
a.    KETUA                      : ………………………………………
b.    ANGGOTA               : 1. ………………………………………
                                     2. ………………………………………
                                     3. ………………………………………
                                     4. ………………………………………
                                     5. ………………………………………
                                     6. ………………………………………
                                     7. ………………………………………
D.      BAHAN                                                  :
Prameswara dan Medari adalah siswa kelas enam dan satu kelas. Walaupun satu kelas Prameswara dan Medari keduanya telah lama tidak akur. Puspita mengetahui keadaan kedua sahabatnya tersebut dan Puspita tetap menghargai kedua sahabatnya tersebut. Satu minggu kemudian para siswa kelas enam mengadakan rapat untuk menentukan objek wisata yang akan didatangi dalam program karyawisata. Prameswara mencoba mendekati Puspita guna memperoleh dukungan atas pendapatnya dalam rapat nanti. Medari tidak mau ketinggalan melakukan hal yang sama. Medari dengan caranya yang halus mencoba merayu Puspita agar mendukung usulnya yang akan disampaikan dalam rapat nanti.
Setelah waktunya tiba rapatpun dimulai. Puspita sebagai ketua kelas membuka dan memimpin rapat. Dalam rapat itu, Puspita meminta pendapat dari teman-temannya untuk mengajukan usulan tempat yang cocok. Prameswara dan Medari mengemukakan pendapatnya. Puspita sangat terkesan dengan kedua sahabatnya itu. Pendapat keduanya sama-sama baik. Puspita merasa bingung dengan usul kedua sahabatnya itu. Jika ia memilih usul Medari ia dianggap tidak akur dengan Prameswara.
E. TUGAS
Apakah kamu bisa membantu Puspita memecahkan persoalan ini ? Diskusikan persoalan tersebut dengan pedoman pertanyaan-pertanyaan berikut ini !
1.      Adakah pendapat lain untuk membantu Puspita ? Apa pendapatnya ?
2.      Bagaimana sikap Prameswara dan Medari jika salah satu pendapatnya diterima, sedangkan yang lain ditolak ?
3.      Jika Puspita kemudian dianggap tidak mendengarkan pendapat atau usul salah satu dari Prameswara dan Medari bagaimana sikapmu ?
4.      Apa yang harus kita lakukan jika terjadi perbedaan pendapat dalam kelompok ?
5.      Sikap apa yang harus kita kembangkan dalam rapat jika ada perbedaan pendapat ?


Selamat Mengerjakan !




No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive