LEMBAR KERJA SISWA
A.
KONSEP : Meneladani nilai-nilai juang
para tokoh nasional
B.
TUJUAN : Menghargai nilai-nilai juang
dalam proses
perumusan Pancasila sebagai dasar Negara.
C.
NAMA KELOMPOK : ………………………………………
a. KETUA :
………………………………………
b. ANGGOTA : 1. ………………………………………
2. ………………………………………
3. ………………………………………
4. ………………………………………
5. ………………………………………
6. ………………………………………
7. ………………………………………
D. BAHAN
Perumusan dasar Negara Indonesia yakni Pancasila merupakan hasil kerja
keras para tokoh bangsa Indonesia. Para tokoh tersebut berjuang demi negaranya
agar bisa merdeka dan berdaulat. Segala upaya dari para pahlawan tersebut harus
kita hargai dan maknai bersama karena di dalam peristiwa tersebut terkandung
nilai-nilai luhur yang sangat pantas dijadikan teladan bagi bangsa Indonesia ke
depannya. Nilai-nilai luhur tersebut antara lain sebagai berikut :
1)
Memelihara rasa dan sikap persatuan dan kesatuan.
2)
Membela yang benar dan memperjuangkan Hak Asasi Manusia (HAM).
3)
Memelihara semangat kekeluargaan, kebersamaan dan cinta tanah
air.
4)
Mendahulukan kepentingan bangsa di atas kepentingan golongan
dan atau pribadi.
E. TUGAS
Diskusikan
pertanyaan-pertanyaan berikut ini !
1. Bagaimanakah cara memelihara
persatuan dan kesatuan bangsa ?
2. Bagaimana cara memperjuangkan
Hak Asasi Manusia (HAM) ?
3. Sebutkan contoh dalam
kehidupan sehari-hari yang mencerminkan usaha mengembangkan semangat
kekeluargaan, kebersamaan dan cinta tanah air?
4. Apa yang harus kita lakukan
jika terjadi perbedaan pendapat dalam memutuskan suatu masalah ?
5. Bagaimana sikap kita ketika
terjadi perbedaan pendapat ?
Selamat
Mengerjakan !
LEMBAR KERJA SISWA
A. KONSEP :
Meneladani nilai-nilai juang para tokoh nasional
B. TUJUAN :
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai dasar Negara.
C. NAMA KELOMPOK :
………………………………………
a. KETUA :
………………………………………
b. ANGGOTA : 1.
………………………………………
2. ………………………………………
3. ………………………………………
4. ………………………………………
5. ………………………………………
6. ………………………………………
7. ………………………………………
D. BAHAN
Pada sidang pertama PPKI rancangan UUD hasil kerja BPUPKI dibahas
kembali. Pada pembahasannya terdapat usul perubahan yang dilontarkan kelompok
Hatta. Mereka mengusulkan dua perubahan. berkaitan dengan sila pertama yang
semula berbunyi "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat lslam bagi
pemeluk-pemeluknya" diubah menjadi "Ketuhanan Yang Maha Esa".
Bab ll UUD Pasal 6 yang semula berbunyi "Presiden ialah orang lndonesia
yang beragama lslam" diubah menjadi "Presiden ialah orang lndonesia
asli". Semua usulan itu diterima peserta sidang. Hal itu menunjukkan
mereka sangat memperhatikan persatuan dan kesatuan bangsa. Rancangan hukum
dasar yang diterima BPUPKI pada tanggal 17 Juli 1945 setelah disempurnakan oleh
PPKI disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara lndonesia. UUD itu kemudian
dikenal sebagai UUD 1945. Keberadaan UUD 1945 diumumkan dalam berita Republik Indonesia
Tahun ke-2 No. 7 Tahun 1946 pada halaman 45-48.
E. TUGAS
Diskusikan
pertanyaan-pertanyaan berikut ini !
1. Sebutkan rumusan dasar
Negara RI yang dikemukakan oleh ?
a. M. Yamin
b. Dr. Soepomo
c. Ir. Soekarno
2. Sebutkan rumusan dasar
Negara yang ada di Piagam Jakarta ?
3. Mengapa sila pertama Piagam
Jakarta harus diubah ?
4. Gambarlah lambang Dasar
Negara yang ada di gambar Garuda Pancasila ?
5. Pelajaran apa yang dapat
diambil dari kesepakatan Bung Hatta dengan tokoh-tokoh dalam Menanggapi
keberatan pemeluk agama lain terhadap rumusan pertama Pancasila pada naskah
Piagam Jakarta ?
Selamat Mengerjakan !
LEMBAR KERJA SISWA
LEMBAR KERJA SISWA
A.
KONSEP : Meneladani nilai-nilai juang para tokoh
nasional
B.
TUJUAN : Menghargai nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai dasar Negara.
C.
NAMA KELOMPOK : ………………………………………
a. KETUA :
………………………………………
b. ANGGOTA : 1.
………………………………………
2. ………………………………………
3. ………………………………………
4. ………………………………………
5. ………………………………………
6. ………………………………………
7. ………………………………………
D.
BAHAN :
Prameswara dan Medari adalah siswa kelas enam dan satu kelas. Walaupun
satu kelas Prameswara dan Medari keduanya telah lama tidak akur. Puspita
mengetahui keadaan kedua sahabatnya tersebut dan Puspita tetap menghargai kedua
sahabatnya tersebut. Satu minggu kemudian para siswa kelas enam mengadakan
rapat untuk menentukan objek wisata yang akan didatangi dalam program
karyawisata. Prameswara mencoba mendekati Puspita guna memperoleh dukungan atas
pendapatnya dalam rapat nanti. Medari tidak mau ketinggalan melakukan hal yang
sama. Medari dengan caranya yang halus mencoba merayu Puspita agar mendukung
usulnya yang akan disampaikan dalam rapat nanti.
Setelah waktunya tiba rapatpun dimulai. Puspita sebagai ketua kelas
membuka dan memimpin rapat. Dalam rapat itu, Puspita meminta pendapat dari
teman-temannya untuk mengajukan usulan tempat yang cocok. Prameswara dan Medari
mengemukakan pendapatnya. Puspita sangat terkesan dengan kedua sahabatnya itu.
Pendapat keduanya sama-sama baik. Puspita merasa bingung dengan usul kedua
sahabatnya itu. Jika ia memilih usul Medari ia dianggap tidak akur dengan
Prameswara.
E. TUGAS
Apakah kamu bisa membantu
Puspita memecahkan persoalan ini ? Diskusikan persoalan tersebut dengan pedoman
pertanyaan-pertanyaan berikut ini !
1. Adakah pendapat lain untuk
membantu Puspita ? Apa pendapatnya ?
2. Bagaimana sikap Prameswara
dan Medari jika salah satu pendapatnya diterima, sedangkan yang lain ditolak ?
3. Jika Puspita kemudian
dianggap tidak mendengarkan pendapat atau usul salah satu dari Prameswara dan
Medari bagaimana sikapmu ?
4. Apa yang harus kita lakukan
jika terjadi perbedaan pendapat dalam kelompok ?
5. Sikap apa yang harus kita
kembangkan dalam rapat jika ada perbedaan pendapat ?
Selamat
Mengerjakan !
No comments:
Post a Comment